Sunday, 15 May 2016

Biografi David Karp ~ Pendiri Tumblr Yang Dibeli Yahoo

David Karp adalah seorang pengembang website sekaligus pengusaha asal negara adidaya, Amerika Serikat. Dia merupakan pendiri dan juga CEO (Chief Executive Officer) dari layanan microblog Tumblr. Tumblr adalah sebuah website yang menyediakan layanan blogging yang hampir sama seperti Blogger. Tumblr sendiri dibuat oleh David Karp sewaktu masih berumur 19 tahun. Hingga kini Tumblr diakuisisi oleh Yahoo dengan nilai sekitar 10 Triliun. Berdasarkan majalah Forbes, kekayaan bersih yang dimiliki David Karp setidaknya lebih dari $200 juta, sementara Tumblr bernilai $800 juta.

David Karp awalnya memulai karir pertamanya sebagai pekerja magang di perusahaan animasi Frederator Studios yang dimiliki oleh Fred Seibert. Di tempat magang ini, ia mulai membangun platform studio pertama untuk blogging dan dipahami, tulis dan diedit jaringan internet pertama mereka, Channel Frederator.

Karp kemudian melanjutkan kerja untuk sebuah forum orang tua secara online, UrbanBaby, yang sampai akhirnya dijual ke CNET pada tahun 2006. Karp kemudian mendirikan perusahaan konsultasi softwarenya sendiri yang bernama Davidville. Diperusahaannya ini, ia bekerja dengan seorang insinyur komputer yang bernama Marco Arment untuk menyelesaikan beberapa proyek pesanan dari klien mereka. Karena adanya kesenjangan kontrak pada tahun 2006, keduanya pun mulai untuk membuat sebuah situs microblogging yang pada akhirnya diluncurkan pada bulan Februari 2007 dengan membawa nama Tumblr.

Pada bulan Agustus 2009, Karp masuk dalam daftar "Pengusaha Teknologi Muda Terbaik 2009" versi BusinessWeek. Pada tahun 2010, Karp masuk dalam sebuah daftar yang bertajuk "35 inovator terbaik di dunia di bawah 35 tahun" versi MIT Technology Review TR35. Pada tangal 19 Mei 2013, Tumblr telah memiliki 108 juta pengguna terdaftar. Hingga pada tanggal 1 April 2016, Tumblr memiliki sekitar 287,6 juta blog yang dihostkan.

Pada tanggal 20 Mei 2013, David Karp mengumumkan bahwa perusahaan Yahoo! dan Tumblr telah mencapai kesepakatan yang dimana Yahoo! akan mengakuisisi Tumblr sebesar $ 1,1 miliar. Daud Karp sendiri akan tetap menjadi CEO perusahaan Tumblr.

Daud Karp lahir pada tanggal 6 Juli 1986 di New York City dan dibesarkan di Upper West Side, Manhattan. Ayahnya bernama Michael D. Karp, merupakan seorang komposer film dan televisi. Sementara ibunya bernama Barbara Ackerman, merupakan seorang guru dari San Anselmo, California. Karp memiliki adik yang bernama Kevin. Latar belakang budaya dan etnis keluarga David Karp adalah Yahudi.

Orang tua Karp berpisah saat ia berusia 17 tahun. David Karp belajar di sekolah Calhoun semenjak berusia 3 tahun sampai kelas 8 dan di sana pula ibunya mengajar ilmu pengetahuan. Ketika berusia 11 tahun, ia mulai mempelajari HTML dan segera merancang website untuk bisnis. Karp pernah bersekolah di Bronx Science selama satu tahun hingga pada akhirnya memilih keluar pada usia 15 tahun dan memutuskan untuk sekolah di rumah (homeschooling).

Pada saat itu, David Karp memiliki semangat untuk masuk ke sebuah perguruan tinggi di New York atau MIT. Ia berpikir untuk menarik perhatian perguruan tinggi itu dengan sejumlah pengalamannya selama homeschooling dan juga proyek­proyeknya. Namun, Karp tidakk pernah kembali ke sekolah tinggi atau pun memperoleh ijazah SMA­nya.

Marco Arment, karyawan pertama Tumblr, akakemudian ingat bahwa Karp sangat ingin menghindari membiarkan dirinya akan asumsi mengenai usia orang tentang dirinya "dia ingin tetap tenang selama dia bisa, karena dia tahu bahwa secepat itu keluar, setiap cerita tentang Tumblr akan hanya menjadi sekitar pemuda Daud."

