Thursday, 19 May 2016

Cara Melariskan Toko, Rumah Makan, Restoran Tanpa Bantuan Jin

Istilah pelaris atau penglaris toko mungkin saat ini sudah banyak tahu. Menurut KBBI, pelaris artinya adalah mantra atau jimat untuk membuat laris. Mantra/jimat disini maksudnya adalah sebuah sebuah bacaan atau barang tertentu yang dianggap mempunyai kesaktian yang bisa mendatangkan perkara baik atau pun buruk, termasuk juga pelaris.


Pelaris, jimat, mantra dan sebagainya termasuk hal yang erat kaitannnya dengan dunia gaib, jin atau syetan. Hal seperti ini dalam agama Islam sebenarnya haram bahkan pelakunya akan berada dalam kemusyrikan. Kemusyrikan adalah dosa berat yang pelakunya akan mendapat azab yang teramat pedih di neraka kelak. Tentu tak ada orang yang ingin masuk neraka hanya gara-gara ingin tokonya laris dan lainnya. Padahal urusan toko itu hanya urusan 'perut/uang' di dunia yang hanya sebentar. Kenapa harus menggunakan hal yang berbau kemusyrikan yang sebenarnya hanya menjerumuskan diri sendiri ke dalam api neraka yang selama-lamanya di dunia akhirat kelak.

Nah, agar terhindar dari hal-hal musyrik, maka sebaiknya gunakanlah cara yang halal dan tepat untuk melariskan toko, rumah makan, restoran dan sebagainya. Cara berikut ini merupakan cara yang tepat agar bisnis Anda cepat laris meski tidak menggunakan bantuan jin.

1. Usaha Keras
Usaha Keras tidak hanya diperlukan ketika membangun sebuah bisnis. Tetapi juga penting dalam membesarkan bisnis itu sendiri. Membesarkan bisnis sama saja artinya dengan melariskan bisnis supaya laku (mana mungkin ada bisnis besar yang produknya tidak laku, yang ada bangkrut).

Diperlukan sebuah usaha keras serta pantang menyerah supaya produk dapat laku manis. Selain itu modal juga diperlukan ketika menjalankannya. Tidak perlu keluar banyak uang hanya untuk ke dukun atau sejenisnya. Karena ini hanya akan merugikan diri sendiri di dunia dan di akhirat. Adapun semangat usaha keras, pantang menyerah, serta dana akan diperlukan untuk kebutuhan poin-poin berikutnya.

2. Pastikan Produk atau Makanan memiliki kualitas Baik atau Enak
Tidak ada orang yang ingin membeli produk yang cepat rusak atau tidak berkualitas. Selain itu, tidak ada juga orang yang mau makan di suatu rumah makan yang makanannya tidak enak. Kalau pun ada, orang-orang itu kemungkinan besar akan kecewa dan menyesal karena telah memilih tempat yang salah.

Niat mereka ingin mendapatkan barang atau makanan yang baik dan enak akan tetapi yang didapat justru sebaliknya. Mereka pasti bakal kecewa dan bahkan mungkin akan mengatakan pengalaman buruk tersebut kepada keluarga, kemudian kepada teman dan teman tersebut akan mengatakan kepada orang tuanya, dan orang tuanya akan mengatakan kepada teman-teman dan begitu seterusnya. Bagaimana pun, orang yang pertama kali kecewa itu mungkin merasa dendam atau tidak ingin kalau ada orang lain yang merasakan nasib yang sama.

Pada akhirnya semua orang bakalan tahu bahwa tempat (jual produk/makanan) itu tidak bagus dan akibatnya bisnis jadi tidak laku. Hanya gara-gara satu orang, bisnis Anda jadi hancur. Lebih-lebih jika orang itu merupakan kritikus makanan atau orang yang memiliki pengaruh kuat. Ingat jangan sepelekan hal kecil.

Agar sebuah bisnis tidak menjadi bangkrut, karenanya Anda harus melakukan perbaikan terhadap produk atau makanan Anda. Apabila Anda seorang penjual produk maka carilah distributor baru yang menyediakan produk terbaik dan berkualitas. Kalau bisa katakan kepada distributor tersebut kalau Anda adalah seorang penjual, nantinya Anda akan diberi harga murah.

