Wednesday, 11 May 2016

Pengertian CSMA/CD ~ Carrier Sense Multiple Access With Collision Detection

Carrier sense multiple access with collision detection atau lebih sering disingkat CSMA/CD adalah metode media access control  yang digunakan pada jaringan yang menggunakan teknologi awal Ethernet. CSMA/CD memanfaatkan skema operator penginderaan yang di mana stasiun mendeteksi transmisi misi data sinyal sementara yang lainnya mentrasnmisikan frame. Ia akan berhenti mentransmisikan frame yang mengirimkan sinyal analog, dan kemudian menunggu untuk interval waktu yang acak sebelum mencoba untuk mengirim ulang frame. CSMA/CD adalah modifikasi murni rasa pembawa multiple access (CSMA).


Berikut ini adalah prosedur yang menjelaskan bagaimana proses transmisi dimulai. Prosedur ini akan selesai ketika frame berhasil ditransmisikan atau terdapat terdeteksinya tabrakan selama proses transmisi.
  1. Apakah frame saya siap untuk transmisi? Jika ya, ia pergi ke titik berikutnya.
  2. Tidak berjalan ketika berada di tengah proses? Jika tidak, tunggu sampai menjadi siap.
  3. Jalankan transmisi dan pantaulah tabrakan yang terjadi selama proses transmisi berlangsung.
  4. Jika tabrakan terjadi, maka perhatikan bagian prosedur tabrakan terdeteksi yang ada dibawah.
  5. Reset counter transmisi dan transmisi frame akhir.
Prosedur jika Terdeteksi Adanya Tabrakan

Berikut ini adalah prosedur yang digunakan untuk mengatasi apabila terdeteksi tabrakan. Prosedur ini akan selesai ketika transmisi dijalankan atau transmisi ulang tersebut dibatalkan karena banyak proses yang bertabrakan.
  1. Lanjutkanlah transmisi (dengan sinyal analog bukan pada header frame/data/CRC) hingga sampai pada waktu paket minimum yang dicapai untuk memastikan bahwa semua penerima mendeteksi adanya tabrakan.
  2. Kenaikan atau tingginya jumlah pengiriman ulang yang berlawanan.
  3. Jika jumlah maksimum transmisi telah mencukupi, maka batalkan transmisi.
  4. Menghitung dan menunggu pengacakan back off pada periode yang berdasarkan jumlah tabrakan.
  5. Lakukan kembali prosedur utama pada tahap 1.
Hal ini dapat disamakan dengan apa yang terjadi di sebuah pesta makan malam, di mana semua tamu berbicara satu sama lain melalui media umum (udara). Sebelum berbicara, para tamu dengan sopan menunggu seorang pembawa acara untuk menyelesaikan pembicaraannya.

Jika ada dua tamu yang berbicara pada saat yang sama, baik berhenti dan menunggu singkat, periode waktu yang acak (di Ethernet, saat ini diukur dalam mikrodetik). Harapannya adalah bahwa dengan masing­masing memilih jangka waktu yang acak, turis tidak akan memilih waktu yang sama untuk mencoba untuk berbicara lagi, sehingga menghindari tabrakan lain.

Metode untuk mendeteksi tabrakan adalah bergantung pada media yang digunakan, tetapi pada bus listrik seperti 10BASE5 atau 10BASE2 , tabrakan dapat dideteksi dengan membandingkan data yang dikirimkan dengan data yang diterima atau dengan mengakui lebih tinggi dari biasanya amplitudo sinyal di bus.

Sinyal Analog

Sinyal analog atau jamming sinyal adalah sinyal yang membawa 32­bit pola biner yang dikirim oleh stasiun data untuk menginformasikan stasiun lain dari tumbukan dan bahwa mereka tidak harus dikirimkan.

Maksimum analog-analog dihitung sebagai berikut: Diameter maksimum yang diperbolehkan dari Ethernet instalasi terbatas untuk 232 bit. Hal ini membuat round­trip­time dari 464 bit. Sebagai slot waktu di Ethernet adalah 512 bit, perbedaan antara slot waktu dan round­trip­time adalah 48 bit (6 byte), yang merupakan maksimum "waktu analog".

Pada gilirannya hal ini berarti: Sebuah stasiun mencatat sebuah tabrakan yang telah terjadi mengirimkan pola lama 4 sampai 6 byte terdiri dari kombinasi 16 1­0 bit. Catatan: Ukuran sinyal analog ini jelas melampaui minimum diperbolehkan frame­ukuran 64 byte.

Tujuan dari ini adalah untuk memastikan bahwa setiap simpul lain yang mungkin saat menerima bingkai akan menerima sinyal jam di tempat yang benar 32­bit MAC CRC, ini menyebabkan receiver lain untuk membuang frame karena kesalahan CRC.

Akhir tabrakan Sebuah tabrakan akhir adalah jenis tabrakan yang terjadi lebih lanjut ke paket dari yang diperbolehkan oleh standar protokol yang bersangkutan. Dalam 10 megabit bersama media Ethernet, jika kesalahan tabrakan terjadi setelah pertama 512 bit data yang ditransmisikan oleh stasiun pemancar, tabrakan akhir dikatakan telah terjadi. Yang penting, tabrakan akhir tidak dikirim ulang oleh NIC tidak seperti tabrakan terjadi sebelum 64 oktet pertama; yang tersisa untuk lapisan atas dari tumpukan protokol untuk menentukan bahwa ada hilangnya data.

Sebagai benar mengatur CSMA link jaringan / CD seharusnya tidak tabrakan terlambat, kemungkinan penyebab yang biasa full­duplex / setengah­duplex mismatch, melebihi batas panjang kabel Ethernet, atau perangkat keras yang rusak seperti salah kabel, jumlah non­compliant hub dalam jaringan, atau NIC buruk. CSMA / CD digunakan untuk meningkatkan kinerja CSMA dengan mengakhiri transmisi secepat tabrakan terdeteksi, sehingga memperpendek waktu yang dibutuhkan sebelum retry dapat dicoba. CSMA / CD digunakan untuk meningkatkan kinerja CSMA dengan mengakhiri transmisi secepat tabrakan terdeteksi, sehingga memperpendek waktu yang diperlukan sebelum retry dapat dicoba.

Aplikasi

CSMA / CD digunakan sekarang­usang media bersama Ethernet varian ( 10BASE5 , 10BASE2 ) dan dalam versi awal twisted­pair Ethernet yang digunakan hub repeater . Jaringan Ethernet modern, dibangun dengan switch dan full­duplex koneksi, tidak perlu lagi menggunakan CSMA / CD karena setiap segmen Ethernet, atau domain tabrakan , kini terisolasi. CSMA / CD masih didukung untuk kompatibilitas mundur dan untuk koneksi half­duplex. IEEEStd 802.3 , yang mendefinisikan semua varian Ethernet, untuk alasan historis masih menyandang gelar "rasa pembawa multiple access dengan collision detection (CSMA / CD) metode akses dan spesifikasi lapisan fisik". 

Related Posts

Pengertian CSMA/CD ~ Carrier Sense Multiple Access With Collision Detection
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.