Tuesday, 28 June 2016

Cara dan Tips Aman Ketika Mudik

Mudik adalah suatu kegiatan dimana seseorang atau sekeluarga pulang ke kampung halaman masing-masing. Tujuannya sendiri adalah untuk saling silaturahmi dengan saudara atau karib-kerabat yang ada dikampung halaman. Dengan melakukan mudik, maka secara otomatis kita telah memperkuat jalinan persaudaraan agar tidak mudah putus.


Selain itu, mudik juga dapat menjadi ajang penyegaran pikiran, berbagi kebahagiaan dan bermaaf-maafan bagi sesama muslim. Namun demikian, tentu saja mudik ini harus dilakukan secara aman agar terhindar dari malabahaya yang tak diharapkan. Karena itu, mudik harus dilaksanakan berdasarkan cara-cara mudik yang aman dan nyaman.

Sebelum melakukan mudik yang aman, ada baiknya Anda harus mengetahui beberapa tips aman sebelum menjalankannya. Berikut inilah tips-tipsnya.

1. Mengunci Rumah Dengan Aman
Mengunci rumah dengan benar-benar aman adalah sebuah prioritas yang semua orang tahu. Tetapi, sayangnya prioritas ini hanyalah sebatas prioritas saja. Maksudnya, mereka hanya mengunci rumah hanya sebatas dari luar saja, tetapi tidak pada bagian dalamnya. Jika saja rumah hanya dikunci pada bagian luar, maka ada kemungkinan kalau hal ini akan mempermudah maling menyusup ke rumah Anda, lebih-lebih jika sekeliling rumah Anda memang sedang kosong dan juga melakukan mudik.

Agar lebih aman, solusinya tentu adalah dengan menambah pengamanan dengan lebih ketat. Jika sebelumnya rumah Anda hanya memiliki pengamanan dari luar, maka sudah saatnya untuk menambah pengamanan itu pada bagian dalam. Anda bisa memilih untuk membuat pengunci dalam (gembok) atau dengan memasang palang.

2. Mencabut Peralatan Elektronik dari Stopkontak
Setiap peralatan elektronik termasuk lampu, kulkas, tv, penanak nasi dan sebagainya harus dilepaskan dari aliran listrik apabila Anda ingin mudik. Tujuannya dilakukan hal ini adalah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti misalnya terjadinya kebakaran akibat hubungan arus pendek listrik. Pastinya, Anda tidak ingin terkejut ketika balik ke rumah yang ternyata sudah menjadi abu bukan.

3. Melepaskan Tabung Gas dari Regulator
Tabung gas harus dilepaskan dari regulator ketika Anda hendak mudik. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran akibat gas bocor yang mungkin diakibatkan oleh pipa regulator yang bocor oleh hal-hal tertentu misalnya adalah digigit tikus, tertimpa benda dan sebagainya.

4. Menyewa Satpam
Dengan memberikan pengawasan lebih ketat pada rumah, maka Anda tidak lagi perlu khawatir dengan kondisi rumah. Anda dapat memberikan pengawasan pada rumah dengan menyewa satpam. Tetapi, jika Anda tinggal dilingkungan kompleks perumahan maka biasanya sudah tersedia satpam. Adapun satpam yang ingin disewa adalah orang yang bisa dipercaya dan Anda pun tak meski meninggalkan kunci rumah kepada mereka.

5. Memasang CCTV
CCTV adalah kamera khusus yang berguna untuk merekam setiap kejadian yang ada didepannya. Dengan memasang alat ini, maka Anda dapat melihat siapa saja orang-orang mau menyusup kerumah Anda. Dengan begitu, apabila terjadi suatu pencurian, maka Anda dapat dengan cepat mengidentifikasikan pelaku dari hasil rekamann tersebut. Meski begitu, CCTV tetap harus ditempatkan pada lokasi-lokasi yang strategis dan memudahkan untuk menangkap wajah.