Jika Anda adalah seorang penjual makanan baik pedagang kaki lima, rumah makan, warung, kedai, kafe, atau restoran, maka lakukan renovasi terhadap makanan yang sekiranya tidak enak. Anda mungkin memerlukan koki atau chef baru untuk melakukan hal ini. Selain itu, Anda juga butuh resep-resep makanan baru yang bisa didapatkan melalui buku resep atau internet. Selain itu, Anda juga bisa melihat video yang mempertontonkan tutorial cara memasak di situs online Youtube dan sebagainya. Dengan melihat video, Anda akan jadi lebih gampang mengerti dalam menerapkannya. Soal cita rasa, Anda juga perlu menambahkan beberapa bumbu rahasia khusus yang juga bisa didapatkan melalui internet atau buku.

3. Tempat atau Ruang yang Berkesan
Jangan biarkan dinding dekorasi baik eksterior dan interior tempat bisnis Anda terlihat kusam dan tidak terawat. Hal ini akan membuat calon pembeli merasa kurang betah berlama-lama ketika mengunjungi bisnis Anda. Supaya mereka tidak lari, usahakan untuk memperbaharui cat dinding dengan mengecatnya.

Pilihlah cat yang sesuai dengan bisnis Anda. Misalnya, jika bisnis Anda adalah restoran padang, maka catlah dinding atau dekorasilah ruangan hinga menyerupai rumah adat padang. Dengan demikian, akan ada keselarasan yang membuat rumah makan itu sesuai namanya. Selain dinding, hal lain seperti pagar, papan nama, dan lainnya juga perlu didekorasi hingga menyerupai rumah adat padang.

Namun, apabila rumah makan itu menawarkan makanan modern, maka sesuaikan dekorasinya dengan asal makanan itu. Misalnya jika itu burger, maka Anda bisa memilih untuk mengecat dindingnya dengan suasana asal makanan burger. Selain itu, bisa juga dengan mengecat gambar burger atau dengan mengecatnya dengan nuansa modern, misalnya dengan corak atau liris yang unik.

4. Berikan Suasana Yang Bersih, Unik, Sejuk
Melariskan toko bisa dilakukan dengan menghadirkan suasana bersih, sejuk dan unik pada tempat bisnis Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan cara selalu merawat, menjaga, dan membersihkan barang-barang serta lingkungan yang ada disekitar tempat bisnis Anda. Selain itu, menghadirkan nuansa sejuk (fresh) juga akan memberikan pengalaman tersediri bagi pengunjung. Nuansa sejuk bisa dibuat dengan membuat air terjun mini yang mengalir disamping rumah makan atau dengan menanam tanaman hijau. Hampir semua pengunjung akan senantiasa merasa nyaman dan betah jika berada ditempat bersih dan sejuk.

Dengan demikian, akan ada suatu kemungkinan bahwa pengunjung tersebut akan mengungkapkan rasa betahnya kepada teman-temannya yang lain sehingga semua orang akan penasaran dan ingin mengunjunginya. Selain itu, jika ada suatu keunikan pada tempat bisnis Anda (namanya, suasana, makanan & produk, pelayanan) maka hal tersebut akan menjadi pembeda antara bisnis Anda dengan yang lain.

5. Pelayanan/Service
Memberikan pelayanan yang baik dan ramah terhadap pengunjung juga merupakan poin penting yang tak boleh terlewatkan. Pengunjung akan lebih mudah mengenali tempat bisnis kalau tempat itu memberikan pelayanan yang baik dan ramah. Tujuan hal ini akan membuat orang lebih menyukai tempat bisnis Anda daripada yang lain.

6. Pengemasan/Penyajian
Jika tempat bisnis Anda berupa toko, maka kemaslah produk yang dipesan oleh pembeli dengan kemasan yang sebaik, sekuat, seaman dan serapi mungkin. Tujuannya adalah supaya produk tersebut selalu terlindungi sehingga tidak akan mudah rusak. Tak hanya itu, membungkusnya dengan kemasan yang unik atau dengan menampilkan atraksi "pengemasan" super cepat juga bisa memberikan kesan tersendiri pada tempat bisnis Anda.

