Wednesday, 22 June 2016

Contoh Pengerusakan Alam Beserta Dampaknya

Alam adalah lingkungan hidup yang sangat penting bagi kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan. Tanpa adanya lingkungan, maka manusia dan makhluk lainnya akan kesulitan untuk menjalani kehidupan. Oleh karenanya, apabila lingkungan alam yang ada dibumi terutama disekitar kita telah dirusak, maka dampaknya akan dirasakan oleh manusia dan makhluk yang tinggal disekitarnya.

Ini hanya ilustrasi aja ya
Sayangnya, hampir semua penyebab kerusakan alam diakibatkan oleh manusia itu sendiri. Sementara kerusakan alam yang disebabkan oleh bencana hanyalah seberapa persen saja. Hal ini tentu saja sangat miris, apalagi mengingat alam merupakan tempat tinggal satu-satunya manusia dibumi.

Adapun pengerusakan alam yang dilakukan manusia sangatlah bermacam-macam. Setidaknya, hampir semua pengerusakan alam didasari oleh keegoisan diri untuk mendapatkan uang atau sebagainya. Berikut ini beberapa contoh pengerusakan alam atau lingkungan yang membuat bumi menjadi rusak.

1. Penebangan Hutan
Penebangan hutan adalah suatu tindakan menebang pepohonan secara masal yang ada dihutan. Tujuan dilakukannya hal ini umumnya adalah keegoisan untuk menjual kayu guna mendapat uang. Jika saja hutan telah gundul, maka dampaknya lingkungan yang ada disekitar hutan tersebut bisa saja akan merasakan dampak buruk seperti

- Longsor ~ karena tidak ada akar pohon yang menahan tanah.
- Kekeringan ~ karena tidak ada akar pohon yang menyimpan air.
- Udara kotor ~ karena tidak adanya daun pohon yang menyaring.
- Oksigen habis ~ karena tanaman atau pohon yang memproduksi oksigen. Oksigen diperlukan untuk bernafas dan jika habis maka manusia tidak akan bisa bernafas dan akhirnya mati.
- Keindahan hutan menjadi hilang ~ Mata kita jadi tidak bisa melihat pemandangan hijau yang segar.
- Tidak adanya cadangan makanan ~ karena hutan sudah gundul.

2. Buang Sampah Sembarangan
Membuang sampah tidaklah dilarang, tetapi yang dilarang sebenarnya adalah membuang sampah sembarangan. Mungkin membuang sampah sembarangan sudah menjadi hal yang lazim dan sudah menjadi kebiasaan bagi beberapa orang. Jika saja tidak ada yang peduli untuk membuang sampah pada tempat yang benar, maka mungkin saja akan ada hal-hal buruk yang bakal muncul seperti

- Banjir ~ karena sampah yang dibuang sembarangan akan menyumbat saluran air seperti sungai atau parit.
- Kotor ~ karena sampah adalah benda jorok yang tidak sedap dipandang.
- Bau ~ Udara jadi tercemar oleh baunya sampah.
- Sarangnya kuman & penyakit ~ sampah adalah tempat jorok dan bau yang sangat disukai oleh kuman yang menimbulkan penyakit.
- Merusak kesuburan tanah ~ karena sampah terutama sampah plastik tidak mudah terurai.

3. Mengebom Ikan
Menangkap ikan dengan cara dibom memang merupakan salah satu teknik yang mulai sering dilakukan oleh nelayan untuk mendapatkan ikan dalam jumlah besar. Memang ini akan praktis tetapi sebenarnya menangkap ikan dengan cara ini akan membawa kerugian yang jauh lebih besar, seperti.

- Terumbu karang rusak - sehingga mengakibatkan tidak bisa menahan ombak yang mungkin saja berpotensi menjadi tsunami. Selain itu, ini sama saja akan merusak keindahan terumbu karang yang juga sebagai rumahnya ikan.
- Menyisakan Zat Berbahaya - beberapa bom terbuat dari bahan peledak yang berasal dari zat berbahaya yang mungkin saja akan membuat laut jadi tercemar.
- Anak-anak ikan Mati ~ anak-anak ikan merupakan generasi penerus ikan. Jadi apabila mereka mati maka akibatnya populasi ikan jadi berkurang bahkan punah.

4. Membuang bahan berbahaya Sembarangan
Beberapa bahan berbahaya dan beracun seperti baterai, gabus, oli dan lainnya tidak boleh dibuang sembarangan. Ini disebabkan karena benda-benda tersebut akan membawa dampak yang mengerikan.

- Hilangnya kesuburan tanah ~ Tanah merupakan lahan untuk menanam tanaman untuk dimakan. Apabila semua tanah beracun dan hilang kesuburannya maka makanan tidak lagi tersedia.

5. Pembakaran Hutan
Pembakaran hutan adalah perbuatan di mana seseorang atau sekelompok orang melakukan pembakaran hutan untuk tujuan tertentu. Umumnya tindakan ini dilakukan untuk membuka lahan yang kemudian akan ditanami oleh tanaman yang bisa dijual, dalam hal ini adalah kelapa sawit dan lain-lain. Meskipun niatnya adalah untuk menanam tanaman, tentu saja hal ini tidak dapat dibenarkan. Lebih-lebih tindakan ini akan membawa dampak buruk yang mematikan seperti.

- Pencemaran Udara ~ Membuat udara menjadi kotor yang berakibat pada masalah pernafasan bahkan kematian.
- Global Warming ~ Asap yang ditimbulkan akan pergi ke atmosfer dan membuatnya menjadi semakin tipis sehingga berakibat pada cahaya matahari yang semakin mudah menembusnya.
- Asap ~ asap yang akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Related Posts

Contoh Pengerusakan Alam Beserta Dampaknya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.