Saturday, 30 April 2016

Pengertian MiFi, Berapa Harga, Apa Fungsi dan Cara Kerjanya


Pasti banyak orang yang bingung serta penasaran dengan arti MiFi. Ya, bagaimana tidak? Sekarang ini istilah MiFi sudah banyak diperbincangan oleh banyak kalangan, khususnya orang-orang IT. Jika tidak mengetahui apa itu MiFi maka sebaiknya jangan dekat-dekat dulu sama orang IT, terlebih saat mereka membicarakan MiFi. Bisa-bisa kamu bakal minder atau dikucilkan nantinya hanya gara-gara engak tahu arti MiFi. Nah, pastinya kamu semua pasti tak ingin hal demikian terjadi bukan! Oleh sebab itu, maka-nya kamu harus membaca definisi MiFi berikut ini.

Pengertian MiFi Berdasarkan Merek Dagang

MiFi adalah sebuah nama merek yang digunakan untuk menggambarkan perangkat router nirkabel yang bertindak sebagai modem sekaligus sebagai hotspot Wi-Fi. Di beberapa negara, termasuk Meksiko, Kanada, dan Amerika Serikat. Novatel Wireless mempunyai merek dagang terdaftar dari "MiFi" sebagai nama merek. Berbeda di Inggris, dimana operator 3 memiliki "MiFi" sebagai merek dagang.

Pengertian MiFi Secara Umum

MiFi merupakan sebuah produk pemancar Wi-Fi yang sama seperti router, hanya saja ia dapat bertindak sebagai modem serta ukurannya yang relatif lebih kecil dan minimalis sehingga memungkinkannya bisa dengan mudah dibawa ke mana-mana.

Jadi, jika punya perangkat MiFi, maka kamu bisa menyambungkan ponsel pintar (smartphone) ke jaringan Wi-Fi yang ada di MiFi, tanpa harus menggunakan modem tambahan seperti ADSL ataupun USB. Hal ini karena MiFi sendiri sudah termasuk sebagai router sekaligus modem. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan Wi-Fi untuk mengakses internet dimana pun dan kapan pun selama sinyal jaringannya cukup memadai dan paket internet yang ada didalam kartu (kartu SIM) masih tersedia. Jika tidak tersedia kamu bisa mengisi ulang pulsanya dan membeli paket internet lagi.


Nama Merek Dagang MiFi

Novatel Wireless memiliki sebuah merek dagang terdaftar dengan nama "MiFi" sebagai merek di Amerika Serikat (termasuk Puerto Rico), dan sejumlah negara di seluruh dunia termasuk itu Mesir, Bahrain, India, Pakistan, Jerman, Ghana, Kanada, Jepang, Hongaria, Kuwait, Belanda, Meksiko, Polandia, Qatar, Selandia Baru, Portugal, Singapura, Romania, Afrika Selatan, Slovenia, Thailand dan Spanyol. Kecuali di Inggris, yang mana operator selular 3 memiliki "MiFi" sebagai merek dagang.

Cara Kerja MiFi

Sebuah perangkat MiFi memungkinkan ia dapat terhubung ke jaringan selular sekaligus menyediakan fasilitas akses internet. Dalam hal ini MiFi membagikan akses internet melalui gelombang radio sama seperti router (alat pemancar sinyal Wi-Fi). Agar dapat mengakses internet melalui jaringan Wi-Fi yang ada di MiFi, maka sebuah perangkat (laptop, smartphone dll) harus terhubung dengan SSID Wi-Fi dengan cara seperti biasanya. Yakni dengan mengaktifkan fitur Wi-Fi, lalu cari nama SSID Wi-Fi dan pilih dan masukkan password (bila diminta). Sebuah perangkat MiFi sendiri, mampu menampung hingga sepuluh perangkat untuk dapat terkoneksi dengannya.

Teknologi Yang Digunakan MiFi


Sebenarnya setiap perangkat MiFi yang dibuat tipenya berbeda-beda dan karena itu setiap variannya juga memiliki fitur yang berbeda pula. Seiring bekembangnya zaman, maka penambahan fitur-fitur baru mungkin berlaku.
  • MiFI OS atau Linux (dukungan Widget).
  • Jaringan 4G LTE, 3.5 G (HSDPA/HSUPA), 3G, EDGE, GPRS.
  • Slot kartu MicroSD.Port USB/Micro USB.
  • GPS.
  • SMS.
  • Baterai.
  • Dan lainnya.
Harga MiFi atau Modem MiFi
Modem MiFi adalah jenis produk yang dibuat oleh berbagai macam perusahaan. Karena itu, jangan heran kalau harganya akan berbeda-beda dan hal itu tentunya dipengaruhi oleh produsen, tipe dan kemampuan atau fitur yang ada didalamnya. Rata-rata harga Modem MiFi baru berada pada kisaran 140 ribuan hingga jutaan rupiah. Yang mahal pasti punya kelebihan, misalnya dalam hal fitur dan kemampuan baterai.

Related Posts

Pengertian MiFi, Berapa Harga, Apa Fungsi dan Cara Kerjanya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.