Tuesday, 28 June 2016

Fungsi, Kegunaan, Manfaat Halaman Fanpage Facebook

Inilah Fungsi Serta Kegunaan Halaman Facebook atau Facebook Fan page Yang Sebenarnya

Di Facebook kita tidak hanya dapat menambah pertemanan (add friend) kepada orang lain, tetapi juga dapat melakukan suka (like) pada suatu halaman facebook atau facebook fan page. Ya, disamping dapat berteman dengan orang lain & bergabung di suatu grub, di Facebook kita memang bisa menyukai (like) suatu halaman facebook.


Kendati demikian, sebenarnya siapa sih yang membuat akun halaman facebook & facebook fanpage tersebut? Dan untuk apa halaman facebook fanpage tersebut dibuat?  Pertanyaan seperti ini mungkin pernah terlintas dipikiran Anda, namun entah karena lupa karena terlalu asing bermain facebook, kita lupa dan tidak tahu apa sebenarnya fungsi atau kegunaan halaman facebook.

Sebenarnya halaman facebook itu dibuat oleh orang. Siapa pun dapat membuat halaman Facebook, bahkan Anda pun dapat membuat halaman facebook sendiri dengan mudah, dengan nama yang kamu inginkan. Tetapi, untuk membuat halaman Facebook Anda disyaratkan terlebih dahulu untuk memiliki akun Facebook. Sementara itu, apa sih kegunaan halaman facebook (facebook fanpage). Berikut ini adalah ulasan mengenai fungsi serta kegunaan halaman facebook.

1. Promosi Produk & Nama Perusahaan
Facebook biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan sebagai media untuk mempromosikan produk yang mereka buat. Hal bertujuan agar produk atau nama perusahaan mereka menjadi semakin dikenal oleh pengguna internet. Dengan begitu, nantinya akan ada kemungkinan kalau si pengguna internet penasaran dengan suatu perusahaan & produk dan tertarik untuk mencoba membelinya.

Alasan kenapa facebook dipilih sebagai media promosi oleh perusahaan adalah karena Facebook digunakan oleh banyak orang, mudah digunakan dan gratis. Jadi, dengan membuat halaman facebook, maka perusahaan tidak lagi ribet-ribet dalam menyewa sales untuk mempromosikan produk. Cukup dengan membuat status tentang produk, maka produk pun akan dimungkinkan untuk menjadi terkenal atau viral. Adapun hal-hal yang biasa dipromosikan diantaranya adalah:
- Brand/merek produk
- Nama perusahaan
- Toko Online
- Website
- Dan terserah kamu.

2. Memperkenalkan Nama Tokoh
Selain produk, halaman facebook bisa juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan nama seseorang, misalnya tokoh ternama seperti artis, menteri, presiden, atlit, wirausahawan, pengusaha dan sebagainya. Jadi, dengan membuat akun facebook dengan nama seseorang, maka ada kemungkinan kalau nama orang itu akan terkenal dikhalayak ramai. Sehingga, jika orang tersebut adalah seorang tokoh politik, maka ada kemungkinan kalau ia bakal dipilih oleh pengguna internet ketika masa pemilu nanti.
Adapun nama tokoh yang biasa dikenalkan adalah:
- Ustad/Ulama
- Presiden/menteri
- Pembalap
- Artis
- Dan terserah kamu.

3. Penghubung Antara Pengguna Internet dengan Produk/Tokoh
Akun Facebook biasa kegunaannya adalah untuk berkomunikasi dengan orang lain, baik dari jarak jauh maupun dekat. Halaman facebook pun juga sama. Ya, halaman facebook selain bisa dijadikan sebagai media promosi juga dapat digunakan untuk menjadi media tanya jawab antara pengguna facebook dengan si empunya halaman facebook. Tanya jawabnya ini tentunya akan berguna untuk memberikan penjelasan pada konsumen mengenai produk/tokoh yang mereka tanyakan (customer service). Dengan begitu, maka akan timbul kesan baik pada suatu perusahaan atau tokoh yang terkait.

4. Sebagai Tempat Berbagi Informasi
Halaman facebook memiliki fitur yang sama seperti update status. Fitur ini bisa digunakan untuk memposting teks, gambar maupun video. Tentunya fitur ini tidak hanya bisa digunakan untuk mempromosikan produk melainkan juga bisa memberitahukan hal-hal penting yang berbau informasi, baik itu tips & trick, berita maupun tutorial.

5. Sebagai Tempat Mencari Uang
Mungkin tak banyak orang yang tahu kalau halaman facebook itu bisa dijadikan sebagai ladang penghasilan alias uang. Ya, dengan membuat halaman facebook, Anda dimungkinkan untuk dapat menerima uang karenanya. Meski begitu, tetap saja tidak semua halaman facebook yang dibuat bisa menghasilkan uang. Hanya halaman facebook yang terkenal (sudah memiliki banyak like) saja yang bisa mendapatkan uang itu.

Jika Anda bertanya siapa yang membayar, maka jawabannya bervariasi, tergantung bagaimana metode dari si empunya halaman Facebook tersebut. Jika dimisalkan halaman facebooknya berisikan status promosi dari produk orang lain, maka bisa dipastikan si empunya mendapatkan uang dari setiap update status promosi tersebut. Selain itu, beberapa fanpage facebook ada juga yang bisa mendapatkan uang yang dibayar oleh pihak Facebook itu sendiri, karena iklan yang ditampilkan pada sisi halaman facebook.

Related Posts

Fungsi, Kegunaan, Manfaat Halaman Fanpage Facebook
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
29 June 2016 at 12:26

Ternyata banyak manfaatnya ya?

Reply