Cara Mempromosikan Produk Agar Cepat Laku

Bagaimana Mempromosikan Produk Agar Cepat Terkenal Sehingga Meraih Pendapatan Maksimal?

Produk adalah barang atau jasa yang dibuat dan ditawarkan oleh suatu perusahaan. Setelah produk diproduksi biasanya ada hal yang penting dilakukan agar produk itu jadi laku dan laris manis dipasaran. Hal penting itu adalah promosi.

Ptomosi Produk
Kata promosi tentu bukanlah hal yang asing lagi bagi kita. Hampir setiap hari dan dimana pun kita berada pasti selalu menjumpai promosi yang berbentuk iklan, baik iklan yang ada di Televisi, koran, internet bahkan papan reklame dipinggir jalan sekalipun.

Sebenarnya, apa sih fungsi iklan itu?

Iklan adalah salah satu bentuk promosi yang dilakukan oleh perusahaan yang menginginkan produknya semakin dilihat oleh masyarakat luas. Dengan dilihatnya iklan oleh masyarakat, tentu akan membuat isi daripada iklan itu (produk) akan menjadi terkenal sehingga akan ada kemungkinan kalau produk itu menarik minat konsumen untuk membelinya.

Bagaimana Cara Mempromosikan Produk Supaya Semakin Terkenal Sehingga Meningkatkan Profit (pendapatan)
Mempromosikan produk adalah strategi pemasaran yang tak pernah dilupakan oleh seorang ahli pemasaran. Namun begitu, bagaimana cara memperkenalkan produk kepada masyarakat luas? Ada banyak cara untuk memperkenalkan (promosi) produk kepada masyarakat. Beberapa caranya itu berbeda-beda tergantung dari bentuk promosinya. Lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini:

1. Promosi di Saluran Televisi
Televisi adalah sasaran empuk yang mantap untuk dijadikan sebagai lapak promosi. Alasan kenapa promosi di Saluran Televisi dianggap empuk adalah karena ada banyak orang menonton Televisi. Sayangnya, untuk mempromosikan produk di sebuah saluran Televisi memerlukan biaya yang tidak sedikit. Setidaknya, Anda harus menyiapkan uang jutaan rupiah bahkan bisa sampai miliaran untuk mempromosikannnya.

Meskipun mahal, promosi di Televisi terbilang efektif karena yang melihatnya sangatlah banyak sehingga ada kemungkinan akan banyak pula pembeli yang tertarik pada produk Anda.

2. Promosi di Koran
Jika modal promosi Anda pas-pasan, maka koran adalah alternatifnya. Koran bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin produknya dikenal oleh masyarakat lokal, tetapi dengan biasa pengeluaran yang murah lagi meriah. Ya, memasang iklan dikoran, sebenarnya tak tergolong mahal-mahal amat. Jadi, bentuk promosi ini lebih cocok untuk perusahaan yang berada pada kelas kecil maupun menengah.

3. Promosi di Majalah
Sebenarnya, berpromosi di Majalah hampir serupa dengan promosi di Koran. Bedanya, berpromosi di majalah mungkin memerlukan biaya yang sedikit lebih tinggi dari promosi di koran. Hal ini mungkin dikarenakan majalah tergolong elit, modern, menarik dan tentunya memiliki visual yang bergambar jelas.

Selain itu, perbedaan lainnya adalah iklan Anda akan tahan lama mengingat majalah sehabis dibeli biasanya akan disimpan, sementara koran justru sebaliknya.

4. Promosi Secara Langsung
Promosi secara langsung adalah bentuk lain untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat. Promosi secara langsung dapat dilakukan dengan melibatkan diri pada kegiatan tersebut, misalnya:
- Dengan menyewa sales untuk memperkenalkan produk ke rumah ke rumah & di Mall, Supermaket dan sebagainya.
- Melakukan semacam pembagian produk secara gratis kepada masyarakat.
- Ikut menjadi sponsor diacara besar misalnya, acara pensi, pertunjukan dan sebagainya.

