Tuesday, 10 May 2016

Pengertian CAPTCHA atau Captcha

Captcha atau juga CAPTCHA adalah sebuah singkatan dari "Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart". Singkatan ini berarti "Uji Turing Publik Terotomatisasi Penuh untuk membedakan Komputer dan Manusia". Captcha adalah sebuah metode pengujian dalam bentuk tantangan yang akan berbalas tanggapan dalam sebuah komputerisasi.
Dalam penerapannya, tantangan CAPTCHA digunakan dalam komputerisasi terutama dalam situs-situs website tertentu yang berisikan formulir (form isian), misalnya formulir pendaftaran atau login. Tujuan dari adanya CAPTCHA adalah untuk memastikan apakah yang mengirim jawaban dari suatu formulir itu adalah manusia (pengguna komputer) atau komputer (robot/pengiriman automatis).

Dalam pengujiannya, CAPTCHA biasanya melibatkan sistem uji yang memanfaatkan gambar. Gambar itu biasanya memvisualisasikan angka atau huruf yang terdistorsi. Maksudnya, angka atau huruf yang muncul kadang­kadang disamar-samarkan atau diputar balikkan.

Dengan demikian, angka atau huruf yang ditampilkan nantinya akan terlihat rancu dan samar-samar sehingga akan menyulitkan komputer (robot/pengiriman automatis) untuk membacanya. Ini artinya, yang berpeluang besar untuk dapat menjawab tantangan uji CAPTCHA dengan benar adalah manusia (pengguna komputer).

Sayangnya, prosedur identifikasi ini telah menuai banyak kritik dari berbagai kalangan terutama dari orang-orang cacat, tetapi ada juga dari kalangan orang yang merasa bahwa pekerjaan sehari­hari mereka jadi diperlambat oleh kata­kata rancu pada CAPTCHA. Untuk dapat membaca dan memecahkan teka teki CAPTCHA setidaknya dibutuhkan rata­rata sekitar 10 detik untuk setiap orang. Ini mungkin agak sedikit mengkesalkan bagi beberapa orang.

Karena adanya kritik, maka dalam beberapa CAPTCHA biasanya tersedia sebuah metode lain yang tak harus dengan menggunakan gambar melainkan dengan suara. Metode suara ini memanfaatkan suara (audio) sebagai tesnya. Dalam pengujiannya, seorang yang menggunakan metode suara bisa mendengarkan suara yang berisikan informasi tertentu baik itu huruf maupun angka.

Dengan demikian, metode suara ini sebenarnya sama saja dengan metode gambar yang sebelumnya telah diterapkan, hanya saja ia berbeda dari segi metode. Metode suara ini dapat digunakan oleh tunanetra atau pun sebagai alternatif bagi mereka yang terus mengalami kesulitan dalam memberikan jawaban yang tepat pada CAPTCHA.

Proses Captcha sendiri biasanya melibatkan suatu komputer pusat atau server yang menginginkan seorang pengguna (baik komputer atau perangkat lain) untuk dapat menyempurnakan tes pengujian yang dibuat sekaligus dinilai oleh komputer server itu.

Istilah CAPTCHA sendiri bermula dari bahasa inggris yaitu capture yang artinya adalah menangkap. Istilah CAPTCHA diperkenalkan pada tahun 2003 oleh Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J. Hopper, dan John Langford.

Related Posts

Pengertian CAPTCHA atau Captcha
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.