Tuesday, 19 April 2016

Pengertian Periferal, Jenis dan Contohnya

Apa itu periferal dan apa saja contohnya? Pertanyaan semacam ini kerap dilontarkan beberapa kalangan khususnya para pelajar TKJ. Ya, memang periferal sendiri memiliki arti yang ada kaitannya dengan pelajaran TKJ alias Teknik Komputer Jaringan. Jika Anda masih bingung dengan makna periferal, sebaiknya jangan terlalu dibawa-bawa. Pasalnya dibawah ini Anda akan disajikan pengertian periferal menurut KBBI dan Istilah. Jadi, Anda bisa memilih diantara keduanya atau kedua-duanya.

periferal
Menurut KBBI periferal berarti peranti komputer yang dihubungkan dengan kompresor, seperti halnya monitor, panel kunci ketik, pencetak dan penggerak CD (Compact Disk).

Sementara menurut pengertian secara istilah periferal adalah sebuah perangkat keras yang dijadikan sebagai perangkat tambahan untuk dihubungkan dengan komputer guna menambah atau meningkatkan fungsinya. Sebuah perangkat periferal digunakan untuk menempatkan informasi ke komputer atau mendapatkan informasi dari komputer. Dalam perkembangannya, perangkat periferal dibedakan atas 3 jenis. Pembedaan itu berdasarkan fungsinya, baik itu sebagai masukan, keluaran dan masukan sekaligus keluaran.

Periferal memiliki 3 jenis

1. Periferal perangkat input (masukan)
Yaitu jenis periferal yang berinteraksi dengan atau mengirim data dari pengguna ke komputer. Dengan kata lain, ia bertugas memasukkan perintah dari pengguna ke komputer. Perangkat input yang termasuk dalam hal ini adalah keyboard, touchpad, kamera webcam, pengendali permainan (stick game), mikrofon, mouse, scanner gambar, pembaca barkode,  dan lain-lain.

2. Periferal perangkat output (keluaran)
Yaitu jenis periferal yang memberikan keluaran kepada pengguna dari komputer. Dengan kata lain periferal jenis ini bertugas untuk menghasilkan sesuatu dengan cara mengeluarkannya dari komputer kepada penggunanya. Beberapa perangkat yang termasuk periferal keluaran adalah tampilan monitor, speaker, printer, earphone, proyektor dan lain-lain.

3. Periferal perangkat input dan output (masukan dan keluaran)
Yaitu jenis periferal yang memiliki dua fungsi yakni sebagai masukan dan keluaran. Contoh perangkat yang termasuk input dan output tidaklah banyak. Layar sentuh alias touchscreens adalah contoh perangkat periferal yang memiliki dua fungsi berbeda tapi menjadi sebuah perangkat keras tunggal yang bisa digunakan sebagai perangkat masukan dan keluaran.

Itulah pengertian periferal beserta jenis dan contoh-contohnya. Perangkat periferal memang banyak macamnya, tapi ingat, seiring dengan berkembangnya zaman, maka akan banyak pula contoh periferal baru yang akan bermunculan. Jadi, Anda juga bisa menambahkan contoh periferal yang ada saat ini.

Related Posts

Pengertian Periferal, Jenis dan Contohnya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.