Friday, 1 July 2016

Nama-Nama Samudra Terluas di Dunia

Samudra atau juga dikenal sebagai samudera adalah lautan luas yang merupakan massa air asin yang saling sambung menyambung sehingga meliputi permukaan bumi yang dibatasi oleh benua maupun pulau-pulau besar.


Jika dibandingkan dengan benua & pulau, samudra memiliki luas yang jauh lebih luas dari benua & bumi. Ya, samudera setidaknya menguasai sekitar 71% permukaan yang ada di planet bumi. Tidak hanya itu, samudra juga diperhitungkan memiliki area sekitar 316 juta KM persegi, isi samudra sekitar 1.370 juta km³ dan memiliki kedalaman rata­rata 3.790 meter atau 3,7 KM. (Perhitungan ini belum termasuk laut yang tidak memiliki kaitan dengan samudera, misalnya laut Kaspia).

Dengan luasnya yang fantastis itu, dapat dihitung kalau daratan yang ada dibumi, termasuk semua negara-negara yang ada didalamnya hanya memiliki luas 29% saja. Sungguh mengejutkan bukan, tetapi itulah faktanya.

Terlepas dari hal itu, apakah Anda tahu berapa jumlah benua yang ada dibumi? Selama ini samudera yang ada dibumi dikenal ada 5. Masing-masing dari kelima benua ini tentu berbeda, baik pada lokasinya, luasnya maupun kedalamannya.

Karena perbedaan ini, sudah selayaknya kita harus mengetahui nama-nama dari kelima samudera beserta detailnya. Berikut ini ada macam-macam atau jenis-jenis nama samudra yang ada di bumi. Urutannya dimulai dari yang paling kecil hingga yang paling luas.

1. Samudra Arktik
Samudra Arktik adalah massa air laut yang berada di wilayah belahan bumi utara yang mayoritas berada di wilayah Arktik Kutub Utara. Samudra ini merupakan samudera yang paling kecil dan tercetek (dangkal) samudera yang lain. Walaupun Organisasi Hidrografik Internasional (IHO) menyebutnya sebagai samudera, tetapi para ahli samudra menganggapnya sebagai Laut Mediteranian Arktik alias Laut Arktik. Bagian Samudra Arktik kebanyakan ditutupi oleh es, baik pada musim dingin maupun sepanjang tahun.

Samudra Arktik
Luas = 14.056.000 km²
Kedalaman Rata-Rata = 1.038 m (1 KM)
Kedalaman Terdalam = 5.450 meter.
Temperatur/Suhu = ­2°C

2. Samudra Antartika atau Lautan Selatan
Samudra Antartika alias Lautan Selatan adalah massa air laut yang melingkari benua Antartika. Samudra ini merupakan samudra yang terbesar nomor empat dan telah diakui sebagai samudra oleh Organisasi Hidrografik Internasional (IHO) pada 2000. Sebelum pengakuan itu, samudera Antarktika dipandang oleh umum sebagai Samudra Atlantik, Samudra Hindia serta Samudra Pasifik langsung dengan bibir pantai Antartika.

Samudra Antartika
Luas = 20.327.000 km² (Termasuk juga >> Laut Amundsen, Laut Bellingshausen, Laut Ross, sebagian dari Drake Passage, sebagian kecil dari Laut Scotia, Laut Weddell dan massa air laut tributer lainnya)
Kedalaman Rata-Rata = 4.000 ­sampai 5.000 m (4 - 5 KM)
Kedalaman Terdalam = 7236 m (7,2 KM)
Temperatur/Suhu Air = Bervariasi antara 10 dan ­2°C

3. Samudra Hindia
Samudra Hindia atau Samudra India atau kadang juga dikenal Samudra Indonesia adalah samudra terbesar ketiga di dunia. Luas samudra ini setidaknya mencakup sekitar 19,5% permukaan air yang ada Bumi. Bagian utara Samudra Hindia dibatasi oleh selatan Asia. Sementara di bagian baratnya dibatasi oleh Afrika dan semenanjung Arab. Bagian timurnya diisi oleh Jawa, Sumatera, Semenanjung Malaya, Kepulauan Sunda Kecil serta Australia. Terakhir, dibagian seletannya dibatasi oleh benua Antartika. Salah satu keunikan samudra Hindia adalah namanya yang berasal dari nama suatu negara, yakni negara India.

Samudra Hindia
Luas = 68.556 juta km²
Kedalaman Rata-Rata = 3.741 m
Kedalaman Terdalam = ­ 7.906 m (7,9 KM)
Temperatur/Suhu =  -
Panjang Pantai = 66.526 km

4. Samudra Atlantik
Samudra Atlantik adalah samudra terbesar kedua di bumi yang luasnya mencakup sekitar 1/5 permukaan Bumi. Asal kata Atlantik sendiri bermula dari mitologi Yunani yang artinya adalah Laut Atlas. Samudra Atlantik bentuknya mirip seperti huruf S yang memanjang dari belahan bumi utara ke belahan bumi selatan. Sebagai samudra yang menguasai 20% permukaan bumi, Atlantik termasuk sebagai samudera terbesar kedua di dunia.

Samudra Atlantik
Luas = 106.450.000 km² (82.362.000 km² ~ Tanpa Laut Sekitarnya)
Kedalaman Rata-Rata = 3.332 m (termasuk laut sekitarnya) &  3.926 m (Tanpa laut sekitarnya)
Kedalaman Terdalam  = 8.605 m (8,6 KM)
Temperatur/Suhu =

5. Samudra Pasifik / Lautan Teduh
Samudra Pasifik atau juga dikenal sebagai Lautan Teduh (Pacifico : Bahasa Spanyol yang berarti tenang) adalah samudra terbesar atau terluas di bumi yang luasnya diperhitungkan meliputi sepertiga permukaan yang ada di Bumi. Orang yang menamakan Samudra ini sebagai Pasifik adalah Fernando de Magelhaens yang merupakan seorang penjelajah asal Portugis. Ketika berkelana dari Selat Magelhaens ke Filipina, penjelajah Portugis ini merasakan ketenangan pada lautan itu. Kendati demikian, tidak berarti samudra Pasifik selalu berasa tenang. Karena Samudra Atlantik yang melebar, sementara Samudra Pasifik menciut. Hal ini pun kemudian memungkinkan banyak terjadinya peristiwa gempa bumi. Di wilayah Samudra Pasifik terdapat 25 ribu kepulauan yang kebanyakan berada di bagian selatan khatulistiwa.
Samudra Pasifik
Luas =  179.700.000 km²
Kedalaman = 4.280 m (4 KM)
Kedalaman Terdalam = 10,911 m (10 KM)
Temperatur/Suhu permukaan air = -1 sampai 4 ° C (Pada kutub) ~ 30 ° C (Khatulistiwa)

Itulah tadi daftar nama-nama benua yang ada di bumi. Dengan adanya informasi ini diharapkan agar dapat menambah wawasan Anda semua.

Related Posts

Nama-Nama Samudra Terluas di Dunia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

3 komentar

Tulis komentar
avatar
1 July 2016 at 10:41

Kalo ada lomba berenang lintas samudera kira-kira gmna ya? hehe thanks infonya gan

Reply
avatar
1 July 2016 at 10:47

Nice post gan, thanks infonya

Reply
avatar
1 July 2016 at 12:07

wee terimakasih info nya gan, udah lupa ane ini masuk pelajaran geografi

Reply