Monday, 25 April 2016

Pengertian Reklamasi dan Dampak Baik Buruknya

Pastinya kamu bakal penasaran bila ada istilah yang terdengar tak biasa di telinga sedang jadi bahan pembicaraan hangat di pelbagai media khususnya Televisi. Kamu akan dibuat bingung dan penasaran apa arti istilah itu. Dan salah satu istilah yang baru-baru ini mencuat adalah reklamasi. Ya, istilah ini memang terdengar asing bila kita baru mendengarnya. Padahal istilah ini sudah lama ada dan ia pun tercatat di dalam kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI. Sebenarnya apa sih arti reklamasi? Simak ulasan tentang pengertian reklamasi berikut ini.

ilustrasi alat berat
Reklamasi bahasa inggrisnya reclamation yang artinya pekerjaan memperoleh tanah. Sementara pengertian reklamasi menurut KBBI ada 3 (tiga) yaitu 1. bantahan atau sanggahan (dengan nada keras) 2. usaha memperluas tanah (pertanian) dengan memanfaatkan daerah yang semula tidak berguna (misal dengan cara menguruk daerah rawa-rawa) 3. pengurukan (tanah).

Pengertian reklamasi menurut istilah adalah kegiatan yang dilakukan orang atau beberapa orang untuk meningkatkan sumber daya lahan (tanah) dengan meninjau sudut pandang lingkungan dan sosial ekonomi dengan cara pengurukan, pengeringan lahan dan drainase.

Dengan meninjau kedua pengertian di atas, dapat di simpulkan bahwa reklamasi merupakan suatu usaha untuk memperbaiki lingkungan rusak atau berair agar menjadi layak dan bermanfaat digunakan. Beberapa daerah yang bisa dreklamasi misalnya adalah daerah pantai atau pesisirnya, teluk, danau, sawah, hutan, rawa-rawa dan sebagainya.

ilustrasi alat berat
Reklamasi sendiri dilakukan untuk tujuan tertentu seperti untuk tujuan komersial, sosial dan lainnya. Tujuan komersial misalnya untuk keperluan keuntungan seperti halnya membangun lokasi wisata, mall, hotel, restoran dan sebagainya di atas lahan hasil reklamasi. Sementara tujuan sosial untuk keperluan bantuan atau donasi seperti misalnya guna membangun rumah bagi warga miskin di atas lahan hasil reklamasi.

Di samping kegunaannya yang berguna, namun tetap saja melakukan reklamasi mempunyai dampak positif dan negatifnya. Dampak positifnya ya seperti dua tujuan di atas (komersial & sosial). Sementara negatifnya adalah berikut ini

Meskipun tujuannya adalah memperbaiki lingkungan rusak menjadi bermanfaat, tapi tetap ada dampak kerusakan lain yang juga di timbulkan, misalnya kerusakan laut yang menyebabkan ikan pada berlarian. (ini untuk dampak pada reklamasi pantai dan teluk).

Related Posts

Pengertian Reklamasi dan Dampak Baik Buruknya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.