6. Bawalah Charger
7. Susunlah Berbagai Barang Penting dan Yang hanya diperlukan

Cara Aman Ketika Mudik
Jika sebelumnya adalah tips-tips aman sebelum mudik, maka berikut ini adalah cara aman tatkala mudik. Berikut ulasannya

1. Periksa dan Service Kendaraan Sebelum Mudik
Kendaraan adalah alat yang akan menghantarkan Anda dari rumah ke kampung halaman. Dari rumah ke kampung halaman terdapat jarak yang biasanya tak dekat. Oleh karena itu, diperlukan suatu pemeriksaan pada bagian-bagian mobil agar dapat berjalan dengan baik selama berkendara ke tempat yang jauh. Apabila ada onderdil yang rusak, maka sesegera mungkinlah diperbaiki, agar tidak menjadi kendala apalagi bahaya ketika mudik. Adapun dalam menyervis kendaraan sebaiknya dilakukan, pada bengkel-bengkel khusus yang sudah tepercaya kebagusannya.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dari kendaraan Anda adalah:
- Tekanan Ban tidak boleh terlalu kuat apalagi lemah, harus normal saja.
- Pastikan kalau Ban kendaraan masih layak dan belum gundul apalagi licin
- Pastikan Mesin mampu bekerja dengan baik dalam jangka lama dan jarak yang jauh
- Pastikan Daya listrik Baterai Aki Cukup Baik
- Pastikan Semua Rem bekerja dengan baik sebelum Mudik
- Pastikan kalau kemudi/tali gas kendaraan bekerja dengan baik, nyaman dan aman
- Pastikan Lampu (sen/rem/utama) Menyala
- Pastikan Shock Berfungsi dengan aman dan nyaman

2. Bawalah Surat-surat tertentu
Selama berkendara, meskipun mau mudik, bukan berarti Anda terbebas dari polisi. Polisi tetaplah polisi yang menjalankan tugas sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, ketika polisi menanyakan kelengkapan surat, maka Anda bisa menunjukkan surat-surat tersebut dengan lengkap. Nah, karena itu, jangan pernah lupa dalam membawa surat penting ya. Lagipula, dengan membawa surat Anda tidak akan didenda dan waktu Anda tidak terbuang banyak.

3. Bawalah Alat Pemadam Kebakaran
Semua pengguna kendaraan terutama kendaraan mobil, tentunya tahu alat ini bukan. Nah, alat ini sebenarnya sangat dan paling diperlukan ketika hendak mudik. Alasannya sendiri tak lain dan tak bukan ialah karena ketika kendaraan bekerja dalam jarak jauh dan waktu yang lama maka mesin akan menjadi panas dan ada pula kemungkinan bisa terjadi kebakaran pada mesin. Untuk mencegah kebakaran meluas, maka sediakan alat untuk mencegahnya yaitu alat ini.

4. Bawalah Kotak Peralatan dan Isinya
Kotak peralatan adalah sebuah tempat yang berguna untuk menempatkan alat-alat khusus yang berguna untuk memperbaiki mobil. Alat-alat khusus ini biasanya disebut juga sebagai peralatan bengkel yang fungsinya adalah untuk memperbaiki mobil ketika rusak. Alat ini sangat penting untuk dibawa apalagi ketika mudik. Alasannya sendiri adalah karena tidak selamanya bengkel itu tersedia, apalagi jika lokasi dimana mobil mengalami kerusakan berada ditengah hutan yang jauh dari pemukiman.

Adapun isi dari kotak peralatan biasanya adalah obeng-obeng dengan jenis tertentu, tang, kunci inggris, kabel jumper (untuk meminta daya listrik dari mobil lain) dan lainnya.

5. Bawalah Dongkrak
Dongkrak adalah alat yang diperlukan untuk menaikkan sebagian badan mobil untuk mempermudah pelepasan ban atau pemasangan ban ketika mengalami kendala. Tanpa ada dongkrak, maka akan sulit dalam memperbaiki kendala yang terkait. Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk membawa dongkrak ya.

6. Bawalah Ban Cadangan
Adakalanya, medan yang dilalui begitu besar. Sehingga ban kendaraan pun tak sanggup untuk terus menahan gonjangan yang demikian hebatnya. Ketika sudah begitu serius, ban pun meledak atau bocor sehingga membuat Anda sebagai pemudik akan membuat perjalanan menjadi terganggu dan waktu pun terbuang banyak.