Karir David Karp

Karp mulai magang semenjak berusia 14 tahun di perusahaan animasi Fred Seibert, pendiri Frederator Studios. Ibu Karp telah mengajar anak­anak Seibert di Sekolah Calhoun dan berteman dengan istrinya Fred Seibert. Karp terpesona dengan karya insinyur komputer Frederator dan ia jadi sering mengunjunginya secara rutin. Setelah ia mulai homeschooling, Karp juga mulai mengambil kelas Bahasa Jepang di Japan Society dan melihat pengajar matematika. Bersama pengajar matematika tersebut Karp membuat perangkat lunak untuk menghitung peluang memang blackj@ck dan p0ker.

Saat seorang pengusaha bernama John Maloney meminta bantuan teknis dari UrbanBaby, forum rumah tangga online, seorang karyawan Frederator menyarankan Karp untuk menyelesaikan pekerjaan itu. Karp kemudian menyelesaikan proyek tersebut hanya dalam empat jam, padahal waktu yang diberikan beberapa hari.

John Maloney kemudian menjadikan Karp yang saat itu masih berusia 16 tahun sebagai kepala divisi produk UrbanBaby. Selain tu, ia juga memberikan Karj sejumlah kecil saham perusahaan. Ketika berusia 17 tahun, saat masih bekerja di UrbanBaby, Karp pindah saja ke Tokyo selama lima bulan. Waktu itu, Karp sebenarnya belum pernah bertatap muka dengan orang­orang UrbanBaby, dan mereka pun baru menyadari kalau Karp sedang tidak berada di New York setelah dua dan tiga bulan ia pindah. Karp pernah mengaku bahwa karena merasa kalau dirinya masih sangat muda, ketika sedang berkomunikasi melalui telepon dengan klien ia lebih sering menyamarkan suaranya supaya terdengar lebih berat.

Karp meninggalkan UrbanBaby setelah perusahaan itu dijual ke CNET pada tahun 2006. Berbekal dari uang hasil penjualan sahamnya, Karp mulai mendirikan sebuah perusahaan konsultan software sendiri yang bernama Davidville, seraya membayangkan campuran proyek klien dan produk sendiri.

Marco Arment bergabung dengan perusahaan sebagaii seorang insinyur komputer setelah membalas iklan Karp di Craigslist Ad. Karp telah tertarik pada tumblelogs untuk beberapa waktu dan tengah menunggu sampai ada salah satu platform blogging yang mendirikan untuk memperkenalkan platformnya sendiri.

Lantaran enggak ada seorang pun yang melakukannya setelah menunggu selama satu tahun, Karp dan Arment kemudian mulai bekerja pada platform tumblelogging mereka sendiri saat ada waktu kosong selama dua minggu antara kotrak pada tahun 2006. Setelah selesai, proyek Tumblr kemudian diluncurkan pada bulan Februari 2007 dan dalam waktu dua minggu, layanan ini telah mendapatkan sekitar 75 ribu pengguna.

Pada bulan Oktober 2007, Karp pun menutup bisnis konsultasi setelah pekerjannya di Tumblr mulai mengganggu proyek kliennya. Davidville pun berganti nama jadi Tumblr, Inc. Sekitar 25 persen saham dari perusahaan tersebut dijual ke sekelompok kecil investor. Pada tanggal 19 Mei 2013, Tumblr mempunyai lebih 108 juta blog yang dihostkan. Pada 20 Mei 2013, diumumkan bahwa perusahaan Yahoo! setuju untuk mengakuisisi Tumblr senilai $1,1 miliar. Dan David Karp pun tetap menjabat sebagai CEO.

Kehidupan pribadi David Karp

Sejak 2009, pasangan Karp adalah Rachel Eakley, lulusan psikologi dan keperawatan siswa. Namun, pasangan ini mengalamai perpecahan pada tahun 2014. Mereka tinggal bersama di Williamsburg dengan anjing peliharaan mereka, Clark. Karp telah memiliki investasi pribadi ke beberapa perusahaan termasuk Superpedestrian, Inc., perusahaan di balik Copenhagen Wheel, dan Sherpaa, Inc., startup di balik aplikasi kesehatan dengan nama yang sama.

Related Posts

Biografi David Karp ~ Pendiri Tumblr Yang Dibeli Yahoo
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.