Taman Nasional Gunung Leuser


Taman Nasional Gunung Leuser adalah taman nasional yang mencakup luas 7.927 km persegi di bagian utara Sumatra, Indonesia - khususnya mengangkangi perbatasan antara provinsi Sumatera Utara dan Aceh, porsi keempat dan tiga perempat bagian, masing-­masing.

Taman nasional ini menetap di pegunungan Barisan, dinamai Gunung Leuser (3.119 m), dan melindungi berbagai ekosistem. Sebuah konservasi orangutan di Bukit Lawang terletak di dalam taman ini. Bersama dengan taman nasional Bukit Barisan Selatan dan Kerinci Seblat, membentuk Situs Warisan Dunia UNESCO sebagai warisan hutan hujan di Sumatera.

Geografi

Taman Nasional Gunung Leuser memiliki panjang sekitar 150 km dan lebar lebih dari 100 km, yang dimana didalamnya sebagian besar diisi oleh pegunungan. Sekitar 40% dari taman nasional ini, terutama di utara­barat, memiliki akses yang curam, dan lebih dari 1.500 m.

Wilayah ini disebut sebagai daerah padang gurun terbesar di Asia Tenggara dan menawarkan trekking yang indah. 12% dari taman, di bawah bagian selatan, di bawah 600 meter. Sebelas puncak lebih dari 2.700 m.

Gunung Leuser (3.119 m) adalah puncak tertinggi ketiga di Leuser Range. Puncak tertinggi adalah Gunung 'Tanpa Nama' (3466 m), yang merupakan puncak tertinggi kedua di Sumatera setelah Gunung Kerinci (3.805 m).

Ekologi

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan salah satu dari dua habitat yang tersisa untuk orangutan Sumatera (Pongo abelii). Pada tahun 1971, Herman Rijksen mendirikan Stasiun Penelitian Ketambe, daerah penelitian khusus ditunjuk untuk orangutan.

Mamalia lain yang ditemukan di Taman Nasional Gunung Leuser ini adalah gajah Sumatera, harimau Sumatera, badak Sumatera, siamang, Serow Sumatera, rusa sambar dan kucing macan tutul. Setelah peneliti menempatkan 28 kamera trap pada Juli 2011, 6 bulan kemudian para peneliti menemukan satu jantan dan enam betina dan diperkirakan populasinya tidak lebih dari 27 badak Sumatera yang total populasi diperkirakan sekitar 200 di Sumatera dan Malaysia, setengah populasi dari 15 tahun yang lalu.

Pasokan air


Tanda-­tanda pertama dari mengurangi pengisian air sudah terlihat di dalam dan sekitar Kawasan Ekosistem Leuser. Waduk air tanah dengan cepat menjadi lelah dan beberapa sungai jatuh benar­benar kering selama bagian dari tahun. Ini memiliki konsekuensi berat bagi masyarakat setempat. Kedua rumah tangga dan industri perlu mengantisipasi kekurangan air dan biaya yang lebih tinggi untuk air.

Perikanan
Perikanan pesisir dan budidaya di dalam dan sekitar Leuser yang sangat penting. Mereka menyediakan
sebagian besar dari protein hewani dalam diet masyarakat lokal dan menghasilkan devisa yang cukup. Nilai
tahunan mereka saat ini melebihi US $ 171 juta. Jika Ekosistem Leuser adalah terdegradasi, penurunan air
tawar dapat memiliki dampak yang merugikan pada fungsi sektor perikanan. 

Perikanan

Perikanan pesisir dan budidaya di dalam dan sekitar Leuser yang sangat penting. Mereka menyediakan sebagian besar dari protein hewani dalam diet masyarakat lokal dan menghasilkan devisa yang cukup. Nilai tahunan mereka saat ini melebihi US $ 171 juta. Jika Ekosistem Leuser adalah terdegradasi, penurunan air tawar dapat memiliki dampak yang merugikan pada fungsi sektor perikanan. Banjir dan kekeringan pencegahan Banjir umumnya menjadi lebih sering dan lebih destruktif sebagai akibat dari penggundulan hutan untuk penggunaan manusia tamak.

Badai tahunan mengalir dari hutan sekunder sekitar tiga kali lipat lebih tinggi dari dari daerah tangkapan hutan primer berukuran sama (Kramer et al., 1995). Di Aceh, petani setempat telah melaporkan meningkatnya frekuensi kekeringan dan banjir merusak karena degradasi daerah watercatchment.

