Tuesday, 19 April 2016

Kenapa Banyak Orang Indonesia Jadi ke Jepang-Jepangan

Jika dulunya bangsa negara kita sikapnya yang agak ke barat-baratan, namun sekarang berbeda lagi. Kini bangsa kita mulai beralih ke arah matahari terbit yakni Jepang. Ya, Jepang adalah negara yang dikenal sebagai negara maju yang mana teknologi di negara itu sangat canggih. Contohnya saja robot-robot yang mereka hasilkan atau kereta super cepat yang mereka miliki.
Pemandangan di Jepang
Selain soal teknologi, negara Jepang juga terkenal dengan keindahan alamnya. Salah satu keindahan yang tak boleh terlewatkan adalah soal bunga sakuranya. Bunga sakura merupakan bunga indah berwarna putih atau merah jambu yang mekar pada awal musim panas di Jepang. Bunga ini banyak tumbuh di Jepang dan menjadi ciri khas negeri Jepang. Karena itu tak heran jika Jepang juga disebut sebagai negeri sakura.

Teknologinya memang canggih sih, keindahan alamnya pun juga tak kalah menarik. Tapi, yang jadi masalah kok bangsa kita malah seolah-olah terlalu "cinta" sama negara Jepang. Kagum dikit bolehlah, ya memang tidak melarang. Tapi apakah ada yang salah dari negara sendiri, Indonesia.

Kenapa ngak kagum aja sama bangsa sendiri? Padahalkan negara ini merupakan negara yang sangat menarik terlebih negeri kita ini memiliki banyak kelebihan daripada negara lain. Beberapa di antaranya itu adalah; negara dengan pulau terbanyak di dunia, negara dengan jumlah masyarakat terbesar ke 4 di dunia, negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia, negara dengan kekuatan militer nomor 12 terkuat di dunia, negara dengan kekuatan militer no 1 se Asia tenggara, negara dengan banyak suku, budaya, serta bahasa di dunia dan masih banyak lagi yang lain.

Pokoknya negara kita ini serba ada terutama soal keindahan alamnya. Negara kita memiliki banyak tempat-tempat indah yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya adalah pulau Bali. Yang perlu kamu tahu, Pulau Bali itu tidak hanya terkenal di negara kita aja loh. Pulau ini sebenarnya sudah mendunia. Pulau ini merupakan salah satu tujuan destinasi wisata turis yang paling digemari, mengapa demikian? Sudah pasti karena keindahan alamnya lah, terutama keindahan pantai, laut, dan sebagainya. Sebenarnya sulit menjelaskan bagaimana keindahan Bali, tapi untuk mengetahuinya kamu bisa mengunjunginya sendiri.

Selain pulau Bali sebenarnya ada banyak destinasi wisata lain yang tak kalah indah di Indonesia, beberapa diantaranya ada di Raja Ampat, Gunung Rinjani, Danau Toba, Gunung Sibayak, Mentawai, Pulau Komodo, dan masihhh banyak yang lain.

Kembali ke topik awal yaitu alasan kenapa banyak orang indonesia yang mulai ke Jepang-Jepang-an. Atau kata lainnya Terlalu "gila" akan negara Jepang. Banyak alasan yang menjadi faktor kenapa masyarakat Indonesia yang ke Jepang-Jepang-an. Beberapa diantaranya adalah berikut ini:

1. Terlalu Sering Nonton Anime
Anime adalah sejenis film animasi kartun yang dibuat dengan sketsa gambar. Anime banyak digemari orang khususnya orang Indonesia. Kalau ngak percaya coba kamu tanya pada diri sendiri atau pada adik, teman dan saudara-saudaramu. Pernahkah menonton Naruto? Ya, Naruto adalah salah satu anime paling legendaris yang pernah dibuat Jepang. Pastinya hampir banyak anak-anak dan remaja yang pernah menonton Naruto. Bahkan sampai sekarang pun, anime ini belum juga tamat-tamat.

Semakin sering menonton Anime sudah pasti bakal mempengaruhi pikiran kamu untuk terikut dan menjadi ke Jepang-Jepang-an. Hal ini kebanyakan bermula dari ikut-ikutan mengucapkan bahasa Jepang yang ada di anime, ikut-ikutan makan-makanan (Shushi & Miramen) Jepang yang ada di anime dan banyak lagi lainnya.

Bunga Sakura
2. Terlalu sering Nonton Film Jepang
Selain memproduksi anime, Jepang juga terkenal dengan dunia perfilmannya, lebih-lebih film anehnya. Jika kamu sering menonton film Jepang, sudah pasti kamu bakal melihat wanita-wanita Jepang yang terkenal putih dan cantik-cantik itu. Di bagian film juga memperlihatkan keindahan-keindahan alam Jepang seperti halnya bunga sakura. Semua hal itu tentu saja membuat penontonnya tertarik serta penasaran dengan kecantikan wanita dan alam Jepang. Tapi untuk mengunjungi Jepang pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, walhasil rasa penasaran tentang negara Jepang pun akan menjadi angan-angan belaka dan hanya menyisakan budaya ke Jepang-Jepang-an pada orang yang bersangkutan.

3. Terlalu Sering Mendengar Berita Tentang Negara Jepang
Berlebihan mendengar berita apalagi berita baik tentang Jepang bisa mempengaruhi pola pikir seseorang. Jika kamu sering mendengar berita dengan contoh judul seperti ini "Tidur Sambil Kerja Di Jepang Malah Di Bolehkan", "Cewek-cewek Jepang Doyan Pria Asing, termasuk Pria Indonesia", "Jepang, Negara Robot tercanggih", "Jepang, Negara Termaju di dunia", "Keindahan Alam Jepang Luar Biasa", "Jepang adalah Surganya Pria" dan sebagainya. Semua berita yang berkaitan dengan hal baik di Jepang sudah pasti bisa membuat pembacanya jadi semakin tertarik dengan negara itu. Ya, Bagaimana tidak. Cewek-cewek di negara itu bisa bikin dengkul pria jadi lemes.

4. Terlalu Sering Membaca Fakta Unik & Aneh Jepang
Membaca artikel mengenai fakta unik dan aneh suatu negara adalah hal lazim dilakukan oleh siapapun. Namun jangan lupa, membaca informasi seperti ini juga akan membuat seseorang akan jadi penasaran dengan negara yang bersangkutan. Lebih-lebih kalau membaca tradisi unik atau kebiasaan tak biasa masyarakat Jepang.

Memang tidak salah jika kita mengenal suatu negara dengan sedalam-dalamnya. Malah dengan begitu akan memperdalam ilmu pengetahuan kita tentang suatu negara. Meskipun demikian, jangan sampai hal itu membuat kita sampai lupa bahkan benci pada negara sendiri yakni negara Indonesia.

Related Posts

Kenapa Banyak Orang Indonesia Jadi ke Jepang-Jepangan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.