Hal seperti ini memang tidak bisa terelakkan, namun tetap ada solusi agar waktu tidak terbuang banyak, salah satunya dengan membawa ban serep alias cadangan.

7. Bawalah P3K
Membawa kotak P3K itu sebenarnya adalah hal yang wajib Anda lakukan. Hal ini karena kotak P3K akan berguna ketika terjadinya suatu kecelakaan yang tidak bisa dihindarkan. Gunakan P3K sebagai pertolongan pertama pada kecelakaan saja, selebihnya serahkan korban ke pusat kesehatan terdekat.

8. Bawalah Senter
Ketika mesin rusak terutama dimalam hari, maka tentunya sangat menyebalkan dan menyusahkan karena akan sangat sulit diperbaiki akibat sulitnya penerangan. Meski sejatinya mobil sudah dilengkapi oleh banyak lampu, namun sayangnya lampu tersebut tak cukup untuk menjangkau ke bagian mesin mobil yang rusak. Nah, karena itu peran senter disini sangatlah diperlukan untuk menerangi bagian dalam mesin mobil agar lebih mudah diperbaiki.

9. Bawalah Makanan & Minuman
Lazimnya mudik dilakukan ketika bulan Ramadhan. Ya, memang hal itu akan membuat perut lapar dan jadi haus apalagi ditengah panasnya hawa mobil. Meski begitu, tetaplah bawa makanan dan air sebagai asupan bagi anak kecil Anda yang tidak berpuasa. Selain itu, membawa persediaan makanan dan minuman juga merupakan hal penting sebagai modal lauk untuk berbuka atau sahur.

10. Konsisten Konsumsi Makanan Bergizi
Selama mudik, lazimnya kita memang sedang berpuasa. Meski begitu, tetap saja Anda diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan penuh gizi ketika sahur atau berbuka, tergantung waktu mudik Anda.

11. Jagalah Waktu Tidur
Sangat tidak disarankan untuk menyetir ketika mata sedang mengantuk. Jika terus dipaksakan, akibatnya mudik hanya akan berbuah hal buruk, seperti kecelakaan. Pasti tidak ada yang ingin liburannya jadi petaka bukan, sebab itulah jangan memaksakan diri untuk menyetir ketika sudah mengantuk.

Usahakan Anda supaya tidak begadang, sebelum mudik dan usahakan juga untuk memilih beristirahat ditempat khusus yang aman ketika mata mula mengantuk. Ingat, jangan terlalu dipaksakan kalau hasilnya akan mengecewakan.

12. Bawalah Selimut
Selimut berguna untuk menutup tubuh dari serangan nyamuk dan juga sebagai penghangat diri dari dinginnya udara malam. Selimut ini perlu dibawa apalagi jika Anda membawa anak ketika sedang bermudik.

13. Pasanglah Navigasi Petunjuk
Navigasi sebenarnya adalah petunjuk seperti GPS dan Glonnas. Memasang Navigasi akan sangat berguna untuk mengetahui lokasi yang ingin dituju agar tidak tersesat. Anda dapat memasang Navigasi khusus pada mobil atau bisa juga dengan memanfaatkan smartphone Anda. Jika menggunakan smartphone, maka Anda bisa tinggal cari dan download saja aplikasi peta yang bisa bekerja secara offline (tidak perlu internet), karena biasanya dalam perjalanan kita tidak selalu mendapatkan akses internet yang cepat dan stabil.

Itulah beberapa cara aman ketika mudik beserta tips-tipsnya. Saya sangat menyarankan Anda untuk bisa saling memberikan tambahan tips lagi pada kolom komentar. Selain itu, Saya sangat senang kepada Anda yang Share (membagikan) artikel ini ke akun sosial media Anda supaya teman, saudara dan semua keluarga mengetahui tips aman tersebut. Bantu teman Anda supaya tahu dengan Share artikel ini.

Related Posts

Cara dan Tips Aman Ketika Mudik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
29 June 2016 at 10:43

Mantab gan,tulisannya rapi gan

Reply