Saturday, 7 May 2016

Pengertian Blok Barat dan Blok Timur dan Contohnya

Dalam pelajaran sejarah, istilah blok barat dan blok timur selalu saja menjadi pokok bahasan yang seolah-olah tak pernah ditinggalkan. Dua istilah ini sering dijumpai pada buku-buku sejarah, terutama pada BAB perang dingin. Istilah blok barat dan blok timur memang tidak bisa dilepaskan dengan adanya perang dingin. Sebenarnya apa sih pengertian atau definisi beserta contoh blok barat dan blok timur ini? Simak penjelasannya berikut ini.


Blok Barat adalah sebuah istilah untuk menyebutkan negara-negara yang menganut ideologi liberalis. Ideologi liberalis artinya adalah paham yang bersifat bebas atau berpandangan luas. Pada masa perang dingin, istilah ini digunakan untuk menyebutkan negara-negara yang beraliran paham liberalis yang idealnya adalah Amerika Serikat beserta sekutunya. Mungkin dikarenakan kebanyakan negara beraliran liberalis merupakan negara barat makanya dikenal-lah istilah blok barat.

Blok Timur adalah sebuah istilah untuk menyebutkan negara-negara yang menganut ideologi Komunisme. Ideologi Komunisme artinya adalah paham yang politik yang menganut ajaran Karl Marx dan Fredrich Engels, yang mana ingin menghapuskan hak milik perseorangan kemudian menggantikannya menjadi hak bersama yang dikelola oleh negara.

Di masa perang dingin istilah blok timur digunakan untuk menyebutkan negara-negara yang beraliran komunisme seperti Uni Soviet (sekarang:Rusia) dan negara-negara satelitnya. Sekarang ini negara Uni Soviet sudah tidak ada karena berpecahan dan dan menjadi negara sendiri-sendiri. Beberapa negara tersebut adalah negara Rusia, Cekoslovakia, Bulgaria, Polandia, Hungaria, Jerman Timur, Romania dan Albania (hingga awal Albania). Selain itu ada pula negara sekutu Uni Soviet yang berada diluar lingkup benua Eropa misalnya Kuba, Vietnam, Mongolia, Korut (Korea Utara). Apabila dilihat dari letak geografis tiap-tiap negara, sebagian besar negara blok timur berada didaerah Eropa Tengah serta Timur.

Istilah Blok Timur juga dikenal dengan nama lain yaitu Pakta Warsawa yang artinya merupakan aliansi militer yang diketuai oleh negara Uni Soviet. Selain itu juga, Blok Timur dikenal dengan sebutan Comecon yang artinya sendiri adalah organisasi ekonomi dari negara-negara komunisme yang juga disebut sebagai negara Dinamo.

Itulah pengertian atau arti negara blik barat dan blok timur beserta contohnya. Dengan adanya ilmu ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi Anda semua. Namun demikian, apabila ada kesalahan baik kesalahan penulisan atau apa pun itu, silakan sampaikan dikolom komentar dibawah.

Related Posts

Pengertian Blok Barat dan Blok Timur dan Contohnya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.