Thursday, 28 April 2016

Pengertian Software (Perangkat Lunak), Fungsi, Tujuan, Jenis, Contoh

Komputer tidak hanya terdiri dari perangkat keras saja (contoh perangkat keras, monitor, CPU, keyboard, mouse, speaker, motherboard, prosesor, hdd, memory dan sebagainya). Akan tetapi komputer juga terdiri dari perangkat lunak. Perangkat lunak merupakan unsur penting yang ada di dalam komputer. Tanpa adanya perangkat lunak, komputer seolah-olah bagaikan benda ronsokan yang tak memiliki fitur serta kegunaan. Oleh sebab itu, keberadaan perangkat lunak di komputer adalah hal wajib yang tak boleh ditinggalkan. Namun begitu, sebenarnya apa sih itu Perangkat Lunak. Apa pengertian perangkat lunak, apa arti perangkat lunak? Simak pengertian perangkat lunak berikut ini.

Perangkat lunak (Bahasa Inggrisnya: Software) adalah bagian penting dari sistem komputer yang terdiri dari informasi atau intruksi komputer yang dikodekan. Perangkat keras (hardware) berbeda dengan perangkat lunak (software). Jika selama ini perangkat keras bisa disentuh langsung oleh tangan (misalnya:monitor), namun tidak dengan perangkat lunak.

Perangkat lunak atau software memang tidak bisa disentuh langsung dengan tangan, akan tetapi ia bisa dijalankan atau dipakai bila di perintah oleh pengguna komputer. Misalnya ketika seorang pengguna komputer ingin membuka software Microsoft Office, maka pengguna komputer itu harus terlebih dahulu memerintahnya dengan mengklik dua kali pada shortcut (ikon) Microsoft Office (Contoh ini berlaku pada sistem operasi Windows, sistem operasi lain bisa disesuaikan).

Istilah "software" sendiri pertama kali diusulkan oleh Alan Turing dan kemudian pengertiannya digunakan oleh John W. Tukey pada tahun 1957. Dalam dunia komputer dan software engineer (rekayasa perangkat lunak), perangkat lunak komputer adalah semua informasi yang diproses oleh sistem komputer, baik itu program maupun data. Perangkat lunak komputer meliputi program komputer, library (perpustakaan), data yang terkait non­executable, misalnya dokumentasi online atau media digital.

Hardware komputer dan software membutuhkan sesungguhnya saling membutuhkan satu sama lain dan pada kenyataannya, masing-masing kedua unsur komputer ini tidak dapat bekerja sendiri-sendiri.

Sekarang ini, kebanyakan software ditulis dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang lebih mudah dan lebih efisien untuk programmer. Agar dapat diterima mesin, bahasa tingkat tinggi terlebih dahulu harus diterjemahkan ke dalam bahasa mesin dengan memakai compiler atau interpreter atau juga kombinasi keduanya.

Selain bahasa tingkat tinggi, perangkat lunak juga dapat ditulis dalam tingkat bahasa rendah assembly. Pada dasarnya, ketidak jelasan akan dibantu dengan representasi dari bahasa mesin menggunakan alfabet bahasa alami, yang diterjemahkan ke dalam bahasa
mesin menggunakan assembler.

Fungsi Perangkat Lunak (Software)

Sebagai aplikasi/program tambahan yang menyediakan berbagai fungsi khusus. Fungsi yang ada tentunya beragam dan tergantung dari apa nama aplikasi/program itu misalnya Microsoft Word untuk membuat dokumen, Google Chrome untuk menjelajahi internet, Photoshop untuk keperluan editing foto dan lainnya.

Tujuan software
Berdasarkan Tujuan software atau perangkat lunak dapat dibagi menjadi beberapa, antara lain:

1. Aplikasi perangkat lunak (software application)
Aplikasi perangkat lunak (software application) merupakan perangkat lunak yang menggunakan sistem komputer untuk tujuan melakukan fungsi khusus atau menyediakan fungsi hiburan di luar sistem operasi dasar komputer itu sendiri.

2. Perangkat lunak sistem (software system)
Perangkat lunak sistem merupakan perangkat lunak yang secara langsung mengoperasikan perangkat keras komputer (hardware). Untuk tujuan menyediakan fungsionalitas dasar yang dibutuhkan oleh pengguna dan perangkat lunak lain serta untuk menyediakan platform untuk menjalankan aplikasi perangkat lunak. Adapun perangkat lunak sistem meliputi:

A. Perangkat Lunak Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan bagian penting dari perangkat lunak yang tujuannya untuk mengelola sumber daya dan menyediakan layanan umum untuk perangkat lunak lain yang sedang berjalan "di atas" sistem operasi itu sendiri. Program sistem operasi misalnya saja adalah Program Pengawas, boot loaders, shells dan sistem jendela adalah bagian inti dari sistem operasi. Dalam prosesnya, sistem operasi dibundel dengan software tambahan (termasuk perangkat lunak aplikasi) sehingga pengguna dapat berpotensi untuk melakukan beberapa pekerjaan dengan komputer yang telah terinstal sistem operasi.

B. Perangkat Lunak Driver
Driver perangkat merupakan program yang tujuannya untuk mengoperasikan atau mengendalikan suatu jenis perangkat yang terpasang pada komputer. Setiap perangkat membutuhkan setidaknya satu driver perangkat yang sesuai. Hal ini karena komputer biasanya memiliki minimal setidaknya ada satu perangkat input dan setidaknya satu perangkat output. Kadang beberapa komputer juga bisa membutuhkan lebih dari satu driver.

C. Perangkat lunak Utilitas
Utilitas merupakan program komputer yang dirancang untuk membantu pengguna dalam pemeliharaan dan perawatan komputer mereka. Misalnya saja perangkat lunak Defragment, System tools, Recyle Bin dan sebagainya.

3. Perangkat Lunak Berbahaya (Malware)
Perangkat lunak berbahaya atau malware merupakan perangkat lunak yang dikembangkan untuk tujuan membahayakan dan mengganggu komputer. Dengan demikian, artinya pengguna komputer manapun tidak ingin perangkat lunak ini. Malware sendiri sangat erat kaitannya dengan kejahatan yang berkaitan dengan komputer, meskipun beberapa program berbahaya mungkin ada sebagai lelucon praktis.

Related Posts

Pengertian Software (Perangkat Lunak), Fungsi, Tujuan, Jenis, Contoh
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.