Monday, 8 August 2016

Pengertian Glonass ~ Punya Rusia

GLONASS (Transliterasi Globalnaya navigatsionnaya sputnikovaya sistema), atau "Global Navigation Satellite System", adalah ruang berbasis sistem navigasi satelit yang beroperasi di dinas navigasi radio-satelit dan digunakan oleh Angkatan Pertahanan Aerospace Rusia. GLONASS adalah alternatif GPS dan sistem navigasi alternatif kedua dalam operasi dengan cakupan global dan kemampuan presisi yang cukup baik.
Flickr ~ Pavel Kolotilov
Produsen perangkat GPS mengatakan bahwa apabila kita mengintegrasikan GPS dengan GLONASS, maka dapat membuat ketersediaan satelit jadi bertambah dan ini berarti posisi kita bisa diperbaiki lebih cepat dan akurat, terutama di daerah bangunan besar yang dapat mengganggu jangkauan satelit GPS.

Smartphone umumnya cenderung menggunakan chipset GLONASS yang sama sejak versi 2015. Chip itu akan menerima informasi posisi GLONASS bersama dengan GPS. Sejak 2012, GLONASS adalah sistem pemosisi kedua yang paling sering digunakan di ponsel setelah GPS. Sistem ini memberi keuntungan bagi smartphone agar hasil pemosisian jadi lebih akurat hingga 2 meter.

Pada awalnya, pengembangan GLONASS dimulai di Uni Soviet pada tahun 1976. Pada 12 Oktober 1982, banyak peluncuran roket menambahkan satelit ke sistem sampai konstelasi selesai pada tahun 1995. Setelah penurunan kapasitas selama akhir 1990­an, pada tahun 2001, di bawah presiden Vladimir Putin, pemulihan sistem itu dibuat prioritas pemerintah atas dan pendanaan substansial meningkat.

GLONASS adalah program yang paling mahal dari Federal Space Agency Rusia yang memakan sepertiga dari anggaran tahun 2010. Pada tahun 2010, GLONASS telah mencapai cakupan 100% dari wilayah Rusia dan bulan Oktober 2011, konstelasi orbital 24 satelit dipulihkan, sehingga memungkinkan cakupan global secara penuh. Desain satelit GLONASS telah mengalami beberapa pembaharuan, dengan versi terbaru yang GLONASS­K.

Sejarah Glonnas

Permulaan dan desain

Satelit berbasis sistem navigasi radio pertama yang dikembangkan di Uni Soviet adalah Tsiklon, yang bertujuan untuk memberikan posisi yang lebih akurat pada kapal selam balistik. Antara 1967 dan 1978, 31 satelit Tsiklon diluncurkan.

Dari peluncuran itu, sayangnya terdapat masalah utama pada sistemnya. Ya, meskipun Tsiklon memiliki keakuratan yang bagus pada kapal stasioner atau lambat bergerak, namun dibutuhkan beberapa jam agar observasi dengan stasiun penerima bisa memperbaiki posisi, sehingga tidak dapat digunakan untuk banyak keperluan navigasi dan untuk pembinaan generasi baru rudal balistik.

Antara tahun 1968­1969, sistem navigasi baru, tidak hanya mendukung angkatan laut, tetapi juga udara, tanah dan bahkan ruang pasukan. Persyaratan formal diselesaikan pada tahun 1970; pada tahun 1976, pemerintah membuat keputusan untuk memulai pembangunan dari "Bersatu Ruang Sistem Navigasi GLONASS".

Tugas merancang GLONASS diberikan kepada sekelompok spesialis muda di NPO PM di kota Krasnoyarsk­26 (sekarang:Zheleznogorsk). Di bawah kepemimpinan Vladimir Cheremisin, mereka mengembangkan proposal yang berbeda, dari mana lembaga direktur Grigory Chernyavsky dipilih yang terakhir.

Pekerjaan itu selesai pada akhir tahun 1970; sistem ini terdiri dari 24 satelit yang beroperasi pada ketinggian 20.000 kilometer (12.000 mil) di orbit melingkar menengah. Ini akan dapat segera memperbaiki posisi stasiun penerima ini berdasarkan sinyal dari empat satelit, dan juga mengungkapkan kecepatan dan arah objek.

Satelit akan diluncurkan tiga pada waktu di angkat berat Proton roket. Karena jumlah besar satelit yang diperlukan untuk program ini, NPO PM didelegasikan pembuatan satelit untuk PO Polyot di Omsk, yang memiliki kemampuan produksi yang lebih baik. 

