Saturday, 10 September 2016

Alasan Kenapa Hidup Di Indonesia Lebih Enak daripada Negara lain

Beberapa masyarakat Indonesia mungkin pernah mengeluh mengenai problematika yang ada di negaranya ini. Entah itu soal korupsi, kemiskinan, kriminal, ekonomi dan sebagainya. Sayangnya, hal-hal buruk seperti ini malah sering diidentikkan dengan negaranya sendiri, sementara di sisi lain hal-hal positif seperti prestasi tentang negaranya sendiri jarang diungkapkan.


Aneh memang, ketika ada satu hal buruk mengenai negaranya, ia lantas langsung mengolok-olok negaranya sendiri. Sementara itu ketika melihat negara-negara barat, mereka langsung saja memuji-mujinya, entah itu soal penduduknya yang cakep-cakep maupun ekonomi negaranya.

Memang harus diakui bahwa mayoritas negara barat keadaan ekonominya sangat baik, tetapi tak pantas rasanya kalau meremehkan negara sendiri, apalagi kalau negara kita ini sebenarnya memiliki banyak kelebihan yang mungkin saja jarang dimiliki negara lain. Anda sudah sepatutnya bersyukur telah dilahirkan dinegara bak surganya dunia yang memiliki pelbagai kelebihan seperti berikut ini.

1. Kekayaan Alam
Semua orang pasti sudah tahu kalau Indonesia merupakan negeri kepulauan dengan penuh kekayaan alam. Kekayaan alam yang ada pun tidak hanya sebatas pada tanahnya yang subur, tetapi juga tanaman-tanaman yang menjamur diatasnya. Selain itu, lautan yang mengelilingi Indonesia juga merupakan contoh lain kekayaan alam nusantara yang bagaikan tiada habisnya.

Sayangnya, meskipun semua orang Indonesia mengetahui hal ini, masih banyak saja orang yang merusak kekayaan alamnya dengan dalih ekonomi. Pelakunya pun tidak saja berasal dari kalangan masyarakat itu sendiri tetapi juga dari orang asing yang bermain dengan orang setempat. Memetik kekayaan alam memang boleh-boleh saja, asalkan tidak melebihi batas apalagi kalau sampai merusak alam. Mending kalau mereka mau memperbaiki kerusakan tersebut, lah kenyataannya kerusakan itu dibiarkan begitu saja. Hal ini tentu saja menandakan bahwa mereka hanya mementingkan diri sendiri dan tidak memperdulikan cucunya kelak.

2. Cuaca/Iklim
Indonesia merupakan negara tropis yang dilewati oleh garis khatulistiwa sehingga membuatnya menjadi negara dengan iklim yang relatif hangat-lembab-panas. Dengan iklim yang seperti ini, sudah sepantasnya orang-orang yang tinggal dikawasan tropis bersyukur karena tidak mengalami musim dingin bahkan musim salju.

Bagi yang sudah merasa bosan dengan panasnya Indonesia mungkin menganggap kalau hidup diwilayah yang bersalju adalah hal yang menyenangkan. Benar memang kalau tinggal ditempat yang bersalju ada sisi menyenangkannya. Tapi jangan harap kalau hidup dan tinggal ditempat bersalju sama enaknya seperti yang ditayangkan di televisi. Jika pergi ke tempat yang bersalju mungkin saja kamu bakal merasakan hal-hal enggak enak yang sebelumnya tak pernah kamu rasakan di Indonesia. Beberapa hal itu seperti menggigil, enggak bisa mandi (harus pakai air hangat), ribetnya pakai baju tebal, harus deket-deket perapian, tidak bisa menanam, aktivitas jadi terbatas dan sebagainya.

3. Bencana
Indonesia memang terkenal sebagai negara yang sering mengalami berbagai bencana alam misalnya adalah gempa bumi, banjir, gunung meletus, longsor dan tsunami. Selain di Indonesia, negara-negara dibelahan bumi lain juga memiliki bencana alamnya sendiri-sendiri. Contohnya, di Amerika Serikat, di beberapa kawasan negara bagian AS telah menjadi langganan beberapa bencana seperti banjir, tornado dan badai petir. Meskipun bencananya tidak sebanyak yang ada di Indonesia, namun tetap saja bencana yang ada di AS juga tak kalah mengerikan dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Bayangkan saja kalau rumah yang sudah dibangun selama bertahun-tahun dengan menghabiskan miliaran rupiah tiba-tiba hilang rata menjadi tanah akibat terjangan tornado.

4. Harga Barang
Harga barang dan segala macam produk di Indonesia terbilang murah jika dibandingkan kalau beli di negara barat. Jadi, kalau kamu adalah orang Indonesia sudah sepantasnya senang karena semahal apapun barang yang ada di Nusantara tetap saja lebih mahal di negara barat, misalkan AS. Yah, walaupun memang harus diakui kalau ekonomi dan pendapatan warga barat terbilang cukup besar namun tetap saja hal itu berimbang dengan harga produk yang dijual disana dengan harga yang jauh lebih tinggi.

5. Kekayaan Laut
Sudah di bilang sebelumnya bahwa Indonesia itu kaya dengan kekayaan alam, termasuk dalam hal maritim-nya. Dengan pulau besar yang di sela-selanya terdapat laut, rakyat Indonesia bisa dengan mudah mencari dan mendapatkan ikan untuk kebutuhan harian. Keberadaan laut ini seharusnya kamu syukuri dan jaga kebersihannya, karena tidak semua negara itu memiliki laut, contohnya kamu lihat saja negara-negara yang letaknya ada ditengah benua yang sekelilingnya dirubungi oleh negara lain sehingga tidak memiliki laut. Bayangkan saja apa yang harus mereka makan sehari-hari? Mungkinkah mereka makan ikan dari danau, sungai, parit yang jumlahnya sangat sedikit selama tiap hari? Atau mungkinkah mereka makan ayam, sapi, kambing setiap hari? Negara yang terkungkung mungkin terpaksa untuk mengimpor ikan laut dari negara tetangga atau hanya makan makanan vegetarian saja. Dengan memahami hal ini sudah selayaknya kamu menjaga kelestarian laut dengan tidak merusaknya.

Related Posts

Alasan Kenapa Hidup Di Indonesia Lebih Enak daripada Negara lain
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.