Monday, 23 May 2016

Masuk Jurusan TKJ, Mau Jadi Apa? Ini Jawabannya

TKJ atau Teknik Komputer dan Jaringan adalah salah satu jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). SMK sendiri adalah sekolah yang sederajat dengan SMA (Sekolah Menengah Atas), MA (Madrasah Aliah), MAK (Madrasah Aliah Kejuruan) dan sebagainya. Sederajat maksudnya adalah sekolah itu memiliki tingkatan yang sama hanya saja terdapat beberapa perbedaan khusus.


Seperti pada SMK yang didalamnya memasukkan beberapa pelajaran khusus mengenai bidang tertentu misalnya akutansi, teknik mesin, teknik komputer dan jaringan, pertanian dan lainnya. Dalam hal ini kita sedang membicarakan TKJ, sebenarnya jadi apa sih kalau milih jurusan TKJ. Berikut ini merupakan ulasan mengenai kerja apa yang akan didapat bila memilih jurusan TKJ.

Dalam jurusan TKJ memang siswanya akan mendapatkan pelajaran khusus yang berkaitan dengan komputer dan jaringan. Namun begitu, bukan berarti yang dipelajari hanya itu-itu saja. Banyak juga pelajaran umum dimasukkan pada jurusan TKJ bahkan di jurusan lainnya. Pelajaran itu misalnya matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, sejarah, seni budaya, fisika, agama islam, pkn dan lainnya.

Fungsi mempelajari semua pelajaran ini adalah karena sebenarnya semua pelajaran itu saling berkaitan satu sama lain. Misalnya antara komputer & jaringan dan matematika. Keduanya memang merupakan pelajaran yang berbeda, tetapi sebenarnya memiliki keterkaitan. Ini bisa dilihat pada pelajaran perhitungan binari, ip address, perhitungan desain, bilangan oktal, dan sebagainya. 

Pelajaran komputer & jaringan dan bahasa Indonesia juga diperlukan dalam membuat dokumen seperti surat. Pelajaran komputer & jaringan dan bahasa inggris berkaitan dalam hal penggunaan komputer, memprogram script pemrograman dan sebagainya. Dan lain-lainnya.

Dengan demikian, mempelajari pelajaran yang banyak itu bukan berarti adalah hal yang sia-sia. Justru hal ini akan semakin memperkaya wawasan siswa meski tidak semua pelajaran ia mengerti. Kesimpulannya, setelah lulus dari SMK atau Kuliah komputer, siswa tidak hanya terpaku untuk membuka usaha atau kerja pada satu bidang saja, melainkan bisa juga pada bidang lain yang dikuasai.

Jadi, meski dulunya lulusan TKJ tapi tidak mengerti komputer & jaringan sama sekali maka masih ada pilihan lain kerja atau buka usaha dibidang lain yang ia kuasai, di bidang matematika misalnya. Kalau pintar matematika mungkin bisa jadi guru atau pengajar pribadi. Selain itu, salah satu keuntungan bila pintar matematika adalah memiliki potensi untuk kerja diperusahaan-perusahaan tertentu dengan gaji besar. Namun demikian, sebenarnya kalau pilih masuk jurusan TKJ itu supaya apa sih? Kerjaan apa yang bakal didapat bila masuk TKJ? Berikut ini adalah jawaban atas semua itu.

1. Teknisi Komputer
Menjadi teknisi komputer mungkin terlihat kurang menarik. Tapi ketahuilah bahwa biaya untuk memperbaiki komputer/laptop yang rusak itu tidaklah sedikit. Setidaknya akan menghabiskan biaya 100-2 juta hanya untuk sekali memperbaiki. Alasannya sendiri ialah karena memperbaiki benda tersebut bukanlah hal mudah, pasalnya didalamnya terdapat banyak komponen dan mungkin akan sedikit "membingungkan" bila baru pertama kali melihatnya.

Untuk bisa memperbaiki komputer yang rusak tentu harus memiliki wawasan untuk mengenal komponen serta kemampuan khusus yang telah terlatih. Adapun wawasan itu bisa didapat melalui berbagai cara, salah satunya dengan bersekolah di SMK tepatnya pada jurusan TKJ.