Awalnya, GLONASS dirancang dengan ketepatan akurasi 65 meter (213 kaki), namun pada kenyataannya GLONASS justru memiliki akurasi 20 meter (66 kaki) untuk sinyal keperluan sipil dan 10 meter (33 kaki) untuk sinyal keperluan militer.

Generasi pertama satelit GLONASS adalah 7,8 meter (26 kaki), memiliki lebar 7,2 meter (24 kaki), diukur di panel surya mereka, dan massa dari 1.260 kilogram (2.780 lb).

Mencapai konstelasi orbital penuh 

Pada awal 1980­an, NPO PM menerima satelit prototipe pertama dari PO Polyot untuk tes tanah. Banyak bagian yang diproduksi dengan kualitas rendah sehingga membuat insinyur NPO PM harus melakukan redesain besar, yang berakibat ke penundaan. Tanggal 12 Oktober 1982, ditunjuklah tiga satelit: Kosmos­1413, Kosmos­1414, dan Kosmos-1415 diluncurkan atas sebuah roket Proton.

Karena hanya ada satu satelit GLONASS yang siap pada waktunya untuk peluncuran bukannya diharapkan tiga, diputuskan untuk memulai itu bersama dengan dua mock­up. Media Amerika Serikat melaporkan acara sebagai peluncuran satu satelit dan "dua benda rahasia." Untuk waktu yang lama, Amerika Serikat tidak bisa mengetahui sifat dari orang­orang "benda". The Telegraph Agency Uni Soviet (TASS) melakukan peluncuran tertutup yang menggambarkan GLONASS sebagai sistem "dibuat untuk menentukan posisi pesawat  penerbangan sipil, transportasi laut dan nelayan­kapal dari Uni Soviet".

Dari 1982 hingga April 1991, Uni Soviet berhasil meluncurkan total 43 satelit yang berhubungan dengan GLONASS ditambah lima satelit tes. Ketika Uni Soviet hancur pada tahun 1991, dua belas satelit GLONASS di dua pesawat operasional; cukup untuk memungkinkan penggunaan yang terbatas dari sistem (untuk menutupi seluruh wilayah Uni, 18 satelit akan diperlukan.)

Federasi Rusia mengambil alih kontrol dari konstelasi dan meneruskan perkembangannya. Pada tahun 1993, sistem yang sekarang terdiri dari 12 satelit, secara resmi dinyatakan operasional dan pada bulan Desember 1995 itu dibawa ke konstelasi beroperasi penuh 24 satelit.

Ini membawa ketepatan GLONASS setara dengan sistem GPS buatan Amerika Serikat, yang telah mencapai operasi penuh pаda tahun sebelumnya.

Krisis ekonomi

Karena satelit generasi pertama dioperasikan untuk setiap tiga tahun, untuk menjaga sistem pada kapasitas penuh, dua peluncuran per tahun akan diperlukan untuk menjaga jaringan penuh 24 satelit. Namun, dalam masa sulit secara finansial dari 1989­1999, pendanaan program ruang angkasa dipotong oleh 80% dan Rusia akibatnya menemukan dirinya tidak mampu tingkat peluncuran ini. 

Setelah dicapai lengkap pada bulan Desember 1995, tidak ada peluncuran lebih lanjut sampai Desember 1999. Akibatnya, konstelasi mencapai titik terendah darihanya enam satelit operasional pada tahun 2001. Sebagai awal untuk demiliterisasi, tanggung jawab program dipindahkan dari yang Departemen Pertahanan untuk badan antariksa sipil Rusia Roscosmos.

Upaya baru dan modernisasi

Pada tahun 2000­an, di bawah presiden Vladimir Putin, ekonomi Rusia pulih dan keuangan negara membaik. Putin sendiri mengambil minat khusus di GLONASS dan pemulihan sistem dibuat menjadi salah satu prioritas utama pemerintah. Untuk tujuan ini, pada Agustus 2001, Federal Target Program "Sistem Global Navigation" 2002­2011 (Keputusan Pemerintah No. 587) diluncurkan.

