Thursday, 14 July 2016

Inilah Negara-Negara Timur Tengah dan Ibukotanya

Anda tentu pernah dengar istilah Timur Tengah. Sebenarnya apa itu Timur Tengah dan Negara-Negara apa saja yang ada didalamnya. Timur Tengah adalah sebuah daerah yang secara budaya dan politik merupakan bagian dari Benua Asia atau Afrika-Eurasia. Titik tengah wilayah Timur Tengah adalah daratan yang ada di antara Laut Mediterania, Teluk Persia serta daerah yang membujur dari Anatolia, Jazirah Arab dan Semenanjung Sinai.


Selain itu, kadang-kadang istilah Timur Tengah juga merujuk pada area tersebut yang mencakup wilayah Afrika Utara yang ada di bagian barat hingga Pakistan yang ada di Timur, Kaukasus dan Asia Tengah yang di bagian utara. Sejumlah media serta beberapa organisasi internasional biasanya memandang kalau wilayah Timur Tengah adalah daerah Asia Barat Daya (terhitung juga:Iran dan Siprus) berikut Mesir.

Wilayah-wilayah yang disebutkan tadi didalamnya juga termasuk beberapa kelompok suku dan budaya seperti misalnya: suku Arab, suku Iran, suku Yahudi, Suku Yunani, suku Assyria, suku Berber, suku Turki dan suku Kurdi. Sementara bahasa utamanya yakni: bahasa Arab, bahasa Persia, bahasa Assyria, bahasa Ibrani, bahasa Turki dan bahasa Kurdi.

Mayoritas orang-orang barat biasanya mengartikan wilayah Timur Tengah sebagai kumpulan-kumpulan negara yang letaknya berada di Asia Barat Daya, mulai dari Iran (Persia) sampai ke Mesir. Daerah Mesir bersama dengan semenanjung Sinainya yang ada di Asia biasanya juga dipandang sebagai area Timur Tengah, meski secara geografi sebagian besar negara tersebut terletak di Afrika Utara.

Semenjak pertengahan abad 20, Wilayah Timur Tengah sudah menjadi titik penting yang di mana banyak terjadi peristiwa-peristiwa dunia dan sekaligus menjadi daerah yang paling sensitif, entah dari sisi lokasi, ekonomi, politik, budaya hingga agama. Tanah yang ada di Timur Tengah biasanya mengandung cadangan minyak mentah dalam jumlah yang tidak sedikit. Selain itu, Wilayah ini juga menjadi tempat lahir dan titik keagamaan Islam, Nasrani dan Yahudi.

Penamaan Timur Tengah sebenarnya adalah istilah yang digunakan untuk menunjuk pada hal budaya. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa wilayah Timur Tengah tidak punya batas yang spesifik. Adapun pengertian Timur Tengah yang biasa dipakai merujuk pada daerah Arab Saudi, Qatar, Oman, Kuwait, Lebanon, Syria (Suriah), Mesir, Siprus, Iran (Persia), Turki, Israel, Yordania, Irak, Uni Emirat Arab, Palestina dan Yaman.

Iran adalah dianggap sebagai batas Timur Tengah yang berada di paling timur, meski begitu kadangkala Afganistan dan Pakistan Barat juga dikaitkan lantaran kedekatan (baik agama dan suku) dengan kelompok masyarakat Iran. Juga akibat adanya hubungan dengan sejarah yang di mana dulu daerah tersebut pernah menjadi bagian dari kekuasaan kerajaan. Daerah Afganistan, Pakistan Barat dan Tajikistan mempunyai ikatan sejarah, budaya dan bahasa dengan Iran. Sedangkan kaitan Iran dengan negara Arab lantaran adanya kedekatan Geografi dan kaitan agama (meski Iran sebagian besar adalah Syiah).

Agar lebih jelasnya, berikut ini adalah daftar negara-negara yang termasuk sebagai bagian dari Timur Tengah.

1. Arab Saudi ~ Ibukotanya = Riyadh
2. Bahrain ~ Ibukotanya = Al-Manamah
3. Irak ~ Ibukotanya = Bagdad
4. Israel ~ Ibukotanya = Yerusalem
5. Kuwait ~ Ibukotanya = Kota Kuwait (Kuwait City)
6. Lebanon ~ Ibukotanya = Beirut
7. Mesir ~ Ibukotanya = Kairo
8. Oman ~ Ibukotanya = Muskat
9. Palestina ~ Ibukotanya = Ramallah
10. Qatar ~ Ibukotanya = Doha
11. Suriah ~ Ibukotanya = Damaskus
12. Uni Emirat Arab ~ Ibukotanya = Abu Dhabi
13. Yaman ~ Ibukotanya = Sana'a
14. Yordania ~ Ibukotanya = Amman

Kemudian negara-negara yang ada di Benua Afrika Utara juga di turut dikaitkan

16. Aljazair ~ Ibukotanya = Aljir
17. Ethiopia ~ Ibukotanya = Addis Ababa
18. Libya ~ Ibukotanya = Tripoli
19. Maroko ~ Ibukotanya = Rabat
20. Mauritania ~ Ibukotanya = Nouakchott
21. Sahara Barat ~ Ibukotanya = El AaiĂșn
22. Somalia ~ Ibukotanya = Mogadishu
23. Sudan ~ Ibukotanya = Khartoum
24. Sudan Selatan ~ Ibukotanya = Juba
25. Tunisia ~ Ibukotanya = Tunis

Kadang, negara-negara berikut juga dianggap sebagai bagian dari Timur Tengah

26. Iran ~ Ibukotanya = Teheran
27. Pakistan ~ Ibukotanya = Islamabad
28. Turki ~ Ibukotanya = Ankara

Related Posts

Inilah Negara-Negara Timur Tengah dan Ibukotanya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.