Namun, apabila bisnis Anda mengenai rumah makan, maka sajikan makanan dengan penyajian yang sebaik mungkin. Bila perlu, sajikan makanan dengan hiasan atau piring yang unik. Mempertontonkan atraksi unik dalam penyajian makanan juga bisa menjadi tontonan yang memiliki kesan tersendiri. Misalnya adalah tontonan kopi yang ditarik-tarik.

7. Buatlah Perizinan Label Halal dan Dinas Kesehatan secara Legal
Jika Anda adalah seorang muslim yang memiliki bisnis rumah makan, maka sesegera mungkin buatlah label Halal. Label ini bisa didapatkan setelah Anda mengajukannya kepada pihak yang berwenang. Ingat, jangan anggap label itu hanya sekedar label biasa. Label itu harus didukung dengan fakta yang sebenarnya. Jadi, sediakan makanan yang halal baik asal muasalnya, jenis makanannya, atau bagaimana ia disembelih. Selain itu, dapur sebuah rumah makan hendaknya harus selalu bersih dan suci.

Dengan demikian, makanan yang disajikan akan selalu terjaga kebersihan dan kehigienisannya. Selain label halal, izin dinkes atau dinas kesehatan juga harus dimiliki. Ini semua penting agar pengunjung tahu apakah kehalalan makanan itu terjamin atau diragukan. Apakah kesehatan atau higienisan makanan itu telah terstandarisasi atau sebaliknya. Suatu bisnis makanan yang memiliki izin halal dan dinkes umumnya akan lebih dipilih oleh pengunjung daripada yang tidak memiliki izin sama sekali.

8. Hindari Memelihara Hewan Haram
Jika Anda adalah seorang muslim yang memiliki bisnis rumah makan, maka hendaknya jangan memelihara hewan-hewan seperti anjing dan babi. Hewan ini akan membawa najis berat dan sudah pasti pengunjung muslim tidak akan mengunjungi rumah makan Anda. Kotoran yang ada pada kedua hewan ini tidak sedikit membawa dampak buruk penyakit berbahaya. Supaya bisnis Anda laris manis, makanya hindari dua hewan ini.

9. Promosi/Iklan
Melakukan promosi atau membuat iklan tujuannya adalah untuk memperkenalkan suatu produk atau tempat usaha agar semakin dikenal orang banyak. Dengan semakin terkenalnya suatu bisnis, maka akan semakin menarik minat banyak pengunjung untuk mengunjunginya. Tentunya pengunjung akan mau datang kembali bila poin-poin sebelumnya telah terpenuhi.

Ini akan menambah penghasilan Anda secara drastis. Tetapi ingatlah untuk selalu membuat iklan yang menarik tetapi tidak harus dengan menggunakan model wanita. Menampilkan produk atau tempat bisnis dengan tampilan yang semenarik mungkin sebenarnya sudahlah cukup.

Anda bisa mempromosikan bisnis Anda melalui koran, majalah, radio, televisi, internet atau juga bisa melalui situs yang Anda baca ini. Ingat, harga yang ditarifkan oleh tiap-tiap media akan selalu berbeda. Ada yang mahal dan ada juga yang murah. Tergantung ada berapa banyak orang yang menonton, membaca, mendengar, mengunjungi media tersebut. Untuk saat ini televisi dan internet adalah media yang memiliki potensi yang besar. Sayangnya, biaya iklan ditelevisi sangatlah mahal. Namun tidak di internet, Anda bisa mempromosikan bisnis Anda di internet dengan biaya murah. Anda pun bisa membuat iklan di situs ini.

10. Do'a
Sebenarnya Do'a adalah hal yang paling penting untuk mendukung kesuksesan bisnis seseorang. Oleh karena itu, berdo'a-lah kepada Allah SWT. dengan do'a yang dianjurkan dalam agama Islam. Selain berdo'a, ingatlah untuk selalu mengerjakan shalat lima waktu dengan tepat waktu. Hal ini sebagai bukti kalau Anda telah beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

Related Posts

Cara Melariskan Toko, Rumah Makan, Restoran Tanpa Bantuan Jin
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.