Tuesday, 26 April 2016

Pengertian Format file .CAB secara Lengkap (Windows)

Format file atau ekstensi file CAB (cab) sangat umum dijumpai pada folder-folder komputer, lebih-lebih yang bersistem operasi Windows. Ya, file CAB memang acap kali berdiam di komputer Windows. Jika baru pertama kali melihatnya, mungkin beberapa pengguna komputer akan langsung menghapusnya dengan dalih khawatir file itu akan merusak komputer. Dengan kata lain mereka beranggapan bahwa file cab adalah file virus. Sebenarnya, file CAB sepenuhnya bukanlah virus.


Pasalnya file CAB adalah format file arsip pada Microsoft Windows yang mendukung kompresi data lossless dan ia sudah tertanam sertifikat digital yang fungsinya untuk mengamankan integritas arsip. Asal penamaan file cab tidak begitu jelas. Menurut pendapat pribadi file cab berasal dari bahasa inggris yaitu cab dan memiliki kepanjangan cabinet. Oleh sebab itu, file cab disebut sebagai file Kabinet.

File kabinet sendiri dikembangkan oleh Microsoft dan memiliki *.cab sebagai ekstensi nama file mereka. Penamaan ekstensi file ini diakui pertama kali oleh mereka 4 byte MSCF. File kabinet awalnya dikenal sebagai file Diamond.

Sebuah arsip CAB dapat memesan ruang kosong di arsip serta untuk setiap file yang ada dalam arsip untuk tujuan beberapa penggunaan aplikasi khusus misalnya tanda tangan digital atau data sewenang-wenang.

Format CAB digunakan oleh pihak Microsoft untuk tujuan teknologi instalasi termasuk itu Windows, Installer Perangkat, AdvPack (digunakan oleh browser Internet Explorer guna memasang komponen ActiveX), dan API SETUP.

File CAB juga acap dikaitkan dengan program self-extracting seperti halnya IExpress dan DirectX. Keduanya itu termasuk sebagai program executable ekstrak file CAB yang terkait. File CAB kadang tertanam ke file lainnya. Misalnya, MSI dan MSU file (yang terakhir adalah file CAB dengan hanya lain ekstensi nama file) biasanya disertakan satu atau lebih tertanam file CAB.

Adapun format file CAB dapat menggunakan algoritma kompresi sebagai berikut:

  • DEFLATE - dibuat oleh seorang penulis format file ZIP yaitu Phil Katz.
  • Kompresi kuantum - berlisensi dari seorang penulis pengarsip Quantum yaitu David Stafford.
  • LZX- dibuat oleh Jonathan Forbes dan Tomi Poutanen dan kemudian diberikan kepada perusahaan Microsoft ketika Jonathan Forbes bergabung dengan perusahaan tersebut.

Related Posts

Pengertian Format file .CAB secara Lengkap (Windows)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.