Pada Mei 1998, lebih dari 5.000 hektar bidang penanaman padi intensif dibawa keluar dari produksi aktif. Ini adalah hasil dari kegagalan 29 skema irigasi karena kekurangan air. Selanjutnya, banjir pada Desember 2000 menelan korban setidaknya 190 orang dan menyebabkan 660.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Biaya ini provinsi Aceh hampir menelan kerugian sebesar US $ 90 juta. Perusahaan penebangan secara perlahan mengakui peran mereka dalam peningkatan banjir dan telah membuat sumbangan besar untuk mendukung para korban.

Pertanian dan perkebunan

Pertanian merupakan sumber utama pendapatan bagi masyarakat lokal di sekitar Leuser. Pohon rambung dan kelapa sawit di Sumatera Utara memainkan peran utama dalam perekonomian nasional. Hampir semua hutan dataran rendah yang tersisa telah diberikan secara resmi untuk perkebunan kelapa sawit.

Penurunan hasil telah dicatat, bagaimanapun, di beberapa kabupaten Leuser. Penurunan ini dapat berasal terutama untuk penurunan nutrisi dalam tanah, bersama dengan erosi tanah, kekeringan dan banjir, dan peningkatan gulma. Jelas, penyebab ini penurunan terkait dengan deforestasi Leuser. Misalnya, penebangan daerah air resapan di Leuser ditemukan bertanggung jawab untuk mengambil 94% dari daerah irigasi yang gagal keluar dari produksi (BZD, 2000a).

Hydro­listrik Beberapa kabupaten, seperti Aceh Tenggara, memiliki pembangkit listrik tenaga air yang menggunakan air dari Leuser. Tanaman beroperasi di Aceh Tenggara dirancang sebagai kegiatan ekonomi skala kecil. Tampaknya kondisi operasional untuk hidro­tanaman telah memburuk dalam beberapa tahun terakhir. Peningkatan erosi

Saluran air telah memaksa operator untuk menghapus sedimen yang berlebihan dari turbin mereka. Hal ini telah menyebabkan sering gangguan pasokan listrik, biaya operasional yang lebih tinggi dan kerusakan pada bilah turbin. Satu pabrik ditutup karena kurangnya pasokan air. Sebagian besar gangguan ini dianggap normal dan karena itu dapat dikaitkan dengan deforestasi.

Pariwisata


Dampak rendah ekowisata dapat menjadi salah satu, penggunaan nonkonsumtif yang paling penting berkelanjutan Leuser, sehingga memberikan masyarakat lokal insentifyang kuat untuk konservasi. Diberikan kesempatan untuk melihat satwa liar seperti orangutan,
beberapa ahli melihat ekowisata sebagai sumber potensial utama pendapatan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Leuser (van Schaik, 1999).

Perjalanan ke Tangkahan

Perlu 7 sampai 8 jam perjalanan dari Medan, Tangkahan dikunjungi oleh 4.000 wisatawan asing dan 40.000 wisatawan lokal setahun. Penginapan sederhana disini tersedia, tetapi generasi set listrik terbatas. Banyak orang Tangkahan saat ini bekerja untuk pariwisata dan menghindari penebangan liar, dengan kadang­kadang pendidikan tidak lulus sekolah dasar, tetapi dengan terlatih, mereka dapat melayani para wisatawan dengan baik.

Semua wisatawan harus memasukkan Tangkahan Visitor Center pertama, dan memilih berbagai paket sampai 4 hari 3 malam paket, harga tetap bahkan untuk kuli. Trekking bisa dilakukan dengan berjalan kaki atau menggunakan gajah.

Keanekaragaman hayati


Orang yang tinggal di daerah dengan nilai keanekaragaman hayati yang tinggi cenderung relatif miskin. Oleh karena itu, nilai­nilai ekonomi tertinggi untuk keanekaragaman hayati yang mungkin ditemukan dalam lembaga dan orang­orang di negara­negara kaya. Dana dapat berasal dari beberapa sumber, termasuk bio­prospecting, GEF dan hibah dari LSM internasional (dengan sumbangan mungkin menjadi lurus dengan nilai keanekaragaman hayati) (Angin dan Legg, 2000).

Penyerapan karbon

Meningkat antropogenik dalam konsentrasi gas rumah kaca (seperti CO 2 ) dalam memimpin suasana perubahan iklim. Penyerapan karbon oleh ekosistem hutan hujan karena memiliki nilai ekonomis, karena karbon tetap dalam ekosistem menghindari peningkatan lebih lanjut dalam konsentrasi atmosfer.