Program ini diberi anggaran dari $ 420.000.000 dan bertujuan memulihkan konstelasi penuh oleh 2.009. Pada tanggal 10 Desember 2003, desain satelit generasi kedua, GLONASS­M, diluncurkan untuk pertama kalinya. Itu massa sedikit lebih besar dari GLONASS awal, berdiri di 1.415 kilogram (3.120 lb), tapi itu tujuh tahun hidup, empat tahun lebih lama dari seumur hidup dari satelit GLONASS asli, penurunan tingkat penggantian yang diperlukan. Satelit baru juga memiliki akurasi yang lebih baik dan kemampuan untuk menyiarkan dua sinyal tambahan sipil.

Pada tahun 2006, Menteri Pertahanan Sergey Ivanov memerintahkan salah satu sinyal (dengan akurasi 30 meter (98 kaki)) harus dibuat tersedia untuk pengguna sipil. Putin, bagaimanapun, tidak puas dengan ini, dan menuntut agar seluruh sistem harus dibuat sepenuhnya tersedia untuk semua orang. Akibatnya, pada 18 Mei 2007, semua pembatasan dicabut. Keakuratan sebelumnya hanya militer sinyal dengan presisi 10 meter (33 kaki), sejak itu telah bebas tersedia untuk pengguna sipil.

Selama pertengahan dekade pertama abad ke­21, ekonomi Rusia meledak dan mengakibatkan peningkatan substansial dalam anggaran ruang negara. Pada tahun 2007, pembiayaan program GLONASS itu pun meningkat pesat; anggaran lebih dari dua kali lipat.

Sementara pada tahun 2006 GLONASS telah menerima $ 181.000.000 dari anggaran federal, pada tahun 2007 jumlah tersebut meningkat menjadi $ 380.000.000. Pada akhirnya, 140100000000 rubel ($ 4700000000) dihabiskan pada program 2001­2011, sehingga proyek
terbesar Roscosmos dan memakan sepertiga dari anggaran 2010 yang 84,5 miliar rubel. Untuk periode 2012­2020 320 miliar rubel ($ 10 miliar) dialokasikan untuk mendukung sistem.

Memulihkan kapasitas penuh

Pada bulan Juni 2008, sistem terdiri dari 16 satelit, 12 dari yang beroperasi penuh pada saat itu. Pada titik ini, Roscosmos bertujuan memiliki konstelasi penuh 24 satelit di orbit pada tahun 2010, satu tahun kemudian dari yang direncanakan sebelumnya. Pada bulan September 2008, Perdana Menteri Vladimir Putin menandatangani sebuah dekrit mengalokasikan tambahan 67 miliar rubel ($ 2600000000) untuk GLONASS dari anggaran federal.

Mempromosikan penggunaan komersial

Meskipun GLONASS konstelasi telah mencapai cakupan global, komersialisasi, terutama pengembangan segmen pengguna, telah kurang dibandingkan dengan GPS Amerika. Misalnya, komersial GLONASS perangkat navigasi buatan Rusia pertama untuk mobil, Glospace SGK­70 , diperkenalkan pada tahun 2007, tapi itu jauh lebih besar dan lebih mahal daripada penerima GPS yang sama. [8] Pada akhir 2010, hanya ada segelintir penerima GLONASS di pasar, dan beberapa dari mereka yang dimaksudkan untuk konsumen biasa. Untuk memperbaiki situasi, pemerintah Rusia telah secara aktifmempromosikan GLONASS untuk penggunaan sipil.

Untuk meningkatkan pengembangan segmen pengguna, pada tanggal 11 Agustus 2010, Sergei Ivanov mengumumkan rencana untuk memperkenalkan bea masuk 25% pada semua perangkat GPS berkemampuan, termasuk ponsel, kecuali mereka yang kompatibel dengan GLONASS. Pemerintah juga merencanakan untuk memaksa semua produsen mobil di Rusia untuk mendukung GLONASS mulai dari 2011. Ini akan mempengaruhi semua pembuat mobil, termasuk merek asing seperti Ford dan Toyota , yang memiliki mobil fasilitas perakitan di Rusia.

GPS dan baseband ponsel keripik dari vendor besar Qualcomm , Exynos dan Broadcom semua dukungan GLONASS dalam kombinasi dengan GPS. Pada bulan April 2011, Swedia Swepos jaringan nasional ­a dari stasiun referensi satelit yang menyediakan data posisi real­time dengan meter akurasi­menjadi yang pertama perusahaan asing diketahui menggunakan GLONASS.

