Monday, 20 June 2016

Pengertian Tes TOEFL ~ Fungsi atau Kegunaannya

Pengertian/definisi/makna Tes TOFLE

TOEFL (Test of English as Foreign Language) adalah serangkaian tes yang dilaksanakan untuk menguji kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa Inggris (bahasa inggris dialek amerika). Tes ini biasanya dilaksanakan untuk mengetes seseorang sebelum mendaftar pekerjaan atau universitas di Amerika Serikat dan beberapa negara lain di seluruh dunia. Ujian ini sendiri umumnya akan diberikan kepada pendaftar atau kandidat yang bahasa aslinya bukan bahasa Inggris.

Tes TOEFL bahasa Inggris ini biasanya diperlukan sebagai persyaratan seseorang sebelum diterima kerja atau masuk ke suatu universitas yang ada di Amerika Serikat (USA) dan Kanada, entah untuk program undergraduate (S-1), graduate (S-2)  atau (S-3).

Selain di Amerika Serikat dan Kanada, beberapa universitas lain yang ada di Eropa dan Australia juga mengharuskan pendaftarnya untuk berhasil melewati tes TOEFL ini. Biasanya, tes TOEFL lebih cenderung mengarah pada bahasa Inggris dialek Amerika Serikat. Sementara itu tes TOEFL ini, memiliki sedikit perbedaan dengan tes IELTS yang lazimnya mengarah pada bahasa Inggrisnya Inggris (England/Britania Raya).

Berbeda dengan tes IELTS, tes TOEFL sendiri biasanya tidak memiliki segmen individual interview test (tes wawancacata secara individu). Seperti yang sebelumnya disinggung, tes TOEFL sekarang ini juga memang sudah dimanfaaatkan untuk mengukur apakah seseorang layak atau tidaknya diterima kerja atau naik pangkat. Umumnya, tes TOEFL berjalan dengan menelan waktu setidaknya selama 3 jam. Selain itu, tes ini juga dijalankan dalam 4 bagian, antara lain.

  • Listening comprehension (Pemahaman dalam mendengarkan)
  • Grammar structure and written expression (struktur tatabahasa dan ungkapan dalam menulis)
  • Reading comprehension (Pemahaman dalam membaca)
  • Writing (Menulis)

Apa-apa sajajenis TOEFL dan bagaimana penilaian skornya?
Sampai sekarang ini, ada dua jenis tes TOEFL, yaitu:

1. Computer­based Testing
Seperti namanya, tes ini adalah jenis tes TOEFL yang menggunakan media komputer. Pada tes yang menggunakan media komputer ini, skor penilaiannya berada pada 216 hingga 677.

2. Paper Based Testing
Berbeda dengan yang sebelumnya. Jenis ini adalah tes TOEFL yang memanfaatkan kertas sebagai media pengujiannya. Skor penilaiannya sendiri ada pada 450 hingga 550 ke atas. Nilai hasil ujian TOEFL ini sendiri berada pada kisaran antara 310 (nilai minimal) hingga 677 (nilai maksimal) di jenis tes paper­based test.

Fungsi atau Kegunaan Tes TOEFL

  • Sebagai metode pengujian untuk mengukur seberapa jauh kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa Inggris.
  • Untuk menyaring orang mana yang memiliki kemampuan berbahasa inggris, baik dalam berbicara, mendengar dan berbicara.

Related Posts

Pengertian Tes TOEFL ~ Fungsi atau Kegunaannya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.