Pencegahan kebakaran

Sejauh mana hutan hujan primer memiliki api fungsi pencegahan, dan dengan demikian nilai tambahan untuk mencegah kerusakan ekonomi? Ada berbagai faktor yang membuat hutan yang rusak lebih rentan terhadap kebakaran dari hutan primer. Kemungkinan bahwa hutan akan terbakar tergantung pada tingkat bahaya kebakaran dan resiko kebakaran:

(1) bahaya kebakaran adalah ukuran dari jumlah, jenis dan kekeringan bahan bakar potensial di hutan. Hutan bekas tebangan memiliki jumlah yang relatif besar limbah pembalakan kering
tergeletak di sekitar;
(2) risiko kebakaran adalah ukuran probabilitas bahwa bahan bakar akan terbakar. Di hadapan jalan logging ditinggalkan, yang menyediakan akses mudah ke hutan lain terpencil, risiko kebakaran sangat meningkat ketika pemukim menggunakan api untuk pembukaan lahan.

Hasil hutan non­kayu

NTFP dapat memberikan masyarakat setempat dengan uang tunai selama eksploitasi tidak melampaui ambang batas.

Ancaman

Pada bulan November 1995, pemerintah Kabupaten Langkat mengusulkan jalan untuk menghubungkan kantong tua, yang dikenal sebagai Sapo Padang, di dalam taman. Dalam mengejar peluang bisnis, 34 keluarga yang telah tinggal di wilayah kantung itu membentuk koperasi di bulan Maret 1996 dan kemudian mengajukan proposal untuk mengembangkan perkebunan kelapa sawit pada bulan Agustus 1997.

Sayangnya, usulan kelapa sawit itu diterima oleh pemerintah kabupaten dan kepala taman setuju untuk pembangunan jalan. Sesuai dengan Program Pengentasan Kemiskinan pemerintah, proyek kelapa sawit melanjutkan dengan 42,5 km 2 daerah clearance, tetapi proyek yang disebabkan kerusakan hutan besar di taman selama pelaksanaannya.

Unit kerjasama lokal membentuk kemitraan dengan PT Amal Tani, yang memiliki hubungan yang kuat dengan komando militer di daerah. [catatan 1] pada Januari 1998, Kementerian Hutan Indonesia diberikan izin 11 km jalan yang akan dibangun. Pada bulan Juni 1998, kantor lokal dari Dinas Kehutanan mengeluarkan keputusan yang menyatakan bahwa daerah kantong Sapo Padang tidak lagi secara hukum bagian dari taman nasional, keputusan kontroversial yang akibatnya menyebabkan kerusakan hutan lebih lanjut selama pembangunan jalan dan mengundang pendatang baru untuk memangkas dan membakar kawasan hutan untuk membuat perkebunan lokal cara lebih dalam ke taman.

Pada tahun 1999, universitas berbasis dua LSM mengajukan gugatan hukum ke Pengadilan Negeri Medan, sementara kelompok dari 61 pengacara membawa kasus paralel di Pengadilan AdministratifNasional. Pada bulan Juli 1999, Pengadilan Tata Usaha Nasional menolak kasus ini, sedangkan LSM lokal menang dengan 30 juta rupiah kerusakan, tetapi proses hukum berlanjut dengan banding. Proses hukum tidak menghentikan proyek yang logging yang ekstensif dan kliring, jalan­ bangunan dan perkebunan kelapa sawit terus beroperasi di dalam taman nasional.

Tahun 2011 dilaporkan ada tekanan pada penduduk setempat dari keuntungan minyak sawit telah menyebabkan slash ilegal dan pembakaran 21.000 hektar per tahun. "Meskipun dilindungi oleh hukum federal dari segala bentuk perambahan yang merusak, penebangan liar masih merajalela di hutan, dengan dedaunan dari ekosistem Leuser menghilang pada tingkat 21.000 hektar per tahun."

Relokasi

Pada bulan Desember 2010, 26 keluarga yang terdiri dari 84 orang dipindahkan dari Taman Nasional Gunung Leuser wilayah ke Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Ada ribuan orang yang menghuni taman secara ilegal, dan pemerintah Indonesia berencana untuk memindahkan mereka. Banyak penduduk pengungsi dari kekerasan dan bencana di Aceh.

0 Comments


EmoticonEmoticon