Thursday, 28 April 2016

Pengertian Game Offline Secara Lengkap

Mungkin selama ini kita kerap mencari serta mendownload game-game gratis di internet. Namun demikian, apakah Anda tahu jenis apa game yang Anda download itu? Jenis yang dimaksud bukanlah genre game seperti petualangan, perang, balapan dan sebagainya. Akan tetapi jenis game yang dibicarakan adalah jenis game online atau game offline. Kedua istilah ini mungkin selalu diabaikan downloader, Padahal mengetahuinya adalah hal penting.


Game offline adalah sebuah aplikasi permainan yang tidak memerlukan koneksi internet jika dimainkan. Game offline umumnya berupa file yang telah terinstal pada suatu sistem operasi. Game yang terinstal itu bisa dijalankan atau dimainkan meski perangkat yang digunakan tidak sedang terhubung internet. Oleh sebab itu, game yang kalau dimainkan tidak menggunakan koneksi internet disebut game offline.

Game sendiri memiliki arti permainan. Sementara itu, offline berasal dari dua kata yaitu off dan line. Off artinya putus atau mati. Line berarti garis atau saluran. Kalau kedua kata ini digabung terbentuklah kata offline yang memiliki arti saluran terputus. Dalam pengertian lain offline juga bisa berarti suatu yang tidak memerlukan koneksi internet untuk menjalankannya.

Sebelum menjalankan game, pastikan Anda telah memiliki file installer game. File installer ini tipenya bermacam-macam tergantung untuk sistem operasi apa game itu disediakan. Jika menggunakan komputer Windows, umumnya tipe file game memiliki ekstensi *.Exe atau *.MSI. Sementara komputer Mac untuk OS X, file ekstensinya adalah *.DMG. Namun jika sistem operasi mobile seperti Android tipe filenya *.Apk dan sebagainya.

File installer game bisa didapatkan dengan cara mendownloadnya melalui internet, misalnya via toko permainan resmi, website, lampiran email dan sebagainya. Selain mendownloadnya, kamu juga bisa memiliki file installer game dengan mengkopinya dari perangkat lain, disket, flashdisk dan lainnya.

Game offline sendiri memiliki file installer dengan ukuran bervariasi. Mulai dari ukuran kecil, sedang, hingga jumbo. Kecil besarnya ukuran game dipengaruhi beberapa faktor seperti panjangnya cerita game, kualitas grafisnya, fitur yang ada di dalamnya dan sebagainya.

Nah, sekarang jika kamu telah memiliki file installer langkah berikutnya adalah menginstal file itu di sistem operasi hingga prosesnya benar-benar selesai. Kemudian, game tersebut pun siap untuk di mainkan. Anda bisa memainkan game ini dengan santai tanpa perlu terhubung internet. Dengan demikian, game offline akan menghemat baterai perangkat sekaligus menghemat paket data internet Anda.

Kelebihan Game Offline
  • Umumnya lebih memiliki banyak fasilitas yang ada di dalam game.
  • Tampilan grafis yang keren.
  • Tidak memerlukan koneksi internet.
  • Kekurangan Game Offline
  • Harus menginstalnya terlebih dahulu.

Itulah beberapa penjelasan mengenai game offline yang disajikan. Dengan adanya informasi ini diharapkan supaya kamu bisa memilah mana game yang sifatnya online dan offline. Hal demikian penting sekali, mengingat ada banyak orang yang kecewa ketika ingin memainkan game offline malah yang didapatkan game online.

Related Posts

Pengertian Game Offline Secara Lengkap
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.