Sunday, 15 May 2016

Biografi Satya Nadella ~ CEO Microsoft

Satya Narayana Nadella adalah seorang pebisnis eksekutif berkewarganegaraan Amerika Serikat yang lahir di India. Nadella pernah bekerja sebagai staf teknologi di perusahaan Sun Microsystems sebelum pada akhirnya ia bergabung dengan perusahaan Microsoft pada 1992. Diperusahaan Microsoft, Satya Nadella awalnya dipercayakan sebagai Executive Vice President di Microsoft Cloud and Enterprise Group dan bertanggung jawab atas bertanggung jawab untuk membangun serta menjalankan Platform Computing Enterprise, Developer Tools dan layanan Cloud Computing. Namun sekarang ia diangkat menjadi CEO (Chief Executive Officer) Microsoft pada tanggal 4 Februari 2014.
Satya Nadella
Awal kehidupan Satya Nadella

Satya Nadella lahir pada tanggal 19 Agustus 1967 di Anantapur, Andhra Pradesh, India dalam sebuah keluarga yang berbahasa Telugu. Ayahnya, Bukkapuram Nadella Yugandher, adalah seorang PNS dari Layanan Administrasi India. Nadella bersekolah di sekolah umum yang berada di Hyderabad, Begumpet sebelum mencapai gelar serjana di bidang teknik listrik dari Institut Teknologi Manipal pada tahun 1998 (kemudian berafiliasi dengan Universitas Mangalore), Manipal, Karnataka.

Satya Nadella kemudian melakukan perjalanan ke Amerika Serikat untuk belajar dan meraih gelar MS dalam bidang Ilmu Komputer di University of Wisconsin Milwaukee. Di sana ia pun menerima gelar pada tahun 1990. Kemudian ia menerima gelar MBA dari University of Chicago Booth School of Business.

Nadella berkata "selalu ingin membangun sesuatu". Ia tahu bahwa ilmu komputer adalah apa yang ia ingin kejar, tapi semangat itu pada tahap dewasa sebelum waktunya selama belajar di Manipal University. "Dan sehingga [teknik listrik] adalah cara yang hebat bagi saya untuk pergi menemukan apa ternyata menjadi gairah," katanya.

Karir Satya Nadella
Nadella pernah bekerja di perusahaan Sun Microsystems sebagai anggota staf teknologi sebelum pada akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan Microsoft pada tahun 1992. Setelah bergabung dengan Microsoft, Nadella kemudian membuat proyek­proyek besar termasuk langkah perusahaan untuk komputasi awan dan pengembangan salah satu infrastruktur cloud terbesar di dunia. Nadella bekerja sebagai senior wakil presiden Penelitian dan Pengembangan (R & D) untuk Divisi Layanan Online dan wakil presiden dari Divisi Bisnis Microsoft.

Kemudian, ia membuat presiden Microsoft $ 19.000.000.000 Server dan Alat Bisnis dan memimpin transformasi bisnis dan teknologi budaya perusahaan dari jasa klien untuk infrastruktur cloud dan service. Dia telah diamanahkan untuk membantu mengembangkan database Microsoft, Windows Server dan alat pengembang Azure Cloud. Pendapatan dari Cloud Services naik menjadi $ 20,3 juta pada bulan Juni 2013 dari sebelumnya $ 16.6 juta ketika ia mengambil alih pada tahun 2011. Pada tahun 2013, gaji pokok Nadella adalah hampir $ 700.000, untuk kompensasi total, dengan bonus saham, dari $ 7.600.000. Nadella sendiri pernah memegang beberapa jabatan di Microsoft seperti diantaranya:
  • Presiden Server & Peralatan Divisi (Februari 9, 2011 ­ Februari 2014)
  • Senior Vice­President of research dan Pengembangan untuk Divisi Layanan Online (Maret 2007 ­ Februari 2011)
  • Wakil Presiden Divisi Bisnis
  • Corporate Vice­President ofBusiness Solutions dan Search & Advertising Platform Grup
  • Executive Vice­President ofCloud dan Enterprise kelompok
Kehidupan pribadi
Pada tahun 1992, Nadella menikahi Anupama, seorang putri yang ayahnya adalah India Administration Service (IAS) batchmate, KR Venugopal. Keluarganya telah saling kenal selama tiga puluh tahun dan pernikahan kemudian diatur dengan cara  biasa India oleh orang tua mereka. Pasangan ini memiliki tiga anak, seorang putra dan dua putri, dan tinggal di Bellevue, Washington. Nadella adalah pembaca setia Amerika dan puisi India. Dia juga memiliki minat dalam kriket, setelah bermain di tim sekolahnya. Dia telah disebut­sebut memiliki pembelajaran sesuatu tentang kepemimpinan dan kerja sama tim dari kriket.

Related Posts

Biografi Satya Nadella ~ CEO Microsoft
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.