Smartphone dan Tablet juga melihat pelaksanaan dukungan GLONASS pada 2011 dengan perangkat yang dirilis tahun itu dari Xiaomi Tech Company ( Xiaomi Phone 2 ), Sony Ericsson , Samsung ( Galaxy Note , Galaxy Note II , Galaxy SII , yang Google Nexus 10 pada akhir 2012), Asus , Apel ( iPhone 4S dan iPad Mini pada akhir 2012) dan HTC menambahkan dukungan untuk sistem yang memungkinkan peningkatan akurasi dan kunci pada kecepatan dalam kondisi sulit. [19] [20] [21] untuk daftar yang lebih lengkap dari smartphone lihat Daftar smartphone menggunakan GLONASS Navigasi dan untuk daftar yang lebih lengkap dari tablet melihat GLONASS teks di kolom GPS di Perbandingan komputer tablet .

Finishing konstelasi

Tujuan Rusia finishing konstelasi tahun 2010 mengalami kemunduran ketika peluncuran Desember 2010 dari tiga satelit GLONASS­M gagal. The Proton­M roket itu sendiri dilakukan dengan sempurna, tapi tahap atas Blok D M3 (versi baru yang membuat penerbangan perdananya) penuh dengan terlalu banyak bahan bakar karena kegagalan sensor. Akibatnya, tahap atas dan tiga satelit jatuh ke Samudera Pasifik.

Kommersant memperkirakan bahwa kegagalan peluncuran biaya hingga $ 160 juta. Presiden Rusia Dmitry Medvedev memerintahkan audit penuh dari seluruh program dan penyelidikan kegagalan. Berikut kecelakaan itu, Roscosmos diaktifkan dua satelit cadangan dan memutuskan untuk membuat pertama ditingkatkan GLONASS­K satelit, yang akan diluncurkan pada bulan Februari 2011, bagian dari konstelasi operasional bukan terutama untuk pengujian sebagai awalnya direncanakan. Ini akan membawa jumlah total satelit untuk 23, memperoleh cakupan di seluruh dunia hampir selesai.

GLONASS­K 2 awalnya dijadwalkan akan diluncurkan pada tahun 2013, namun pada 2012 diperkirakan tidak akan diluncurkan sampai 2015. Pada tahun 2010, Presiden Dmitry Medvedev memerintahkan pemerintah untuk menyiapkan program baru yang ditargetkan federal untuk GLONASS, yang meliputi tahun 2012­2020. Asli 2001 Program dijadwalkan akan berakhir pada tahun 2011.

Pada Juni 22, 2011, Roscosmos mengungkapkan bahwa badan tersebut sedang mencari pendanaan dari 402 miliar rubel ($ 14350000000) untuk program tersebut. Dana akan digunakan untuk menjaga konstelasi satelit, mengembangkan dan memelihara peta navigasi serta pada mensponsori teknologi tambahan untuk membuat GLONASS lebih menarik bagi pengguna.

Pada Oktober 2, 2011 satelit 24 dari sistem, GLONASS­M, berhasil diluncurkan dari Kosmodrom Plesetsk dan sekarang dalam pelayanan. [27] Hal ini membuat konstelasi GLONASS sepenuhnya pulih, untuk pertama kalinya sejak tahun 1996. Pada tanggal 5 November 2011 Proton­M penguat berhasil menempatkan tiga unit GLONASS­M di orbit final.

Pada hari Senin 28 November 2011, sebuah Soyuz roket, diluncurkan dari Kosmodrom Plesetsk Space Centre, menempatkan satelit GLONASS­M tunggal ke orbit dalam Pesawat 3. Pada tanggal 26 April 2013, satelit GLONASS­M tunggal disampaikan ke orbit oleh roket Soyuz dari Kosmodrom Plesetsk, memulihkan konstelasi 24 satelit operasional, minimum untuk menyediakan cakupan global.

Pada 2 Juli 2013 roket Proton­M, membawa 3 satelit GLONASS­M, jatuh saat lepas landas dari Baikonur Cosmodrome. Ini menyimpang dari jalur hanya setelah meninggalkan pad dan terjun ke hidung tanah pertama. Roket mempekerjakan DM­03 booster, untuk pertama kalinya sejak peluncuran pada Desember 2010, ketika kendaraan juga telah gagal, mengakibatkan hilangnya lain 3 satelit.

Namun, pada 2014, sementara sistem selesai dari sudut pandang teknis, sisi operasional masih belum ditutup oleh Departemen Pertahanan dan status formal masih "dalam pengembangan". Pada 7 Desember 2015, sistem secara resmi diumumkan selesai.

Related Posts

Pengertian Glonass ~ Punya Rusia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.