Saturday, 30 April 2016

Cara Mengetahui NISN Nomor Induk Siswa Nasional

Bagaimana cara mengetahui NISN atau nomor induk siswa nasional, cara tahu nomor nisn, cara mudah biar tahu nisn siswa? Semua jenis pertanyaan seperti ini mungkin kerap dilayangkan beberapa orang khususnya bagi para siswa yang lupa atau tidak tahu nomor NISN-nya (Nomor Induk Nasional Siswa).

NISN memiliki kepanjangan yaitu Nomor Induk Siswa Nasional. Nomor ini dimiliki oleh seluruh murid (SD-SMA) resmi yang bersekolah di Indonesia. NISN

Nomor NISN sendiri sangatlah penting untuk keperluan tertentu oleh pihak sekolah. Biasanya keperluan itu datang mendadak, sehingga membuat beberapa siswa yang tak tahu atau belum pernah mengenal nomor NISN menjadi galau, risau, serta khawatir. Bagaimana tidak? kadang beberapa siswa ditakut-takuti "tidak lulus sekolah" oleh teman-teman sebanyanya.


Jika Anda termasuk orang tua atau Anda sendiri siswa yang lupa akan nomor NISN sebaiknya jangan khawatir dahulu. Santaikan dan rilekskan pikiran Anda hingga tenang. Jangan pikirkan hal-hal buruk karena itu hanya akan membuatmu semakin tidak tenang. Ketenangan dibutuhkan agar kamu bisa lebih berpikir maksimal nantinya. Setelah pikiranmu tenang, cobalah cara berikut untuk mengetahui nomor NISN Anda.

Untuk mencari nomor NISN sebenarnya gampang tergantung dari kondisi masing-masing. Kamu bisa mencari nomor NISN dengan melihatnya di rapot baik itu rapor (rapot) MIS/MIN, sekolah dasar (SD), SMP/MTS, SMA/SMK/SMU/MAN dan sebagainya. Biasanya nomor NISN berada pada bagian depan sampul rapor, bagian halaman pertama, bagian pengenalan identitas/profil siswa, di bawah nama siswa, bagian atas kanan/kiri pada laporan nilai dan bagian lainnya. Biar lebih mudah, kamu bisa perhatikan rapor yang ditandai dengan adanya kata depan nomor "NISN/NIK".

Jika Masih kebingunan atau tak kunjung menemukannya. Maka ini adalah masalah serius. Tapi tenang, masih ada jalan lain yang bisa memecahkan masalah Anda itu. Jalan ini bisa dibilang mudah namun kamu harus mengetahui nama siswa serta tempat dan tanggal lahirnya.

Cara ini ialah dengan mengeceknya secara online melalui situs website via internet. Jadi, kamu harus mempunyai perangkat baik itu komputer, laptop, smartphone, hp dan sebagainya yang telah di fasilitasi koneksi internet. Kalau sudah mempersiapkan semuanya kamu bisa memulai langkah cara mengetahui nisn secara online berikut ini.


  • Buka situs ini http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data


  • Setelah itu kamu akan dihadapkan dengan tampilan website itu seperti dibawah ini





  • Kemudian, klik "Pencarian Berdasarkan Nama"

  • Dan Isilah Nama siswa, Tempat Lahir, serta Tanggal Lahir.
  • Setelah terisi, klik Cari.

Cara di atas adalah untuk mengetahui nomor NISN. Jika ingin mengetahui hal sebaliknya yakni Nama Siswa dan Tempat tanggal lahir siswa, kamu bisa melakukannya dengan memasukkan nomor NISN. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

Namun jika kamu sudah mencarinya tapi tetap tak membuahkan hasil, maka artinya ada yang salah dengan data kamu. Jangan gunakan namamu dengan nama singkatan. Sebagai contoh jika namamu adalah Muhammad Abdullah. Maka jangan memasukkannya seperti M. Abdullah atau M Abdullah. Tetapi masukkan nama lengkapmu di situs itu dan jangan ada yang di singkat-singkat atau diberi titik. Tapi kalau tidak berhasil juga kamu bisa coba-coba dengan menyingkat atau memberikan titik. Karena mungkin saja itu akan berhasil.

Agar lebih jelas, kamu bisa simak tips-tips mencari nomor NISN secara online di link berikut ini. Tips-tips ini mungkin akan memecahkan masalah yang sedang kamu hadapi.

Itulah cara mengetahui nomor NISN secara online. Kamu bisa melakukannya dengan mudah tapi dengan santai.

Related Posts

Cara Mengetahui NISN Nomor Induk Siswa Nasional
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.