Tuesday, 19 April 2016

Apa itu Alutsista dan Contohnya

Selama ini istilah alutsista sangat kerap dijumpai dibeberapa media, baik itu media elektronik maupun cetak. Selain media, istilah alutsista juga kerap dilontarkan orang-orang terutama ketika mereka sedang berbicara tentang masalah perang. Sebenarnya istilah ini memang agak terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Bukan karena kurang pengetahuan bahasa masyarakat yang kurang, akan tetapi karena istilah ini memang tak di jumpai dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. Jadi sangat wajar apabila istilah ini kurang di mengerti masyarakat Indonesia sehingga tak heran pula jika banyak yang mempertanyakan arti, makna, serta pengertian alutsista. Agar lebih jelasnya, Anda bisa simak informasi lengkap mengenai pengertian alutsista berikut ini.

ilustrasi tank
Alutsista adalah istilah untuk memaknai peralatan perang yang didalamnya termasuk persenjataan perang dan kendaraan perang. Persenjataan perang merupakan suatu alat yang digunakan untuk melukai musuh dalam perang. Persenjataan perang bisa berupa pistol, rudal, meriam, senapan dan banyak lagi yang lainnya. Sementara itu, kendaraan perang bisa berupa mobil lapis baja, tank, pesawat terbang, kapal selam dan banyak lagi yang lainnya.

Untuk saat ini, hampir semua negara pasti memiliki alutsista. Tujuannya tentu sebagai alat untuk mempertahankan kedaulatan negara dari serangan negara luar. Selain itu, terkadang alutsista juga kerap difungsikan sebagai alat untuk melambangkan kekuatan suatu negara oleh banyak orang. Misalkan, apabila suatu negara memiliki alutsista yang banyak, lengkap, serta mematikan maka besar kemungkinan negara lain akan segan dan pasti bakalan mikir seribu kali sebelum menyerangnya. Mungkin begitulah yang kira-kira dipikirkan banyak orang. Akan tetapi tetap saja, penilaian kuat tidaknya suatu negara tak bisa dipatokkan pada satu hal saja, melainkan masih banyak hal-hal lain yang bisa menjadi nilai tambah kuatnya suatu negara. Sebagai contoh, kekuatan negara bisa juga dilihat dari banyaknya jumlah prajurit atau rakyat yang dimiliki suatu negara.

Nah, sekarang bagaimana dengan keadaan alutsista negara kita? Sekarang ini negara kita setidaknya memiliki alutsista masing-masing berjumlah; Pesawat tempur 118 unit (50 sergap & 68 taktis), pesawat pengangkut 187 unit, Helikopter tempur & umum 153 unit,  Kendaraan lapis baja Tank 400 unit, kendaraan tempur lapis baja 506 unit, kapal perang 150 unit, kapal angkut personel 26 unit, kapal kelas prigat 6 unit, kapal patroli 70 unit, kapal selam 2 unit, kapal kelas korvet 23 unit, artileri jarak jauh 62 unit, kendaraan angkut logistik11.100 unit, senjata anti tank 11.000, peluncur roket 50 unit, mortir 3.350 unit.

Jumlah ini masih kalah jika dibandingkan dengan negara luar seperti Amerika dan Rusia. Hal ini wajar karena Amerika dan Rusia merupakan negara yang sama-sama sebagai produsen alutsista alias negara pembuat alutsista. Namun demikian, Anda jangan khawatir dengan negara kita, pasalnya Indonesia juga memiliki pabrik alutsista seperti perusahaan Pindad.

Demikianlah informasi mengenai pengertian alutsista yang disertai dengan contohnya. Dengan adanya informasi ini diharapkan Anda dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya agar tidak bingung dengan makna alutsista di kemudian hari.

Related Posts

Apa itu Alutsista dan Contohnya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.