Friday, 12 August 2016

Untuk Apa Youtuber Bikin Video, Inilah Jawabannya

Youtuber adalah sebutan bagi mereka yang kerjaannya mengupload video di situs Youtube, baik berupa video lucu, tutorial, maupun video jenis lainnya. Istilah youtuber, umumnya sering dikaitkan bagi mereka yang mengupload video dengan menampilkan wajah asli sang pemilik akun, walau sebenarnya tidak selalu demikian.


Youtuber-youtuber di Indonesia sekarang ini mulai bermunculan. Biasanya, kebanyakan dari mereka selalu rajin mengupload video dalam periode tertentu. Kendati demikian, dibalik itu semua sebenarnya menjadi Youtuber tidaklah semudah kita menontonnya.

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, mulai dari persiapan diri, keahlian editing, kamera, komputer, software dan lainnya. Setelah semuanya siap, kemudian Youtuber akan memikirkan materi, lokasi yang sesuai dan sebagainya. Banyaknya persiapan Youtuber, tentu bakal bikin pusing dan melelahkan, tapi untuk apa mereka melakukan semua itu. Inilah jawaban mengapa youtuber selalu mengupload video ke Youtube Yang perlu kamu tahu.

Seperti yang Anda tahu, di situs Youtube terdapat banyak sekali video-video, entah itu video komedi, film, pendidikan, informasi hingga video yang aneh-aneh. Pada dasarnya, semua video itu diupload oleh seseorang yang kemudian disebut Youtuber atau juga uploader.

Alasan mereka mengupload video di Youtube tentunya bervariasi, tergantung dari masing-masing individu. Mungkin dari mereka yang mengupload video, ada yang hanya sekedar iseng, berbagi pengetahuan, menghibur sesama dan mendapatkan uang. Alasan yang paling menarik adalah alasan terakhir dan bisa dibilang ini merupakan alasan yang membuat banyak orang tertarik untuk mengupload video di situs Youtube.

Ya, walaupun kita bisa menikmati video di Youtube secara gratis, namun bukan berarti pihak Youtube dan Youtuber tidak akan mendapatkan uang. Malahan, ketika semakin banyak orang yang mengakses situs Youtube dan menonton video yang ada didalamnya, meski itu gratis, pihak Youtube dan Youtuber akan mendapatkan penghasilan yang melimpah ruah.

Metodenya sendiri hampir sama seperti Anda menonton TV Nasional, yang dimana kita tak perlu membayar sedikit pun selain biaya tagihan listrik. Youtube pun juga demikian, dimana kita bisa menonton video secara gratis tanpa dipungut biaya sepenser pun selain biaya kuota internet yang akan dibayarkan ke operator.

Kendati demikian darimana asal muasal penghasilan Youtube dan Youtuber?

Youtube pada dasarnya terbagi menjadi dua, pertama Youtube berbayar dan Youtube gratis.

Youtube berbayar hanya tersedia untuk negara dan video tertentu saja. Di Indonesia sendiri, layanan Youtube berbayar belum tersedia sehingga Anda masih bisa bebas menonton video yang ada kapanpun Anda inginkan. Fitur yang ditawarkan di Youtube berbayar ini adalah penonton nantinya tidak akan menemui iklan-iklan, baik iklan video, banner bawah maupun banner bagian sidebar, yang pada dasarnya sangat mengganggu dan bikin boros kuota internet.

Sementara di Youtube gratis, Anda tetap bisa menikmati video-video secara gratis, dengan catatan Anda harus rela menonton iklan (ads), baik yang berupa video diawal pemutaran, banner bawah maupun sidebar. Adapun isi iklan yang muncul di situs Youtube sangat bervariasi dan itu tergantung dari kategori video dan minat Anda terhadap suatu hal.

Ketika Anda mengklik iklan yang ada di video Youtube, maka disaat itu pihak Youtube dan Youtuber akan mendapatkan uang. Sedangkan jika tidak ada yang mengklik namun ada yang menonton, mereka tetap mendapatkan uangnya, tetapi dalam jumlah lebih sedikit. Intinya, semakin banyak yang menonton atau yang mengklik iklan, maka semakin banyaklah pendapatan mereka.

Nah, berdasarkan alasan itu, maka banyak Youtuber yang dengan gencarnya mengupload video-video terbaru, misalnya yang mengundang kontroversi, penasaran, amarah dan lainnya. Jadi, ketika video semacam itu baru di upload, biasanya video itu akan cepat tenar sehingga mengajak banyak orang untuk menonton yang pada akhirnya penghasilan yang mereka dapatkan semakin banyak pula.

Related Posts

Untuk Apa Youtuber Bikin Video, Inilah Jawabannya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.