5. Promosi dengan Menyebarkan Selebaran/Brosur
Mempromosikan produk dengan selebaran/brosur adalah jenis promosi lain yang cocok untuk perusahaan menengah. Metode promosi ini setidaknya memerlukan dana yang menengah untuk mencetak brosur dengan desain menarik. Jadi, kalau ingin memperkenalkan produk dengan cara ini, maka Anda diharuskan terlebih dahulu untuk membuat desain iklan yang menarik agar masyarakat mau menerimanya. Adapun metode penyebarannya bisa dilakukan dengan memberikan brosur tersebut kepada masyarakat yang menjadi target.

6. Promosi di Papan Reklame
Papan Reklame adalah papan berisi iklan yang ada dipinggiran jalan. Biasanya, papan iklan ini kerap ditemui pada lokasi-lokasi yang strategis, utamanya dipusat kota, persimpangan dan sebagainya. Dengan menempatkannya pada lokasi yang strategis maka tentu akan membuat iklan tersebut menjadi terlihat oleh masyarakat ketika melewati jalan raya, meski hanya sepintas. Adapun biaya yang harus dikeluarkan untuk promosi dengan cara ini tergolong biaya menengah.

7. Promosi di Kalender
Promosi di kalender sebenarnya tergolong sebagai jenis promosi yang licik. Hal ini lantaran cara promosinya yang tergolong baik, padahal ada maksud tertentu. Meski begitu, bukan berarti meletakkan iklan dikalender adalah hal yang salah. Malahan, hal ini adalah salah satu strategi yang bagus untuk menggaet masyarakat agar tertarik dengan produk yang di iklankan.

Anda bisa membuat kalender dengan desain unik yang disertai iklan promosi Anda. Tentunya, untuk mencetak kalender memerlukan biaya dan oleh karena itu Anda sebaiknya harus menyiapkan modal terlebih dahulu. Setelah kalender selesai, maka bagikan kalender itu secara cuma-cuma kepada masyarakat. Adapun keuntungan berpromosi dikalender adalah iklan Anda tetap awet dan bertahan lama selama setahun. Selain itu, ada kemungkinan kalau iklan Anda akan dilihat setiap hari, mengingat setiap hari tanggal selalu berganti, sehingga manakala masyarakat yang lupa akan tanggal, maka ia akan melihat kalender buatan Anda dan disaat itu ada kemungkinan iklan Anda pun bakalan terlihat olehnya.

8. Promosi di Internet
Promosi di Internet adalah metode terakhir yang lumayan efektif. Hal ini dikarenakan jumlah pengguna internet sangatlah banyak. Jadi, kalau Anda mengiklankan produk Anda di Internet, maka produk Anda pun akan terkenal sehingga akan menarik minat mereka untuk mencoba merasakan produk Anda tersebut. Keuntungan lain kalau berpromosi di internet adalah biasanya Anda dapat mengatur target-target konsumen yang diinginkan. Misalnya, produk Anda berkaitan dengan remaja, maka Anda dapat membuat iklan dengan menargetkan masyarakat yang hanya orang dewasa saja. Selain itu, kelebihan lain kalau Anda berpromosi di Internet adalah Anda dimungkinkan untuk melihat statistik promosi yang Anda buat. Perlu diketahui, statistik itu adalah catatan-catatan penting yang terkait dengan promosi iklan Anda di internet. Biasanya, statistik yang dicatat adalah mengenai jumlah konsumen yang mengklik iklan Anda, jumlah iklan yang ditampilkan dan sebagainya.

Itulah tadi, informasi mengenai cara mempromosikan produk biar cepat laris manis dipasaran. Dengan adanya informasi ini diharapkan agar produk halal Anda laku keras dipasaran.

8 Comments

artikel yang bermanfaat gan (Y)

cocok buat yang pengen bikin produk :D tapi kalau yg bikin produk orangnya kekurangan dana buat promote gimana ya?

Intinya banyak-banyak promosi aja ya gan, thanks infonya


EmoticonEmoticon