Thursday, 7 April 2016

Pengertian Online dan Contohnya

Dulu, istilah online tak setenar seperti sekarang. Istilah ini awalnya mulai dikenal semenjak datangnya internet ke negara kita. Karenanya tak heran apabila istilah ini kerap jadi perbincangan banyak orang. Bahkan, istilah asing ini konon mulai berbaur menjadi jadi gaya baru dalam berbahasa Indonesia.

ilustrasi Online
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, istilah online memang bukanlah berasal dari bahasa indonesia. Jika tidak percaya, Anda bisa memastikannya di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Pasti disana Anda tidak akan menemukan arti kata Online. Pasalnya istilah ini merupakan istilah yang berasal dari Bahasa Inggris.

Online merupakan istilah bahasa inggris yang terdiri dari dua kata, yaitu "On" dan "Line". Kedua kata ini memiliki makna tersendiri bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia. On berarti sedang berlangsung, sementara Line mengandung arti garis atau saluran.

Jika kedua kata ini digabungkan menjadi Online maka akan terbentuk pengertian baru yang tidak jauh-jauh dari pengertian dasar yang telah dijelaskan sebelumnya. Online adalah istilah yang digunakan untuk memaknai sesuatu yang sedang berlangsung atau terjadi dalam satu jaringan/saluran yang dikenal dengan internet.

Jadi, ketika Anda sedang bermain ke akun sosial media dan melihat ada teman yang juga sedang bermain di sosial media yang sama, maka dapat dikatakan bahwa Anda dan teman Anda itu sedang Online. Ini karena Anda dan teman Anda itu sedang melakukan kejadian yang sedang berlangsung (bermain di sosial media) dalam satu saluran internet.

Namun demikian, bukan berarti istilah ini hanya digunakan untuk memaknai seseorang yang sedang mengakses akun sosial media, akan tetapi bisa juga untuk memaknai hal-hal yang berkaitan dengan kejadian yang sedang berlangsung dalam satu server jaringan. Misal, ketika Anda mengakses situs forum dan melihat ada teman yang juga melakukan hal yang sama, maka dapat dikatakan kalau Anda dan teman Anda itu sedang online meskipun Online-nya bukan di situs sosial media, melainkan di situs forum.

Selain bermain di sosial media dan forum, istilah online juga kerap digunakan untuk memaknai seseorang dan temannya sedang bermain game online. Hal ini lantaran ketika seseorang dan temannya itu bermain game online, keduanya saling terhubung ke dalam satu server jaringan internet. Jadi, dapat dikatakan bahwa istilah online tidak hanya melulu digunakan pada saat kita mengakses akun sosial media saja, akan tetapi juga bisa memaknai hal yang berkaitan dengan pengertian online itu sendiri.

Related Posts

Pengertian Online dan Contohnya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.