Monday, 20 June 2016

Pengertian Bahasa Pemrograman ~ Programming Language

Bahasa pemrograman (bahasa inggris:programming language) adalah bahasa resmi untuk komputer yang dibuat dan dirancang guna memberikan komunikasi berupa instruksi kepada mesin, terutama mesin komputer. Bahasa pemrograman bisa digunakan untuk memproduksi program­program untuk mengontrol perilaku mesin atau guna mengekspresikan algoritma.


Bahasa pemrograman dikenal pertama kali sebagai mesin yang diprogram yang mendahului penemuan komputer digital. Pada awal tahun 1800­an, "program" digunakan untuk mengarahkan perilaku mesin seperti tenun Jacquard dan pemain piano.

Sampai sekarang ini, setidaknya ada sekitar ribuan bahasa pemrograman yang berbeda telah dibuat, terutama di bidang komputer, dan banyak lagi masih sedang dibuat setiap tahun. Banyak bahasa pemrograman memerlukan perhitungan yang akan ditentukan dalam imperatif bentuk (yaitu, sebagai urutan operasi untuk melakukan), sedangkan bahasa lain menggunakan bentuk­bentuk lain dari spesifikasi program seperti  bentuk deklaratif (yaitu hasil yang diinginkan ditentukan, bukan bagaimana untuk mencapai saya t).

Deskripsi bahasa pemrograman biasanya dibagi menjadi dua komponen sintaks (bentuk) dan semantik (makna). Beberapa bahasa yang didefinisikan oleh spesifikasi dokumen (misalnya, bahasa pemrograman C ditentukan oleh ISO Standard). Sementara itu, ada pula bahasa pemrograman lain (seperti Perl) memiliki implementasi dominan yang diperlakukan sebagai referensi. Selain itu, ada juga sejumlah bahasa pemrograman yang juga yang memiliki keduanya, dengan bahasa dasar yang ditetapkan oleh standar dan ekstensi diambil dari pelaksanaan dominan yang umum.

Definisi

Sebuah bahasa pemrograman adalah notasi (lambang/tanda/huruf/bilangan) yang digunakan untuk menulis program (membuat software/aplikasi), yang berdasarkan spesifikasi dari perhitungan atau algoritma. Beberapa, tapi tidak semua, penulis sendiri membatasi istilah "bahasa pemrograman" untuk bahasa-bahasa yang dapat mengekspresikan semua algoritma.

Fungsi dan Sasaran Bahasa Pemrograman

Sebuah bahasa pemrograman komputer adalah bahsa yang digunakan untuk menulis (membuat) program komputer, yang melibatkan komputer untuk melakukan semacam perhitungan atau algoritma dan mungkin mengelola perangkat eksternal seperti disk drive, printer, robot dan sejenisnya.

Misalnya, PostScript program sering dibuat oleh program lain untuk mengendalikan printer komputer atau layar. Lebih umum, bahasa pemrograman dapat menjelaskan perhitungan pada beberapa, mungkin abstrak, mesin. Hal ini berlaku secara umum kalau spesifikasi lengkap untuk sebuah bahasa pemrograman meliputi penjelasan, mungkin ideal, dari mesin atau prosesor untuk bahasa tersebut.

Dalam konteks yang paling praktis, bahasa pemrograman melibatkan komputer, konsekuensinya, bahasa pemrograman biasanya didefinisikan dan mempelajari cara ini. Bahasa pemrograman berbeda dari bahasa alam, karena bahasa alam hanya digunakan untuk interaksi antara sesama manusia, sementara bahasa pemrograman memungkinkan manusia untuk berkomunikasi dengan cara memberikan instruksi kepada mesin.

Abstraksi

Bahasa pemrograman biasanya mengandung abstraksi untuk mendefinisikan dan memanipulasi struktur data atau mengontrol aliran eksekusi. Kebutuhan praktis dari dukungan bahasa pemrograman abstraksi memadai diungkapkan oleh prinsip abstraksi; prinsip ini kadang­kadang dirumuskan sebagai rekomendasi kepada programmer untuk membuat penggunaan yang tepat dari abstraksi tersebut. 

Kekuatan Ekspresif

Teori komputasi mengklasifikasikan bahasa dengan perhitungan mereka untuk mampu mengekspresikan. Semuanya lengkap Turing bahasa dapat menerapkan set yang sama algoritma. ANSI / ISO SQL­92 dan Amal adalah contoh bahasa yang tidak Turing lengkap, namun sering disebut bahasa pemrograman.

Adapun bahasa markup seperti XML, HTML atau troff, merupakan sejnis markup untuk menentukan data terstruktur. Biasanya bahasa ini tidak dianggap sebagai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman mungkin dan bagaimanapun, berbagi sintaks dengan bahasa markup jika semantik komputasi didefinisikan. XSLT, misalnya, adalah Turing lengkap dialek XML. Selain itu, LaTeX, yang sebagian besar digunakan untuk dokumen penataan, juga berisi Turing bagian lengkap.

Istilah bahasa komputer kadang­kadang digunakan bergantian dengan bahasa pemrograman. Namun, penggunaan kedua istilah bervariasi menurut penulis, termasuk ruang lingkup yang tepat dari setiapnya. Salah satu penggunaan menggambarkan kalau bahasa pemrograman sebagai bagian dari bahasa komputer. Pada segmen ini, bahasa yang digunakan dalam komputasi memiliki tujuan yang berbeda dibandingkan mengungkapkan program komputer umum yang ditunjuk bahasa komputer. Misalnya, bahasa markup kadang­kadang disebut sebagai bahasa komputer untuk menekankan bahwa mereka tidak dimaksudkan untuk digunakan untuk pemrograman.

Penggunaan lain menganggap kalau bahasa pemrograman sebagai konstruksi teoritis untuk mesin pemrograman abstrak, dan bahasa komputer adalah bagian daripadanya yang berjalan pada komputer fisik, yang memiliki sumber daya hardware yang terbatas. John C. Reynolds menekankan bahwa spesifikasi formal bahasa yang hanya sebanyak bahasa pemrograman seperti bahasa dimaksudkan untuk eksekusi.

Dia juga berpendapat bahwa tekstual dan bahkan format masukan grafis yang mempengaruhi perilaku komputer adalah bahasa pemrograman, meskipun pada kenyataannya mereka umumnya tidak Turing­lengkap, dan menyatakan bahwa ketidaktahuan tentang konsep bahasa pemrograman adalah alasan bagi banyak kekurangan dalam format masukan.

Related Posts

Pengertian Bahasa Pemrograman ~ Programming Language
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.