Monday, 23 May 2016

Membuat WiFi Sendiri Yang Bisa Dibawa ke Mana-Mana

Membayangkan bagaimana rasanya bisa main WiFi nonstop dimana pun dan kapan pun pastinya bakal menyenangkan bukan. Sayangnya, kita semua tahu bahwa memasang WiFi itu memerlukan alat-alat khusus seperti modem, hub, dan router. Selain itu, untuk memasang WiFi kita juga dituntut untuk bisa mengkonfigurasi pengaturan tertentu yang bisa dikatakan ribet.

Free WiFi

Selain itu, WiFi yang menggunakan router tidak bisa dipindah-pindah dan hanya berdiam pada satu titik yaitu rumah. Hal ini tentunya akan menyulitkan kita untuk mengaksesnya ketika sedang bepergian atau diluar rumah. Tapi kini Anda tak perlu khawatir lagi, pasalnya kan sudah ada beberapa cara membuat Wi-Fi sendiri yang bisa dibawa kemana-mana alias bersifat portabel. Tutorial membuat WiFi ini tersedia dalam dua cara, jadi Anda bisa memilih mana yang disukai.

1. Menggunakan MiFi
MiFi atau juga dikenal sebagai Modem MiFi adalah nama merek dagang yang digunakan untuk menggambarkan produk router nirkabel yang bertindak sebagai mobile WiFi hotspot. Intinya, MiFi adalah sebuah alat yang bisa memancarkan sinyal WiFi agar kamu bisa melakukan aktivitas internet. MiFi sebenarnya merupakan gabungan dari modem dan router. Artinya, ia dapat terkoneksi ke internet dan menyalurkannya ke sinyal WiFi. Jadi, sebuah MiFi dapat terkoneksi internet sekaligus menyalurkan koneksi internet itu melalui sinyal WiFi sehingga perangkat elektronik seperti smartphone Android dapat mengakses internet.
\
MiFi ~ alat untuk membuat sinyal WiFi
Agar koneksi internet MiFi berjalan lancar, maka sebaiknya tempatkan MiFi pada lokasi yang banyak sinyalnya. Sama seperti smartphone, MiFi juga membutuhkan paket internet yang artinya didalam MiFi harus ada kartu SIM yang memiliki paket atau kuota internet. Kelebihan MiFi adalah ia berukuran kecil dan minimalis sehingga membuatnya jadi mudah dibawa kemana-mana dan praktis. MiFi kini dapat Anda beli ditoko-toko elektronik atau toko online. Harga barunya bervariasi, mulai dari 300 ribu -2 juta, ini dipengaruhi oleh merek, fasilitas dan tentunya tempat dimana Anda beli.

2. Menggunakan Smartphone
Smartphone Anda juga dapat digunakan sebagai pemancar jaringan WiFi untuk dapat mengakses internet. Hampir semua smartphone bisa melakukannya, tetapi karena saat ini Android mendominasi pasar, karenanya Android akan digunakan sebagai ilustrasinya. Jika Anda menggunakan smartphone tipe lain, mungkin dapat menyesuaikan cara ini atau bisa mencari aplikasi khusus untuk membuat WiFi ditoko aplikasi masing-masing.

Smartphone Android
Mendownload aplikasi pembuat WiFi
Aplikasi pembuat WiFi sangat banyak ditemui di Play Store. Anda dapat mencarinya dengan mengetikkan kata kunci "WiFi Hotspot", nantinya akan muncul banyak aplikasi dengan pelbagai macam tampilan dan nama.

Membuatnya sendiri disetelan tanpa menginstal aplikasi
Sebenarnya, tanpa aplikasi pun, WiFi bisa dibuat secara manual. Hanya saja karena menggunakan aplikasi lebih praktis, karenanya lebih diutamakan. Untuk membuatnya tanpa harus mendownload atau menginstal aplikasi bisa dilakukan dengan cara membuka Setelan (pengaturan/setting) >> Pada bagian Nirkabel dan Jaringan (Wireless & Network) >> Selengkapnya (more)>> Tethering & Portable WiFi Hotspot >> Siapkan Hotspot WiFi (Setup WiFi Hotspot) >> Isilah beberapa hal penting seperti SSID (Nama) dan Password (kata sandi) dan lainnya. Dan aktifkan WiFi Hotspotnya

Agar WiFi yang dibuat melalui Smartphone berhasil, maka sebelumnya hendaklah smartphone tersebut telah mempunyai kartu sim yang memiliki paket internet yang cukup dan sinyal yang memadai. Paket internet ini nantinya akan disalurkan melalui WiFi agar dapat digunakan untuk mengakses internet oleh smartphone lain. Untuk mencoba membuat WiFi melalui smartphone, maka hendaknya sediakan dua smartphone yang masing-masing memiliki fasilitas WiFi. Satu smartphone sebagai pemancar WiFi dan satunya lagi sebagai penerima atau pemakai sinyal WiFi tersebut.

Membuat jaringan WiFi sebenarnya tidaklah seribet yang pernah dipikirkan. Perlua ada usaha untuk membaca dan menerapkan agar semuanya berjalan dengan sukses dan menghasilkan apa yang diinginkan. Itulah cara membuat WiFi dengan mudah dan gampang yang bisa dibawa kemana-mana dan praktis.

Related Posts

Membuat WiFi Sendiri Yang Bisa Dibawa ke Mana-Mana
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.