Tuesday, 5 July 2016

Membedakan Blog Blogger dengan Wordpress

Seperti yang kita tahu, bahwa alat untuk membangun situs website/blog yang paling terkenal hingga saat ini adalah Blogger dan Wordpress. Kedua sejoli ini seolah-olah mempunyai prinsip sama dalam mempermudah manusia untuk membuat website.


Kendati demikian, tetap saja keduanya memiliki perbedaan. Mulai dari namanya, logo, maupun perusahaan yang mengembangkan kedua flatform blogging tersebut.

Perbedaan antara Blogger dan Wordpress itu memang nampak jelas. Tetapi bagaimana pula cara melihat perbedaan atau mengetahui apakah suatu blog menggunakan Blogger atau Wordpress? Sebenarnya sangat mudah sekali mengetahui suatu blog yang menggunakan cms Blogger atau Wordpress. Tidak perlu ribet-ribet, inilah cara membedakan blog yang menggunakan Blogger dan Blog Wordpress.

Blogger
Blogger adalah sebuah flatform yang menyediakan layanan untuk membuat website/blog dengan sederhana dan mudah. Layanan ini dikembangkan oleh Phyra Labs dan kemudian diakuisisi oleh Google. Jika ingin membuat blog/website dengan menggunakan flatform Blogger maka Anda hanya harus memiliki akun Google dan mendaftarkannya di alamat www.blogger.com. Adapun blog yang dihasilkan oleh flatform Blogger umumnya memiliki ciri khas berikut ini:
  • URL Sub Domain
Suatu blog yang menggunakan flatform Blogger maka diujung alamat blognya akan tersangkut embel-embel Blogspot.com (termasuk juga: Blogspot.co.id, Blogspot.in). Jika suatu blog yang memiliki embel-embel demikian, maka tidak diragukan lagi kalau blog itu menggunakan flatform Blogger milik Google. Kendati demikian, bagaimana jika blog itu sudah memiliki domain TLD (Top Level Domain)? Simak Poin berikutnya.
  • Url Label
Jika Anda ingin mengetahui suatu blog/website berdomain TLD menggunakan flatform Blogger atau tidak, maka cara yang paling tepat ialah dengan memperhatikan URL label/kategori/tag yang ada pada blog target. Jika blog target Anda memiliki url label/kategori/tag yang memiliki ciri khas seperti www.blogkamu.com/search/label/keren?max-results=5, maka dapat dipastikan kalau blog itu menggunakan flatform cms Blogger.
  • URL Photo/gambar
Blog atau Website yang dihostkan pada Blogger selain memiliki ciri khas pada bagian sub-domain dan url label, tapi juga mempunyai ciri khas lain yang melekat pada alamat url fotonya. Pada blog/website yang menggunakan flatform Blogger maka biasanya alamat url pada gambar maupun foto yang ada pada postingannya akan memiliki pengalamatan seperti 3.bp.blogspot.com/-bla/bla/s1600/gambar.jpg
  • URL Menu Halaman Statis
Pada flatform Blogger tersedia fitur khusus yang berguna untuk membuat halaman baru. Fitur ini biasanya sering dinamakan sebagai fitur halaman statis. Ia memang berguna untuk membuat halaman khusus seperti disclaimer, about us, contact us dan sebagainya. Halaman statis yang dihasilkan oleh fitur ini lazimnya akan mempunyai ciri khas seperti www.blogkamu/p/disclaimer.html. Jadi, ketika Anda menemukan website/blog yang memiliki halaman khusus dengan ciri yang sama seperti itu maka dapat dipastikan bahwa website/blog itu memanfaatkan flatform Blogger.
  • URL Posting Artikel
Setiap blog/website yang memiliki posting pasti memiliki url. Alamat url yang dimaksud adalah sebuah adres yang menjadi arah/tanda pada halaman postingan tersebut. Pemberian alamat url pada setiap posting bisa berbeda-beda tergantung dari aturan flatform cms yang digunakan. Flatform Blogger biasanya akan menerapkan aturan pengalamatan url posting seperti www.blogkamu.com/2016/06/pengertian-seo.html pada penggunanya. Dengan demikian, jika suatu website/blog yang memiliki pengalamatan url yang sama, maka ada kemungkinan kala website/blog terkait menggunakan Blogger.

Wordpress
Wordpress adalah sebuah flatform layanan yang berguna untuk membuat website/blog yang sama seperti Blogger. Wordpress terbagi menjadi dua. Pertama adalah Wordpress yang terkait langsung dengan Wordpress.com (Tidak perlu membeli hosting). Sementara yang kedua adalah Wordpress Self Hosted yang harus di download di www.wordpress.org dan di instal pada hosting sendiri (Harus membeli hosting sendiri). Baik Wordpress.com maupun Wordpress.org, tetap memiliki perbedaan. Berikut ini selengkapnya.

Wordpress.com VS Wordpress.org
  • URL Sub Domain
Wordpress.com = blogkamu.wordpress.com (berbayar: www.blogkamu.com)
Wordpress.org = www.blogkamu.com (diharuskan untuk menyewa hosting dan domain sendiri)
  • URL Kategori
Wordpress.com = blogkamu.wordpress.com/category/harian/
Wordpress.org = blogkamu.com/category/travel/

Bedanya hanya pada Wordpress.com yang menggunakan sub-domain.
  • URL Foto/Gambar
Wordpress.comblogkamu.files.wordpress.com/2015/03/gambar.jpg.
Wordpress.org = blogkamu.com/wp-content/uploads/2015/03/gambar.jpg
  • URL Pada Halaman Khusus
Baik wordpress.com maupun wordpress.org tetap memiliki pengalamatan blogkamu.com/kontak/
  • URL Posting Artikel
Wordpress.com = blogkamu.wordpress.com/2015/03/26/posting-saya-tentang-kehidupan/
Wordpress.org = blogkamu.com/posting-saya-tentang-kehidupan/ (Terkadang ada juga yang tersemat penanggalan dan akhiran .html)
  • Credit Link Wordpress.com
Baik blog yang dihasilkan oleh Wordpress.com maupun Wordpress.org, tetap memiliki backlink yang mengarah kealamat Wordpress. Kalau pun tidak ada, mungkin pemiliknya sengaja menghapusnya.

Related Posts

Membedakan Blog Blogger dengan Wordpress
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.