Wednesday, 11 May 2016

Biografi Rajeev Suri ~ CEO Nokia

Rajeev Suri adalah seorang CEO (Chief Executive Officer) dari perusahaan teknologi Nokia. Ia ditetapkan menjadi CEO Nokia sejak bulan Mei 2014. Sebelumnya, ia pernah menjabat diberbagai posisi di perusahaan tersebut semenjak bergabung dengan Nokia pada tahun 1995. Salah satu posisi yang pernah ia jabat adalah menjadi CEO di Nokia Solutions and Network pada tahun 2009.


Rajeev Suri menjadi CEO Nokia sejak saat divisi Nokia dijual kepada perusahaan Microsoft. Ia merupakan seorang Sarjana Teknik dari Manipal Institute of Technology dan pernah bekerja untuk berbagai perusahaan multinasional di India dan Nigeria, sebelum akhirnya bergabung dengan perusahaan Nokia.

Rajeev Suri lahir di New Delhi, India pada tahun 1967 dari sepasang suami istri Yashpal dan Asha. Ayah Rajeev Suri berasal dari wilayah Punjab namun pada tahun 1958 orang tuanya pindah dari India ke Kuwait. Di sana ayahnya merupakan seorang pengusaha yang menekuni bisnis impor mobil dan di sana pula-lah Rajeev Suri dibesarkan sampai tahun 1985.

Dia berbicara dengan menggunakan bahasa Hindi di rumah dan di sekolah India Community School. Di Kuwait ia mulai belajar membaca dan menulis dalam bahasa Arab. Rajeev Suri sempat mempelajari Elektronika dan Teknik Komunikasi di Manipal Institute of Technology, India.

Perjalanan Karir Rajeev Suri Semasa Hidup

Sebelum bergabung dengan perusahaan Nokia, Rajeev Suri pernah bekerja di Calcom Electronics dan ICL di India serta di perusahaan Churchgate Group di Nigeria. Pada tahun 1995, Suri kemudian bergabung dengan perusahaan Nokia. Di perusahaan tersebut Rajeev Suri berperan untuk mendorong pendapatan Nokia Siemens Networks 'Layanan unit bisnis di perusahaan untuk tumbuh dari kurang dari sepertiga sampai setengah. Rajeev Suri termotivasi oleh perusahaan untuk membuat Layanan Hub baru di India.

Sebelum menuju layanan, Rajeev Suri pernah memimpin operasi Asia Pasifik dari April 2007 sampai November 2007. Dari tahun 1995 hingga Maret 2007, Rajeev Suri bekerja pada sejumlah tugas di Nokia Networks di Pengembangan Bisnis, Pemasaran, Penjualan, Strategi dari India, Finlandia, Inggris dan Singapura.

Rajeev Suri diikuti Simon Beresford­Wylie sebagai CEO dari NSN pada bulan Oktober 2009 setelah Nokia Networks dan Siemens Networks telah dilebur. Dia dianggap sebagai 'spesialis turnaround' di kalangan teknologi global.

Pada tanggal 23 November 2011, Rajeev Suri mengumumkan bahwa perusahaan berencana untuk merumahkan 17.000 pekerjaan pada akhir tahun 2013 guna memungkinkan NSN untuk memfokuskan kembali pada peralatan mobile broadband, yang merupakan segmen yang tumbuh paling cepat di pasar.

Pengurangan pekerja ini akan memangkas tenaga kerja perusahaan tersebut sebesar 23 persen dari total 74.000. Pemotongan diikuti oleh NSN dengan melakukan pembelian Motorola sebesar $ 1200000000 pada bulan Juli 2010, dan menambahkan staf serta akan membantu perusahaan memangkas biaya operasional tahunan oleh $ 1350000000 pada akhir 2013.

Pada tanggal 29 April 2014, Rajeev Suri ditunjuk sebagai CEO baru Nokia. Hal ini terjadi adalah setelah Nokia membeli kembali kendali penuh NSN dan menjual divisi ponsel Nokia untuk Microsoft. Rajeev Suri adalah salah satu orang langka sebagai eksekutif perusahaan top yang telah mencapai ketinggian tanpa mengejar setiap gelar MBA / PG.

Kehidupan pribadi Rajeev Suri

Rajeev Suri berbasis di Espoo, Finlandia, markas Nokia. Istrinya bernama Nina Alag Suri adalah pendiri sekaligus CEO dari pencari eksekutif bisnis Nastrac Group. Anaknya yang bernama Anish tinggal di Singapura tapi sekarang studi bisnis di The University ofEdinburgh. Anak sulung nya Ankit sedang mempelajari komposisi musik di Boston di Berklee College ofMusic. Ia telah tinggal di 7 negara termasuk India, Kuwait, Finlandia, United Kingdom, Nigeria, Jerman dan Singapura. Rajeev Suri adalah penggemar kebugaran. Dia adalah seorang pencinta musik avid.

Related Posts

Biografi Rajeev Suri ~ CEO Nokia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.