Tuesday, 19 April 2016

Pengertian Menu Start pada Komputer Windows 7

Beberapa pengguna komputer mungkin masih bingung dengan istilah menu start? Makanya tak mengherankan apabila banyak pertanyaan seputar menu start seperti di antaranya; apa itu menu start, pengertian menu start, apa sih arti menu start dan lain sebagainya.
Start menu Windows 7
Memang kalau belum mengetahui pengertiannya secara gamblang, akan sulit untuk mengerti apa itu dan fungsi menu start. Untuk itu, berikut ini adalah ulasan mengenai pengertian menu start yang ada pada komputer atau laptop, khususnya yang bersistem operasi Microsoft Windows.

Menu start adalah menu yang ada pada sistem operasi Windows dan fungsinya adalah sebagai penampil icon program aplikasi, all program, tombol power action, logo pengguna, pencarian, dan beberapa fitur, dan beberapa pintasan lainnya. Menu start sendiri sebenarnya sangat membantu bagi pengguna komputer terutama bagi mereka yang ingin melakukan pekerjaan dengan cepat.

Ya, menu start adalah menu yang sangat multiguna. Ia memang akan mempercepat pengguna dalam membuka suatu aplikasi maupun menu, selain itu juga, ia memiliki fitur pencarian yang tak hanya mendukung pencarian program aplikasi saja melainkan file-file yang ada di dalam memori hard disk komputer. Menurut pengalaman pribadi, mencari file berkas melalui pencarian yang ada di menu start akan terasa jauh lebih cepat dan mudah ditemukan. Sehingga bila Anda yang bingung atau lupa dimana meletakkan file penting, bisa mencarinya via pencarian yang ada di menu start.

Di Menu Start juga terdapat tombol power action atau jika diterjemahkan menjadi "tombol aksi daya". Tombol ini merupakan tombol yang di mana terdapat beberapa pilihan. Pilihan itu berbeda dari setiap perangkat dan versi sistem operasi. Sebagai contoh pada Laptop Windows 7, terdapat 7 pilihan aksi daya.

7 pilihan itu diantaranya adalah tombol Shutdown yang diikuti oleh Switch user, Log off, Lock, Restart, Sleep dan Hibernate. Masing-masing tombol itu memiliki fungsinya tersendiri. Seperti halnya, Shutdown untuk mematikan komputer. Switch user untuk mengganti user (pengguna/pemakai) komputer. Log off untuk menutup semua aplikasi terbuka dan mengistirahatkan pengguna. Lock untuk mengunci komputer. Restart untuk memulai ulang sistem operasi, yakni mematikan lalu menghidupkan komputer secara otomatis. Sleep untuk menidurkan komputer tanpa harus menutup program yang sedang terbuka. Terakhir adalah Hibernate yang fungsinya untuk menghiberhasikan atau mengistirahatkan komputer dengan menutup semua program yang terbuka.

Demikian informasi pengertian menu start pada sistem operasi Windows khususnya windows 7, sementara kalau pada sistem operasi lain seperti [Vista/XP/8.1/10), fungsi menu startnya hampir sama. Hanya saja terdapat beberapa perbedaan seperti peletakannya, tampilannya, dan pilihan yang ada di dalamnya.

Jadi, fungsi menu start pada setiap sistem operasi besutan Microsoft sebenarnya sama, namun hanya terdapat sedikit perbedaan saja. Tapi jika Anda pemakai sistem operasi Windows 8 (bukan 8.1) maka menu start tidak tampak karena pihak Microsoft selaku pembuat Windows sengaja meniadakan menu start di Windows 8. Namun karena banyak pengguna yang protes makanya pihak Microsoft pun menghadirkan varian Windows 8.1 yang telah disematkan menu start.

Related Posts

Pengertian Menu Start pada Komputer Windows 7
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.