2. Desainer
Desainer adalah salah satu bidang pekerjaan yang kerjanya adalah merancang suatu desain dengan menggunakan program aplikasi komputer. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa didesain seperti misalnya desainer busana (fashion), desainer iklan, desainer kendaraan, desainer rumah, desainer website, desainer kertas undangan, desainer game & aplikasi dan lainnya.

3. Teknisi Jaringan
Teknisi jaringan adalah orang yang ahli dalam mengelola suatu urusan yang berkaitan dengan jaringan. Misalnya adalah orang yang memasang Wi-Fi, kabel telepon, instalasi warnet dan lainnya.

4. Administrator Server (Admin Server)
Administrator server adalah orang yang tugasnya adalah mengawasi, merawat, mengatur, mengelola dan mengamankan suatu komputer server. Intinya, orang yang seperti ini harus mengerti cara penggunaan komputer server yang konon berbeda dari komputer biasa. Umumnya, seorang Administrator harus memiliki berbagai hafalan kode script perintah tertentu.

5. Customer Service (Pelayan pelanggan)
Customer Service atau sering disingkat CS adalah orang yang tugasnya adalah melayani pelanggan. Seorang CS tidak hanya melayani pelanggan secara langsung tetapi kini juga melalui jarak jauh misalnya via E-mail, Video Call, atau pun pesan Chatting. Karena untuk melakukan pengiriman E-mail, Video Call, dan pesan Chatting harus menggunakan komputer, maka tidak jarang orang-orang lulusan TKJ menjadi incaran.

6. Programmer
Programmer adalah orang yang bertugas menulis kode bahasa pemrograman seperti JavaScript, C, C++, C#, Java, Phyton dan lainnya. Orang yang mampu menguasai satu bahasa pemrograman saja itu sudah sangat bagus, apalagi kalau semua. Dengan menguasai bahasa pemrograman seorang programer memungkinkan dirinya untuk membuat perangkat lunak atau website. Biasanya orang yang seperti ini memiliki gaji yang begitu besar.

7. Kerja di Kantor
Meskipun kebanyakan yang kerja dikantor adalah anak-anak jurusan bisnis manajemen namun tidak menutup kemungkinan bahwa anak TKJ juga bisa, asalkan memiliki keahlian yang bisa diandalkan. Meski peluang untuk kerja dikantor tidak terlalu besar, namun tetap saja masih ada sedikit peluang. Bermodalkan ilmu akutansi & administrasi perkantoran yang didapat secara otodidak, anak TKJ pun juga bisa masuk kantor.

8. Penjaga Warnet
Meskipun terlihat sebagai pekerjaan rendahan yang hanya mendapat uang 3.000 rupiah perjam, namun jangan pernah sepele. Tapi pikirkanlah ada berapa komputer yang dimilikinya. Jika ia memiliki 10 komputer dan warnet tersebut beroperasi selama 16 jam perhari (Jam 8 pagi - 12 malam), maka setidaknya ia telah mendapatkan Rp480.000 dalam sehari. Perhitungan ini didapat dengan cara menjumlahkan 10 komputer X 16 jam = 160 X 3.000 = 480.000 Rupiah per hari X 30 Hari = 14.400.000 Rupiah Perbulan. Tapi ingat ya, ini baru perhitungan kotor saja. Pasalnya masih ada hal-hal lain seperti "biaya main 3 jam = 5000", listrik, dan biaya paket internet.

Itulah beberapa pekerjaan yang mungkin bakal didapatkan bila memilih jurusan TKJ. Sebenarnya masih banyak pekerjaan lain yang bisa didapatkan melalui jurusan TKJ. Namun karena beberapa ini merupakan hal yang paling sering mencuak, karenanya dibuatlah daftarnya. Pada dasarnya pekerjaan lain yang masih ada hubungannya dengan komputer dan jaringan juga merupakan pekerjaan yang bisa didapatkan oleh anak TKJ.

Related Posts

Masuk Jurusan TKJ, Mau Jadi Apa? Ini Jawabannya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.