Tuesday, 19 April 2016

Pengertian Teks Cerita Fiksi Beserta unsur

Apa itu teks cerita fiksi, apa sih arti cerita fiksi dan apa makna fiksi? Semua pertanyaan seperti ini mungkin kerap dilontarkan beberapa orang yang sedang bingung akan pengertian fiksi. Istilah fiksi memang kerap diucapkan oleh banyak orang yang sedang berbicara tentang suatu cerita maupun film. Namun demikian, sebenarnya apa sih pengertian Fiksi secara sesungguhnya? Simak ulasannya berikut ini:

ilustrasi fiksi (ufo)
Fiksi merupakan sejenis karangan cerita bebas yang bersifat khayalan alias tidak nyata. Meski bersifat khayalan, namun jalan ceritanya tetap nampak logis dan bisa juga di dalamnya terkandung unsur kebenaran yang menceritakan suatu hubungan antar manusia satu dengan manusia yang lain.

Adapun kebenaran yang ada di dalam dunia khayalan (fiksi) berasal dari gagasan pemikiran atau pandangan seorang pengarang terhadap suatu problematika kehidupan yang ada. Kebenaran yang ada di dalamnya pun tak harus melulu sesuai dengan kebenaran yang ada pada dunia nyata. Misalkan, kebenaran dari sisi agama, moral, aturan hukum, logika, dan lainnya.

Dalam cerita fiksi diharuskan untuk memiliki unsur-unsur tertentu: unsurnya itu adalah sebagai berikut:

Unsur intrinsik adalah bagian-bagian atau unsur sebuah cerita fiksi yang membangun karya itu sendiri.

Sementara unsur ekstrinsik merupakan unsur yang menggambarkan karya sastra dari luar karya sastra itu, meski sebenarnya tetap mempengaruhi pembangun atau sistem karya sastra yang bersangkutan.

Dengan informasi yang mengenai pengertian teks cerita fiksi ini, mungkin dapat membuat tugas bahasa indonesia Anda menjadi cepat selesai. Sehingga tidak dihukum atau mendapat nilai yang rendah. Dengan begitu, kemungkinan besar nilai rapot pun menjadi lebih tinggi. Namun jangan pula untuk menyertai Do'a kepada Allah SWT. agar semuanya menjadi berkah.

Related Posts

Pengertian Teks Cerita Fiksi Beserta unsur
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.