Tuesday, 3 May 2016

Definisi dan Pengertian Viral

Lagi-lagi ada istilah asing yang masuk ke Indonesia, istilah itu adalah Viral. Istilah ini belum lama tenar dan baru saja berkembang di Indonesia. Awalnya istilah viral muncul dari situs-situs berita luar negeri, misalnya situs website asing dari Inggris dan Malaysia. Namun, seiring berkembangnya waktu ada beberapa media atau situs berita Indonesia yang mulai "ikut-ikutan" untuk memakai istilah asing ini. Padahal, sebagai media berita rakyat Indonesia yang baik seharusnya menggunakan bahasa Indonesia pula. Ini di karenakan selain agar mudah dipahami pembaca namun juga sebagai upaya menghargai bahasa Indonesia itu sendiri. Namun apa-lah daya, viral sudah terlanjur terkenal dan jadi makin sulit untuk dihentikan. Namun demikian, tetap saja istilah ini adalah istilah asing yang berasal dari bahasa Inggris yang harus dipelajari karena bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional. Mungkin karena alasan ini mengapa beberapa media menggunakan istilah Viral. Ya sudah, sekarang yang jadi pertanyaan apa sih arti atau pengertian viral? Simak ulasannya berikut ini:


Viral berasal dari bahasa Inggris yang artinya disebabkan kuman virus. Namun jika dipahami dalam artian sekarang ini, Viral memiliki pengertian lain yaitu suatu kata untuk memaknai sesuatu yang sedang tenar, naik daun, terkenal, ternama, atau masyur. Entah kenapa kata viral maknanya bisa berubah begini. Namun menurut dugaan sementara, perubahan makna viral mungkin disebabkan karena arti dasar viral itu sendiri.

Ya, arti dasar viral adalah disebabkan kuman virus. Mungkin dari sinilah penyebab pergeseran makna itu terjadi. Virus atau kuman adalah makhluk microorganisme kecil yang bisa berkembang biak dengan cepat hingga berjumlah banyak. Saking banyaknya microorganisme ini mudah menyebar ke berbagai tempat sehingga seolah-olah makhluk selalu ada dimana-mana. Jika dilihat dari makna ini memang hampir sama seperti makna tenar.

Nah, sekarang kalau ada orang yang mengatakan bahwa "si fulan sedang viral" itu artinya sama saja dengan "si fulan sedang terkenal". Begitupun ketika ada "seorang pencuri yang viral" sama artinya dengan "pencuri yang terkenal".

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai pengertian atau makna viral. Dengan adanya tulisan ini diharapkan agar kita lebih mudah mengerti makna viral sehingga tidak membuat kita bingung di suatu saat.

Related Posts

Definisi dan Pengertian Viral
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.